macam modul les bahasa inggris

Macam Modul Les Bahasa Inggris

Menguasai bahasa Inggris memang menjadi keuntungan sendiri, kamu bisa memanfaatkan kemampuan ini untuk kepentingan apapun. Untuk memiliki skill bahasa Inggris yang baik, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris. Namun, pastikan modul les bahasa Inggris di tempat tersebut sesuai dengan apa yang kamu perlukan.

Belajar bahasa Inggris tentu tidak boleh sembarangan. Jika kamu ingin benar-benar mahir dalam berbahasa, maka pelajariah kemampuan utamanya, yakni listening, writing, reading dan speaking.

Berbagai Modul dalam Les Bahasa Inggris

Ketika memilih tempat kursus pastikan modul les bahasa Inggris yang ada di tempat tersebut sudah sesuai dengan apa yang kamu butuhkan. Berikut beberapa modul bahasa Inggris yang penting untuk kamu pelajari.

Baca Juga:
Sedang Cari English Listening Comprehension Test? Ini Strategi Belajarnya!

Modul Listening

Modul yang satu ini adalah pelajaran bahasa Inggris yang akan membuat pendengaran kamu lebih peka dan paham terhadap maksud percapakan. Dalam mempelajari modul ini, ada beberapa hal yang perlu kamu cermati, seperti misalnya:

  • Basic listening: Dilakukan dengan mendengarkan kosakata sederhana
  • Referential listening comprehension: Dilakukan dengan mendengarkan percakapan pendek dan sederhana atau menggunakan lagu
  • Inferential listening comprehension: Pembelajaran yang dilakukan dengan mendengarkan teks panjang dan rumit
  • Literary listening: Pembelajaran dilakukan dengan mendengarkan cerita pendek agar pendengar bisa mengambil nilai moral dari sana

Modul Writing

Modul selanjutnya yang perlu kamu kuasai adalah kemampuan menulis. Hal ini dianggap sebagai salah satu keterampilan bahasa tersulit karena harus menggabungkan ide, kemampuan grammar dan keselarasan antara pokok pikiran dan penjelasnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menguasai materi ini adalah:

  • Academic writing: Untuk keperluan penulisan jurnal
  • Creative writing:  Untuk keperluan penulisan cerita pendek dan fiksi
  • Paragraph writing: Untuk membiasakan writing bagi seorang pemula
  • Free writing: Untuk menulis pada langkah-langkah awal

Modul Speaking

Keterampilan berbicara adalah materi yang sangat penting. Jika kamu sudah menguasainya, maka kepercayaan diri kamu bisa meningkat. Materi ini berguna untuk melakukan interaksi serta komunikasi dengan banyak orang di kancah internasional.

Selain tiga materi ini, ada banyak materi lainnya yang juga harus kamu kuasai, seperti materi reading, part of speech, tenses, dan berbagai materi lainnya.

Baca Juga:
Tips Belajar Hafalan Vocab Bahasa Inggris

Tips Memilih Les Bahasa Inggris

Pastikan kamu memilih penyedia kursus yang telah terakreditasi. Selain itu, kamu juga perlu memilih les bahasa Inggris yang menyediakan pengajar professional dan berpengalaman. Untuk memastikan hal ini, kamu bisa meminta profil pengajar sebelum kamu mendaftar.

Hal lain yang juga perlu kamu perhatikan adalah jaminannya. Disarankan untuk memahami fasilitas kursus beserta  jaminannya terlebih dahulu. Pilihlah lembaga kursus yang menjamin keberhasilan kamu dan bertanggung jawab jika kamu gagal.

Kamu juga perlu memilih kursus dengan metode yang interaktif. Jika kamu ingin menguasai bahasa Inggris secara keseluruhan, maka kemampuan yang kamu kamu miliki adalah reading, writing, listening dan speaking. Untuk itu, carilah les bahasa Inggris yang menyediakan banyak metode belajar interaktif.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi