Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris

Menulis Tanggal dalam Bahasa Inggris

Ada banyak cara menulis tanggal dalam bahasa Inggris, bergantung pada formalitas penanggalan, atau menggunakan format British dan Amerika. Pada umumnya, semakin rumit penulisan tanggal, semakin formal format tersebut.

Penulisan tanggal dalam bahasa Inggris sangat fundamental dalam kemahiran bahasa dan literasi. Semakin paham penggunaan angka dan aturan dalam penulisan tanggal, menandakan kamu telah memiliki kompetensi yang lebih tinggi.

Panduan Belajar Menulis Tanggal Bahasa Inggris

Berikut adalah informasi lengkap tentang bagaimana cara menulis tanggal dalam Bahasa Inggris untuk berbagai format:

Penulisan Tanggal Format British

Dalam aturan penulisan British, salah satu tipe bahasa Inggris yang digunakan di Australia, penulisan tanggal dimulai dengan menyebutkan nama hari, bulan, dan diakhiri dengan tahun. Jika kamu ingin menulis tanggal 6 Oktober 2019, berikut adalah cara penulisannya:

  • 6 Oct
  • 6 October
  • 6 October 2019
  • 6th October 2019
  • The 6th of October 2019
  • The 6th of October, 2019

2 penulisan tanggal paling akhir adalah format yang paling formal. Penggunaan kata “the” dan “of” merupakan opsional, tetapi jika ingin menggunakannya, maka keduanya harus dicantumkan. Jadi, hasil penulisannya akan kurang tepat jika hanya menulis “The 6th October” atau “6th of October”.

Sedangkan untuk penulisan tahun, tanda, tidak diperlukan ketika kamu menulis tanggal menggunakan format British. Jika kamu ingin menambahkan hari, maka harus diletakkan sebelum tanggal, dan dipisahkan menggunakan koma, atau tambahkan “the” dan “of”, seperti contoh berikut:

  • Monday, 22 October 2003
  • Friday the 12th of June, 2002

Kamu juga dapat mempersingkat penulisan tanggal, dengan menggunakan gaya penulisan British. Ingat, kamu dapat memulainya dengan menulis hari, bulan, dan selanjutnya tahun.

  • 7-11-98
  • 08/12/1991 atau 08.12.1991 atau 08-09-2002
  • 8Dec2020 atau 6-Jan-18

Tanda pemisah yang paling sering digunakan dalam penulisan tanggal menggunakan format angka yaitu / (garis miring), tetapi kamu juga bisa menggunakan tanda lainnya seperti contoh di atas.

Baca juga:
Cara Penulisan Tanggal Dalam Bahasa Inggris Sesuai Format

Cara Menulis Format Tanggal Versi American English

Jika kamu lebih suka menulis tanggal dalam bahasa Inggris menggunakan format ini, maka kamu harus memulainya dengan menulis bulan, hari, dan tahun. Jika kamu ingin menulis tanggal 6 Oktober tahun 2019 dalam format American English, berikut contohnya:

  • Oct 6
  • October 6
  • October 6, 2019
  • Tuesday, October 6, 2019

Ketika menulis tanggal October the 6th atau October 6th adalah benar, walaupun sangat jarang sekali digunakan.

Dalam format American English, kamu juga bisa menulis tanggal menggunakan format angka. Penulisannya dimulai dari bulan, tanggal, dan tahun:

  • 12/31/23 atau 12.31.23 atau 12-31-23
  • 12/31/2023 atau 12.31.2023 atau 12-31-2023
  • Oct. 31, 2023

Penulisan Tanggal Bahasa Inggris Format Internasional

Adanya alternatif penulisan tanggal sesuai format internasional adalah untuk mencegah kebingungan antara individu yang menggunakan format tanggal British dan format American English. Misalnya, native speaker dari Australia dapat menulis August 2, 2019 dalam bentuk 02/08/2019, tetapi nanti speaker dari Amerika justru akan menulis 08/02/2019.

Itulah mengapa, terdapat penulisan tanggal standar internasional dengan format tahun, bulan, dan tanggal: YYYY-MM-DD. Jadi ketika ada native speaker dari Australia dan Amerika yang menggunakan format ini, Maka hasil penulisan tanggal adalah sama yaitu 2019-08-02.

Baca juga :
Cara Penulisan Hari Tanggal Dalam Bahasa Inggris Yang Tepat

Belajar Menulis Bahasa Inggris Di ICAN English

Menulis tanggal dalam bahasa Inggris sangat penting untuk beberapa alasan. Pertama, penulisan ini akan membantu melakukan komunikasi secara efektif dan jelas, terkait dokumentasi dan konteks formal seperti penulisan riset akademik, laporan bisnis, dan bentuk-bentuk dokumen lainnya.

Jika kamu dapat menulis tanggal sesuai standar, maka akan mudah dipahami oleh pembaca. Selain itu, kemampuan memahami penulisan tanggal akan mencegah adanya kebingungan. Apalagi karena format penulisan tanggal sangat bervariasi.

Untuk kamu yang ingin mempelajari penulisan di atas, dan masih memiliki masalah, kamu bisa belajar bahasa Inggris lebih mudah dengan adanya bantuan tutor di ICAN English. Pastikan kamu menjadi bagian dari komunitas belajar kami untuk mendapatkan lingkungan yang suportif dan kelas interaktif! 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.