pengertian noun phrase dan penggunaannya dalam kalimat bahasa inggris

Pengertian Noun Phrase dan Penggunaannya dalam Kalimat Bahasa Inggris

Jika noun adalah kata benda, maka bagaimana dengan noun phrase? Dalam Bahasa Inggris, noun merupakan kata benda yang bersifat tunggal. Sedangkan noun phrase yaitu kata baru yang dihasilkan dari beberapa gabungan kata yang dapat menjelaskan tentang noun itu sendiri.

Agar tidak bingung, kamu bisa menggunakan penjelasan berikut untuk belajar noun phrase mulai dari pengertian sampai contoh kalimatnya.

Apa yang Dimaksud dengan Noun Phrase?

Noun phrase adalah frasa yang diperoleh dari adanya penggabungan noun (kata benda), pronoun (kata ganti benda), atau number. Frasa berguna apabila terdapat sebuah kata benda yang kurang spesifik untuk menjelaskan kata benda itu sendiri. Frasa dibagi menjadi dua, yaitu basic dan complex noun phrase.

7 Pola & Rumus Noun Phrase

Bagaimana cara membuat kalimat dengan pola dan rumus noun phrase? Agar bisa menghasilkan kalimat sempurna, kamu dapat menggunakan dua istilah, yaitu: pre-modifier dan post-modifier.

Pre modifier yaitu kata imbuhan yang diletakkan di bagian awal noun, sedangkan post modifier adalah kata imbuhan yang diletakkan di bagian akhir noun. Penambahan imbuhan baik di awal dan di akhir noun, tidaklah mudah karena terdapat aturannya, yaitu:

1. Noun + Noun

Untuk noun + noun, beberapa contoh kata noun phrase dengan pola tersebut adalah newspaper, pizza box, air conditioner, dan school truck.  Cermati bahwa ketika ada dua kata benda, maka sebenarnya yang dimaksud yaitu satu kata benda.

Contoh, kata school adalah sekolah, dan truck adalah truk. Maka walaupun menunjukkan dua kata benda, tetapi makna school truck dalam satu frasa adalah truk sekolah, satu benda saja.

2. Noun + of + Noun

Ada  beberapa contoh pola noun phrase yang terbentuk dari formula tersebut, seperti: The king of…, the book of, the city of…,

Contoh, The book of fairy tales is filled with magical stories.

Maka, noun phrase yang digunakan adalah: “book of fairy tales” (buku cerita dongeng), sedangkan “of fairy tales” adalah frasa yang menjelaskan jenis buku. Penggunaan “of” pada kalimat tersebut menunjukkan makna pada kata benda yang disebut, yaitu the book.

Baca Juga:
Materi Pronoun dalam Bahasa Inggris

3. Determiner + Adverb + Adjective + Noun

Pola lainnya noun phrase yaitu a very expensive car, a totally smart girl, atau lainnya. Pola ini menunjukkan adanya adverb dan adjective yang diikuti kata benda untuk menjelaskan benda secara lebih detil.

Contohnya, expensive car menunjukkan adanya sifat expensive yang menunjukkan mobil yang sedang dibicarakan. Tambahan kata very akan membuat kata benda yang dibicarakan semakin detil.

4. V-Ing + Noun (Gerund)

Swimming pool, smoking room, cooking class adalah beberapa contoh noun phrase yang menggunakan verb+ing dan noun. Makna v-ing adlah sebagai gerund, untuk memberikan tanda pada kata benda yang muncul di bagian akhir. Swimming pool menunjukkan makna sebuah kolam yang digunakan untuk berenang. Fungsi V-ing pada noun phrase tersebut adalah menjelaskan fungsi noun dalam bentuk aktivitas.

5. V-ing + Noun (Participle)

Tidak hanya noun yang dapat berfungsi untuk gerund, noun juga berguna untuk keterangan penjelas atau participle dengan adanya relative pronoun.  Contohnya, barking dog atau whispering wind.

Noun ini berguna sebagai participle untuk menjelaskan apa dan siapa. Contoh, frasa barking dog menunjukkan a dog that barks. Agar kamu bisa merubahnya dalam objek utuh, kamu bisa mengganti kegiatan V-ing sebagai kegiatan dan juga adanya noun untuk penjelas siapa objek yang melakukan kegiatan.

6. V3 + Noun (Participle)

Tidak hanya V-ing, terdapat pula verb ketiga, yang dapat kamu gunakan untuk membuat noun phrase. Contoh, broken window dan painted house. Penggunaan verb 3 mempunyai fungsi bentuk participle atau bisa juga keterangan penjelas dalam menggunakan relative pronoun, seperti contoh that, which, who, whom pada adjective clause berbentuk kalimat pasif.

Contohnya, broken window jika dipecah akan menjadi kalimat a window that was broken. Agar dapat membuat lebih singkat, membentuk subjek utuh, kalimat tersebut kemudian disingkat menjadi broken window.

7. Adjective + Noun

Pola noun phrase juga dapat dibentuk menggunakan adjective dan noun. Pada kalimat tersebut, kamu bisa melihat tambahan kata sifat sebelum kata benda, fungsinya agar maksud yang ingin disampaikan lebih jelas. Misalnya, little sister, cute cat, expensive car, dan beautiful girl.

Baca Juga:
Yuk, Belajar Preposition dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Menggunakan Noun Phrase

Berikut adalah contoh noun phrase dalam kalimat Bahasa Inggris lengkap dengan penjelasannya:

1. The city of lights is a nickname for Paris.

(Kota cahaya adalah julukan untuk Paris.)

Noun phrase: “city of lights” (kota cahaya), di mana “of lights” adalah frasa preposisional yang mengidentifikasi Paris dengan julukan tersebut.

2. The big, red apple on the tree looks delicious.

(Apel besar dan merah di pohon terlihat lezat.)

Noun phrase: “big, red apple” (apel besar dan merah).

3. My little sister loves to play with her toys.

(Adik perempuanku suka bermain dengan mainannya.)

Noun phrase: “little sister” (adik perempuan).

4. We adopted a rescue dog from the animal shelter.

(Kami mengadopsi anjing penyelamat dari tempat penampungan hewan.)

Noun phrase: “rescue dog” (anjing penyelamat).

5. The book of fairy tales is filled with magical stories.

(Buku cerita dongeng ini penuh dengan cerita-cerita ajaib.)

Noun phrase: “book of fairy tales” (buku cerita dongeng), di mana “of fairy tales” adalah frasa preposisional yang menjelaskan jenis buku.

Baca juga:
Belajar Penggunaan Rumus Adjective Phrase

Fungsi Noun Phrase

Sama seperti kata benda atau noun, noun phrase juga berguna untuk subjek, objek, dan complement. Penggunaan frasa noun ini penting karena dapat menjelaskan suatu hal dalam kalimat dengan lebih jelas dan spesifik. Semakin terbiasa menggunakan frasa noun dalam bahasa inggris secara tertulis atau lisan, kamu bisa menyampaikan informasi dengan lebih jelas kepada orang lain.

Mau belajar bahasa inggris dengan cara yang lebih seru? Yuk, gabung di kelas ICAN General English, dijamin nggak boring!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.