Mengenal sistem scoring TOEFL

Mengenal Sistem Scoring TOEFL

Jun 15, 2022 | TOEFL

Scoring TOEFL report akan kamu terima jika sudah menyelesaikan tes TOEFL ITP. Laporan hasil penilaian tersebut berbentuk skor. Besar skor TOEFL ITP yaitu besaran angka yang bisa mencerminkan level kemampuan kamu dalam menguasai Bahasa inggris.

Dalam laporan tersebut, hanya ada besaran skor tercantum. Sehingga, kamu tidak akan menemukan berapa soal yang berhasil kamu jawab dengan tepat dan berapa soal salah. Itulah mengapa, kamu mungkin bertanya-tanya seperti apa perhitungan skor TOEFL ITP.

Baca Juga: Cara Menguasai TOEFL dengan Cepat

Sistem Scoring Pada TOEFL ITP

Ketika mengerjakan TOEFL, pastikan untuk tidak membiarkan adanya satu nomor kosong atau tidak kamu jawab. Hal ini karena pada TOEFL ITP, tidak akan ada sistem pengurangan poin atau sistem penalty. Berbeda jika kamu memilih tes Bahasa inggris lainnya yang menawarkan minus pada jawaban yang kurang tepat. Pada tes TOEFL ITP, jawaban salah tidak menyebabkan konsekuensi dalam pengurangan poin.

Bagaimana jika terdapat nomor yang tidak terisi? Nomor kosong atau tidak diisi merupakan pasti dianggap salah. Sistem TOEFL ITP hanya fokus pada perhitungan jawaban yang tepat saja. Sehingga, kalau jawaban tidak benar dan tidak dijawab, maka statusnya sama, yaitu dianggap salah. Jadi, jangan biarkan terdapat nomor yang tidak kamu isi. Kalau ada nomor yang kamu tidak tahu jawabannya, pakai saja feeling untuk tetap terisi.

Untuk melamar beasiswa, atau mengurus perkuliahan menggunakan TOEFL ITP, syarat agar bisa lolos adalah skor 500. Skor tersebut adalah patokan target yang telah ditetapkan instansi, bukan dari ETS. Dalam Scoring TOEFL, ada beberapa hal yang harus kamu perhatikan, sebagaimana berikut:

1. Scaled Score

Scaled report yang kamu terima adalah skor masing-masing section dan juga skor total. Agar lebih mudah memahaminya, berikut adalah tabel contoh scaled score pada TOEFL ITP:

SectionScore
Listening comprehension490
Structure and Written Expression540
Reading Comprehension500
Total510

Tabel tersebut merupakan contoh laporan dari skor tes TOEFL.  Pada baris kedua merupakan contoh skor masing-masing section. Semua skor tersebut adalah scaled scores atau juga disebut converted score, skor terkonversi yang sudah dihitung sesuai ketentuan. Atau, kamu bisa menyebutnya sebagai skor jadi.

2. Raw Scores

Sebelum muncul dalam bentuk scaled scores, terdapat proses Scoring TOEFL yang arus dilakukan. Dari hasil jawaban peserta, maka akan diambil data tiap section terkait jawaban yang benar. Raw scores merupakan angka untuk menunjukkan berapa jumlah jawaban benar pada masing-masing section. Raw scores atau skor mentah adalah data nilai masih mentah, belum ada konversi. Kamu bisa memperhatikan contoh tabel berikut:

SectionJawaban yang benar
Listening comprehension30
Structure and Written Expression32
Reading Comprehension30

Tabel tersebut merupakan contoh data raw scores pada tes TOEFL, tepatnya di bagian kolom kanan. Raw scores diperoleh datanya dari lembar jawaban, agar dapat diproses menjadi scaled scores.

3. Score Equating

Proses menghitung dalam konversi raw scores agar menjadi scaled scores adalah proses score equating. Score tersebut dibuat dalam dua tahap, yaitu konversi memakai score conversion table dan kedua yaitu perhitungan memakai rumus. Score conversion table merupakan tabel dalam mengkonversi atau merubah raw scores agar menjadi scaled scores. Sedangkan score conversion table pada raw scores dan scaled scores ada dalam masing-masing section.

SCORE CONVERSION TABLE
Number CorrectConverted ScoreSection 1Converted Score Section 2Converted Score Section 3
506867
496666
486465
476363
466161
456160
446059
435958
425857
415756
40566855
39556754
38556654
37546453
36536252
35526052
34515951
33515850
32505649
31495548
30495448

Kamu dapat memperhatikan tabel di atas. Pada kolom bagian kiri adalah raw scores yaitu jumlah jawaban benar. Tiga kolom lainnya yaitu scaled scores pada tiap-tiap section.

Raw scores dimulai pada angka 0-50. Akan tetapi, tabel di atas hanyalah sebatas cuplikan sebagian. Scaled score pada listening yaitu mulai dari 31 pada skor terendah dan 68 pada skor tertinggi. Structure yaitu 31-68 dan reading yaitu 31-67.

Agar lebih mudah memahaminya, maka ambil saja contoh kasus Rio ikut tes TOEFL dan raw score yang ia miliki adalah berikut:

SectionJawaban yang benar
Listening comprehension32
Structure and Written Expression30
Reading Comprehension32

Tahap pertama, konversi terlebih dahulu menggunakan score version table. Dari tabel konversi, terdapat scaled scores Rio pada section listening yaitu 50, section structure 54, dan pada section reading 49. Agar dapat menghitung skor total, maka masukkan pada perhitungan sebagaimana berikut:

Section 1 + Section 2 + Section 3 = N

(Nx10): 3 = total skor

Maka, jika dimasukkan, hasilnya adalah sebagai berikut:

50 + 54 + 49 = 153

153 x 10: 3 = 510.

Jadi, hasil skor TOEFL akhir milik Rio yaitu 510.

Baca Juga: Trik Menjawab Soal Listening dalam Tes TOEFL

Tips Memperoleh Scoring TOEFL Tinggi

Scoring TOEFL dapat kamu raih dengan skor tinggi kalau kamu mempunyai manajemen waktu belajar optimal. Persiapkan diri menghadapi TOEFL dengan belajar intensif jauh-jauh hari. Salah satunya adalah dengan ikut kelas persiapan TOEFL bersama ICAN English. Kamu bisa belajar bersama tutor berpengalaman, untuk memperoleh skor TOEFL sesuai target dan untuk memenuhi kebutuhan akademik maupun karir.

Dengan bergabung dalam kursus persiapan, kamu bisa memiliki peluang yang lebih tinggi untuk mendapatkan skor TOEFL yang maksimal. Kamu juga akan memahami masing-masing sesi dalam tes ini dan soal-soalnya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Tips Latihan Listening TOEFL dan Jawabannya

Kamu tentunya sudah tidak asing lagi dengan materi listening yang diujikan pada tes TOEFL. Materi listening ini umumnya akan berisi percakapan dua orang atau lebih mengenai sesuatu. Kamu sebagai peserta tes TOEFL diwajibkan mendengarkan dengan sesksama dan menjawab...

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Apa Saja Materi Kursus TOEFL?

Bagi kamu yang baru mendengar tentang TOEFL, TOEFL adalah tes stkamur kemampuan bahasa Inggris untuk non-penutur asli bahasa Inggris yang bertujuan untuk bekerja atau belajar di negara di mana bahasa Inggris adalah bahasa resmi. Tes TOEFL biasanya digunakan oleh...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH