Panduan Belajar Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Panduan Belajar Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Mayoritas pelajar pasti sudah pernah mendengar tentang narrative text dalam Bahasa Inggris. Apalagi jika sudah terbiasa menikmati berbagai bacaan fiksi.

Narrative text mengungkapkan cerita atau mendeskripsikan urutan suatu kejadian. Tujuan penulisan teks narrative adalah untuk menghibur atau menginformasikan pembaca, melalui urutan kejadian yang koheren dan berhubungan.

4 Karakteristik Narrative Text

Berikut adalah karakteristik yang ada dalam teks narrative:

Menggunakan Past Tense

Narrative text seringnya menggunakan pola past tense, karena menceritakan kejadian maupun cerita di masa lampau. Penggunaan past tense membantu menciptakan waktu dan deretan kejadian yang membuat pembaca dapat mengikuti alur dan memahami cerita.

Menulis dalam konteks past tense, menunjukkan adanya hubungan jelas antara aksi dan hasilnya. Sehingga, membantu pembaca mengikuti cerita dan memahami seperti apa yang dihadapi oleh tiap karakter.

Long ago, there lived a powerful and graceful goddess named Dayang Sumbi. Her son, Sangkuriang, possessed extraordinary strength and courage

Dari contoh tersebut, penggunan past tense muncul dalam kata “lived”, “named”, dan “possessed”. Semua pola past tense tersebut berguna untuk menggambarkan kejadian di masa lalu.

Baca juga : Pengertian Narrative Text Dalam Bahasa Inggris

2. Adverbial of Time

Narrative text sering menggunakan adverbials of time (keterangan waktu) yang menggunakan struktur dan alur cerita yang jelas. Ekspresi waktu membantu pembaca memahami kapan suatu peristiwa terjadi, bagaimana satu sama lain berhubungan, dan semuanya yang berkaitan dengan alur narrative.

Dengan menawarkan konteks urutan kejadian dan keterangan waktu, akan menciptakan pengalaman pembaca yang lebih hidup. Penggunaan keterangan waktu juga membantu pembaca mengikuti alur cerita dengan lebih mudah. Pembaca jadi lebih mudah melakukan visualisasi cerita.

One day, Sangkuriang set out on a quest to conquer the world and win his mother’s love. In his absence, Dayang Sumbi, unbeknownst to him, prayed fervently for his safe return.

Dalam contoh teks di atas, keterangan waktu yang digunakan adalah ‘one day’. Sehingga memberikan konteks kapan suatu hal terjadi, dan membantu pembaca memahami dimana setiap tindakan terjadi.

3. Menggunakan Adjective

Adjective adalah kata-kata yang menggambarkan atau memodifikasi noun. Adjective adalah kata yang memberikan lebih banyak informasi tentang kata benda, seperti warna, ukuran, bentuk, karakteristik, dan lainnya.

Pada narrative text, adjective membantu menambahkan hal terperinci pada cerita.

Upon his triumphant return, Sangkuriang encountered a beautiful woman in the forest. Unbeknownst to him, she was his own mother in disguise.

Dalam contoh tersebut, adjective yang digunakan adalah “beautiful”, menggambarkan sosok Dayang Sumbi yang begitu cantik.

4. Menggunakan Noun Phrases

Frasa noun adalah kelompok kata yang berisikan kata kerja dan hal apapun yang mengikuti modifier, seperti adverbs, adjective, atau noun lainnya. Tujuan adanya noun phrases adalah menambahkan informasi lebih banyak tentang main noun. Adanya noun phrases akan membuat deskripsi cerita lebih detil.

Noun phrase dalam narrative text dapat digunakan untuk menegaskan beberapa bagian dalam karakter, atau latar cerita, dan ide rumit dalam cerita.

Distressed by her son’s proposal, Dayang Sumbi devised a challenge, tasking Sangkuriang to build a massive boat and a well in a single night. Little did he know that these tasks were impossible for any mortal. Determined to win her affection, Sangkuriang sought the help of supernatural beings, unknowingly defying the goddess.

Dari contoh ini, maka noun phrases yang digunakan yaitu “a massive boat”, menggambarkan seberapa besar kapal yang diinginkan.

Baca juga : Penyebutan Tahun Dalam Bahasa Inggris

Benefit Belajar Narrative Text

Sekarang, kamu sudah paham tentang apa itu narrative text dalam Bahasa Inggris. Tujuannya adalah untuk menceritakan sebuah cerita atau urutan kejadian yang saling berkaitan. Sehingga, dapat memberikan hiburan kepada pembaca.

Beberapa narrative text memiliki tujuan instruktif atau mendikte, seperti halnya berbagi informasi tentang tradisi budaya secara spesifik. Narrative text juga memiliki fungsi sosial, seperti menghibur, memberikan informasi, dan mendidik pembaca.

Mau belajar lebih banyak tentang teks dalam Bahasa Inggris? Atau, ingin mahir menulis dan menceritakan teks narrative di depan kelas? ICAN English menjadi tempat belajar Bahasa Inggris yang tepat!

Pilih kelas yang kamu inginkan untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris. Selama di kelas, akan ada banyak kegiatan belajar intensif yang didukung penuh dengan bimbingan dari tutor. Dengan belajar secara intensif ini, kamu akan lebih cepat meningkatkan keterampilan berbahasa!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi