Pengertian Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Pengertian Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Kamu pasti sering menceritakan sebuah kisah yang baru saja kamu dengar, tonton atau bahkan kisah diri sendiri kepada seseorang, teman baik, saudara, dan orang tua. Apa yang sebenarnya kamu lakukan ketika menceritakan kisah yang kamu alami adalah sebuah contoh aplikatif dari pengertian narrative text dalam Bahasa Inggris.

Narrative Text merupakan salah satu jenis teks bahasa Inggris yang sering muncul. Bahkan juga diajarkan pada tingkat sekolah menengah pertama atau atas.

Belajar Narrative Text dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah penjelasan lengkap tentang narrative text:

Definisi dan Tujuan

Pengertian narrative text dalam Bahasa Inggris yaitu salah satu dari 13 jenis teks berbahasa Inggris muncul dari cerita imajinatif untuk menghibur pembaca. Biasanya teks naratif menceritakan tentang cerita fiksi, cerita nonfiksi, cerita binatang (fabel), cerita rakyat, dongeng, mitos, dan legenda.

Jadi, segala sesuatu tentang cerita termasuk dalam teks naratif. Tujuan narrative text adalah untuk menghibur atau menghibur pembaca dengan sebuah cerita.

Baca juga:
Panduan Belajar Narrative Text Dalam Bahasa Inggris

Generic Structure

Berikut adalah beberapa generic structure tentang narrative text:

  • Orientation: Paragraf pembuka untuk mengenalkan tokoh-tokoh cerita.
  • Complication: Bagian untuk menampilkan permasalahan dalam cerita.
  • Resolution: Tahap dimana permasalahan dalam cerita terselesaikan.
  • Reorientation: Akhir cerita yang biasanya diikuti dengan pesan moral.

Language Features

Ciri bahasa yang digunakan dalam narrative text adalah penggunaan simple past tense, (cooked, killed, told, spoke, slept). Selain itu, terdapat pula kata keterangan waktu (once upon a time, one day). Dalam kalimat narrative, terdapat pula penggunaan time conjunction (when, then, suddenly).

Narrative text juga memiliki beberapa karakter yang sifatnya sangat spesifik, bukan general (Snow White, Cinderella, Spiderman). Terdapat juga kata kerja yang menunjukkan suatu tindakan (walked, killed, hit, attacked).

Terakhir, narrative text memiliki penggunaan direct speech untuk membuat cerita lebih hidup. Direct speech adalah apa yang disampaikan langsung oleh setiap tokoh, misalnya: The prince called “Rapunzel! Where are you?”

Baca Juga:
Narrative Text: Definisi, Struktur dan Contoh

Tips Belajar Narrative Text

Sekarang, kamu sudah mengetahui apa pengertian narrative text dalam Bahasa Inggris secara lengkap. Pilih cerita yang benar-benar ingin kamu baca. Jangan mencoba menerjemahkan apa pun saat membaca cerita untuk pertama kali. Sebaliknya, cobalah membaca keseluruhan cerita dan perhatikan kata-kata yang membingungkan atau membuat kamu kurang dapat memahami maknanya.

Tuliskan kata-kata asing dan gunakan kamus untuk menerjemahkannya. Sehingga, kamu akan memperoleh kumpulan kosakata yang tidak diketahui. Tulis saja semua kata-katanya, dan gunakan kamus reguler atau online untuk menemukan artinya.

Jangan menyerah jika kamu menemukan kesulitan. Misalnya, jika kamu memilih narrative text dalam bahasa Inggris yang dirasa terlalu sulit untuk dipahami, bukan berarti kamu harus berhenti membaca. Ganti narasi tersebut dengan teks yang lebih mudah.

Jika sudah terbiasa dengan yang mudah, kamu bisa kembali menggunakan teks yang sebelumnya terasa rumit. Sehingga, kamu akan mendapatkan perbedaan dalam menghadapi teks rumit sebelum dan sesudah latihan menggunakan narrative teks yang lebih sederhana.

Dengan semua penjelasan dan tips menggunakan teks narrative, kamu sekarang jadi lebih memahami bagaimana belajar yang efektif untuk meningkatkan skill. Jika kamu sudah berusaha belajar tanpa panduan dari pembimbing dan belum bisa meningkatkan skill secara optimal, sebaiknya gunakan waktu luang kamu untuk belajar di berbagai program kursus Bahasa Inggris ICAN English!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.