Cara Memaksimalkan Score TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri

Cara Memaksimalkan Score TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri

Mencapai score TOEFL untuk beasiswa luar negeri yang maksimal membutuhkan persiapan matang, apalagi untuk beasiswa. Namun, sebelum mempersiapkan tes tersebut, penting untuk memahami apa itu tes TOEFL.

Tes ini menggunakan sistem Bahasa Inggris Amerika. Terdapat dua jenis tes TOEFL, yaitu ITP dan iBT. Masing-masing memiliki perbedaan jenis dan standar ujian. Untuk persyaratan beasiswa, jenis yang paling banyak digunakan adalahTOEFL iBT. Minimum skor yang biasanya diminta untuk TOEFL iBT adalah 80.

Cara Memaksimalkan Score TOEFL untuk Beasiswa

Kunci kesuksesan dalam menghadapi tes Bahasa Inggris adalah memahami penggunaan tata bahasa. Selain itu, kamu harus membiasakan diri dengan mendengarkan pengucapan Bahasa Inggris. Berikut adalah beberapa tips untuk memaksimalkan score TOEFL untuk beasiswa luar negeri:

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Skor IELTS

Pahami Tahap Ujian TOEFL

Pemahaman mendalam terhadap tahapan ujian pada setiap tes sangat penting untuk merancang strategi. Sehingga, kamu dapat memaksimalkan skor tes. Biasanya TOEFL mencakup empat sesi pertanyaan, termasuk reading, structure, writing, speaking, dan listening.

Identifikasi sesi mana yang memerlukan peningkatan kemampuan utama. Kamu juga harus fokus mencapai skor maksimal. Latihan dengan tekun pada sesi lainnya dapat menyeimbangkan kelebihan dan kelemahan di tiap sesi tes.

Tingkatkan Kosakata dan Idiom

Langkah penting berikutnya untuk memaksimalkan skor TOEFL adalah meningkatkan kosakata dan idiom. Idiom adalah ungkapan yang tidak dapat diartikan secara harfiah. Idiom sering digunakan dalam percakapan sehari-hari oleh penutur asli.

Untuk meningkatkan kosakata, sering dengarkan podcast atau menonton film tanpa subtitle. Cara ini sangat berguna terutama dalam menghadapi sesi IELTS yang menuntut kemampuan Bahasa Inggris seiring dengan cara penutur asli menggunakannya.

Baca Juga:
Kursus Bahasa Inggris Bagus dan Murah di Tangerang untuk Kuliah Luar Negeri

Latihan Rutin dan Konsisten

Tips selanjutnya adalah berlatih konsisten dan rutin. Tetapkan target harian untuk meningkatkan motivasi belajar. Misalnya, pada hari pertama belajar, kamu dapat menargetkan menjawab 40 soal dengan benar. Untuk hari berikutnya, naikkan target menjadi 50 jawaban yang benar.

Cara ini efektif untuk meningkatkan kemampuan. Bahkan juga membantu dalam mengevaluasi perkembangan kemampuan Bahasa Inggris secara bertahap. Selain itu, kamu dapat mengikuti ujian TOEFL yang sering diadakan oleh komunitas Bahasa Inggris di media sosial.

Ciptakan Lingkungan Berbahasa Inggris

Mencari lingkungan berbahasa Inggris merupakan cara efektif meningkatkan kemampuan. Hal ini sangat membantu terutama menjawab soal listening dan speaking. Membiasakan diri mendengar pengucapan Bahasa Inggris membuat kamu lebih mudah memahami soal listening dan meningkatkan keterampilan berbicara.

Bangun Kepercayaan Diri

Terakhir, bangun kepercayaan diri untuk mengaplikasikan ilmu. Banyak orang takut membuat kesalahan atau khawatir tentang penilaian orang lain ketika belajar Bahasa Inggris.

Ketidakpercayaan diri membuat perkembangan sulit dicapai karena sulit mengidentifikasi titik kelemahan. Cobalah untuk menulis atau berbicara dalam Bahasa Inggris. Niatkan belajar dan meningkatkan kemampuan dengan keyakinan setiap langkah adalah menuju perbaikan.

Nah, itulah cara agar dapat memaksimalkan score TOEFL untuk beasiswa luar negeri. Selain memahami strategi belajar, konsistensi dalam belajar juga sangat penting.

Baca Juga:
Skor Minimal TOEFL untuk Beasiswa Luar Negeri dan Aplikasinya

Benefit Ikut Tes TOEFL Untuk Beasiswa Luar Negeri

TOEFL berperan besar dalam konteks pekerjaan. Bahkan, hasil tes ini juga sangat berarti bagi pelajar yang ingin melanjutkan pendidikan tinggi di luar negeri. TOEFL menjadi salah satu persyaratan utama saat mendaftar. Skor TOEFL adalah pintu bagi pelajar untuk menjelajahi negara baru.

Keberhasilan TOEFL diakui di lebih dari 9.000 perguruan tinggi. Sehingga, skor TOEFL dapat berfungsi sebagai sertifikasi kemampuan bahasa Inggris di sebagian besar universitas. TOEFL membantu pelajar dari berbagai negara untuk mencapai impian, yaitu kuliah di universitas pilhan.

Ambil kesempatan kuliah di luar negeri dengan memanfaatkan beasiswa dan skor tes TOEFL. Persiapkan rencana memperoleh beasiswa dengan menggunakan kelas TOEFL Preparation Program di ICAN English. Dengan belajar bersama kami, kamu akan lebih mudah meningkatkan potensi diri dalam menyelesaikan soal-soal TOEFL!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web