tips belajar hafalan vocab bahasa inggris

Tips Belajar Hafalan Vocab Bahasa Inggris

Hafalan vocab Bahasa Inggris merupakan salah satu dari sekian tantangan yang harus kamu hadapi ketika belajar bahasa asing tersebut. Kamu mungkin juga merasa sulit menghafal, karena memang kosakata Bahasa Inggris sangat banyak.

Vocabulary atau kosakata punya manfaat dan sangat penting, sehingga menjadi sebuah keharusan untuk menguasainya. Untuk itu, ICAN English akan membagikan beberapa tips bagaimana menghafal kosakata lebih mudah dalam Bahasa Inggris.

Tips Hafalan Vocab Lebih Mudah

Ketika belajar bahasa Inggris, kosakata atau vocabulary menjadi hal penting. Oleh karena itu, berikut adalah hal-hal yang harus kamu lakukan supaya bisa menguasai hafalan vocab Bahasa Inggris:

1. Gunakan Kosakata Baru

Agar kamu lebih mudah dalam mengingat kosakata, cobalah untuk langsung menggunakan kosakata yang telah kamu pelajari dalam bentuk kalimat. Atau kamu juga bisa menggunakan kosakata yang baru kamu pelajari tersebut dalam bentuk tulisan maupun ucapan.

Akan lebih baik jika kamu memiliki buku khusus untuk belajar menggunakan kosakata baru dan menulisnya dalam bentuk kalimat yang kamu susun sendiri.

Baca Juga:
Tiga Permainan Vocab Bahasa Inggris, Belajar Super Mudah!

2. Permainan Kosakata

Ada begitu banyak permainan atau game di internet yang bisa mendukung kamu belajar bahasa Inggris online. Kamu bisa memanfaatkan game tersebut supaya memperoleh kosakata baru dengan cara belajar yang menyenangkan. Misalnya kamu bisa bermain Scrabble online. Jika sering melihat, mendengar maupun menulis sebagai kata, maka kamu akan lebih familiar menggunakan semua kosakata tersebut dan cepat menghafal arti maupun penggunaannya.

3. Ciptakan suasana khusus kosakata

Tulis setiap kosakata yang sudah kamu hafalkan di Sticky notes atau di sebuah kertas catatan secara kreatif. Kemudian, tempel catatan tersebut pada seluruh bagian rumah atau kamar. Pastikan kamu menempelnya di beberapa tempat yang sering kamu lalui supaya kamu juga sering melihatnya. Dengan mempunyai semua catatan kreatif, kamu bisa mengingat tulisan yang telah kamu buat. Apabila kamu menghafal kosakata tentang benda-benda yang ada dalam rumah, kamu bisa langsung menempelkan bahasa Inggris tentang setiap benda dalam rumah supaya kamu terbiasa dan bisa melakukan hafalan lebih cepat.

4. Biasakan baca teks bahasa Inggris

Kamu juga mungkin akan merasa kesulitan dalam menghafal karena memang tidak terbiasa melihat atau menggunakan kata tersebut. Itulah mengapa dengan cara banyak baca teks bahasa Inggris, maka bisa membantu hafal vocab bahasa Inggris lebih mudah. Semakin sering melihat kata tersebut, semakin terbiasa pula untuk menggunakannya. Supaya bisa menghafal vocab, cobalah untuk mengingat sekitar delapan kosakata saja setiap harinya.

5. Flash Card

Flash card juga bisa digunakan dalam menghafal kosakata bahasa Inggris bagi orang dewasa. Tempelkan gambar disertai dengan vocab bahasa Inggris dari gambar yang ada pada kartu tersebut. Bahwa kartu itu kemanapun kamu pergi dan manfaatkan waktu senggang untuk hafalan vocab menggunakan teknik Flash card.

Baca Juga:
Tips Belajar Pronounciation Bahasa Inggris

Manfaat Hafalan Vocabulary Bahasa Inggris

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja cara supaya bisa meningkatkan kemampuan hafalan vocab bahasa Inggris. Dari sebuah studi disebutkan bahwa menguasai vocab bahasa Inggris bisa meningkatkan IQ.

Selain itu, hafal vocab bahasa Inggris bisa membantu meningkatkan kemampuan berbicara semakin banyak kata yang bisa kamu kuasai, maka semakin mudah berbicara bahasa Inggris. Manfaat selanjutnya yaitu vocabulary bisa meningkatkan kemampuan membaca berbagai teks bahasa Inggris. Dengan kemampuan vocabulary yang bagus, maka akan memberikan peningkatan pada skill lainnya yaitu membaca, menulis, dan berbicara.

Bagian yang tidak kalah pentingnya ketika kamu bisa hafal vocabulary dalam bahasa Inggris maka bisa meningkatkan skor lebih baik pada TOEFL atau IELTS. Tentu ini sangat berguna karena kamu bisa menggunakan hasil skor tes tersebut untuk masuk ke perguruan tinggi atau bergabung dalam bursa kerja lebih mudah.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web