sedang cari english listening comprehension test? ini strategi belajarnya!

Sedang Cari English Listening Comprehension Test? Ini Strategi Belajarnya!

Untuk kamu yang mempersiapkan diri menghadapi english listening comprehension test, seperti TOEFL, IELTS, atau ujian sekolah, ujian ini bukanlah hal mudah. Listening comprehension test cukup menantang karena percakapan yang terasa cepat.

Semua ujian listening merupakan ujian rekaman audio berisikan percakapan sehari-hari. Sehingga, kamu sebaiknya tidak fokus pada pembicaraan yang terlalu cepat atau tidaknya. Tetapi, ubahlah fokus kamu pada konteks percakapan. Cari informasi penting yang ada dalam rekaman audio tersebut.

Cara Mengerjakan Ujian Listening Comprehension

Agar lebih jelas, ICAN English akan membagikan beberapa tips tentang bagaimana cara menjawab soal-soal pada listening comprehension test, sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Informasi Lengkap tentang Tes IELTS

1. Pahami Tipe Soal

Ada berbagai tipe soal dalam tes listening yang membutuhkan strategi atau penanganan berbeda. Itulah mengapa kamu wajib tahu apa saja tipe soal dalam tes listening yang sering muncul.

Terdapat ujian yang meminta kamu untuk menghubungkan informasi dengan dialog. Atau, informasi tersebut bisa berupa gambar dan harus kamu hubungkan dengan dialog. Contoh, kamu akan mendengar lima audio percakapan berbeda untuk menjawab soal 1-5. Kemudian, terdapat pula gambar berbeda sesuai isi audio.

Untuk menjawabnya, kamu harus mampu menghubungkan dialog dengan gambar yang sesuai. Kamu juga bisa mencari tahu jawaban tersebut dengan mendengarkan konteks percakapan, orang yang menjadi lawan bicara dalam percakapan tersebut, dan suara di latar.

Selain itu, soal listening juga muncul dalam bentuk pilihan ganda dan isian atau fill in the gap. Dalam soal pilihan ganda, terkadang jawaban yang tepat tidak menggunakan kosakata yang sama seperti di audio, namun maknanya yang sama. Sehingga, kamu harus benar-benar memahami setiap opsi jawaban.

2. Perhatikan Intonasi

Intonasi sangatlah penting karena dalam soal yang diujikan, seringkali terkesan mengecoh. Apalagi pembicara dalam audio tes listening adalah orang-orang yang sudah profesional. Terkadang dari intonasi, kamu akan bisa mendapatkan clue terkait apa jawaban yang tepat.

Baca Juga:
Tips Cerdas Menghadapi Basic English Comprehension Test

3. Prediksi Konten

Agar kamu bisa mengerjakan english listening comprehension test dengan baik, penting untuk meningkatkan kemampuan memprediksi konten dalam percakapan. Cara prediksi konten adalah dengan membaca soal serta opsi jawaban yang sudah disediakan.

Sebelum audio diputar, penguji memberi waktu supaya kamu dapat membaca seluruh opsi jawaban dan soal. Jadi, kamu dapat menggunakan kesempatan tersebut secara optimal untuk memprediksi konten audio.

4. Perhatikan Pengecoh

Dalam pemahaman listening, terdapat beberapa pengecoh yang muncul untuk membuat kamu gagal memahami apa maksud konten yang diujikan. Pengecoh juga membuat kamu kebingungan mana informasi yang tepat dan tidaknya. Untuk itu, perhatikan semua pilihan yang tampak benar dan pahami lagi konteks percakapan untuk menjawab dengan tepat.

5. Latihan

Bagian yang tidak kalah penting yaitu sering latihan mendengarkan. Kalau kamu hanya belajar semalam untuk menghadapi tes di keesokan harinya, maka tidak akan cukup untuk memahami dan mengerjakan soal dengan maksimal. Hal ini karena kamu tidak terbiasa.

Kata-kata dalam Bahasa Inggris juga terasa asing dan terucap cepat. Jika kamu sering latihan, kamu akan menyadari berbagai soal listening tidak akan sesulit yang kamu bayangkan.

Baca Juga:
Tips Menjawab Soal English Comprehension Level Test

Tips Meningkatkan Kemampuan Mendengarkan

Ketika menghadapi ujian mendengarkan, gunakan kemampuan menyimak, bukan sekedar mendengarkan. Menyimak artinya kamu benar-benar memperhatikan semua yang terjadi, termasuk semua informasi yang disebutkan dan berbagai kata yang diucapkan.

Tips lainnya adalah dengan sering nonton film bahasa inggris. Pronunciation dalam bahasa Inggris sangat bervariasi, mulai dari aksen Inggris, Amerika, Australia, dan lainnya. Semakin sering menikmati berbagai film berbahasa inggris, semakin terbiasa pula telinga kamu mendengarkan semua aksen tersebut.

Kemampuan mendengarkan dapat ditingkatkan dengan cara belajar menebak apa maksud pembicaraan dalam percakapan. Tingkatkan pemahaman tentang tema utama, dan kata kunci ketika mendengarkan audio rekaman.

Cara lainnya untuk belajar meningkatkan kepekaan telinga dalam mendengarkan adalah sering mendengarkan podcast di tempat yang ramai. Atau, ketika ada turis asing yang sedang mengobrol, kamu bisa ikut mendengarkan apa yang mereka bicarakan. Tujuannya untuk belajar mendengarkan apa topik utama dari percakapan tersebut.

ICAN English menyediakan kelas bahasa inggris bagi teman-teman yang ingin meningkatkan kemampuan listening. Kamu bisa belajar bersama tutor yang sudah berpengalaman dengan sistem pembelajaran menggunakan kurikulum cambridge.

Itulah penjelasan lengkap tentang english listening comprehension test dan bagaimana cara mengerjakannya. Selama ujian, kamu sebaiknya bersikap tenang dan tetap fokus pada kata kata kunci. Hindari semua informasi yang merupakan pengecoh. Apabila kamu merasa tertinggal ketika audio diputar, tidak usah panik mengingat informasi yang tidak tertangkap. Kamu harus tetap fokus menjawab soal selanjutnya.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web