Cara Membuat Opening Bahasa Inggris untuk Presentasi agar Berkesan

Cara Membuat Opening Bahasa Inggris untuk Presentasi agar Berkesan

Membuat opening bahasa inggris untuk presentasi tidak boleh sembarangan, karena dapat mempengaruhi audiens untuk memperhatikan atau mengabaikan apa yang kamu sampaikan. Kamu mempunyai 5 menit waktu di awal presentasi untuk membuat audience terkesan, sehingga opening harus dibuat dengan semenarik mungkin.

First impression adalah hal yang harus kamu pikirkan jika kamu ingin banyak audiens memperhatikan dan antusias dengan apa yang kamu paparkan. Akan percuma jika materi presentasi sudah kamu persiapkan secara matang, tetapi tanpa didukung dengan opening yang membuat audiens ingin mengikuti presentasi dari awal sampai akhir.

5 Cara melakukan opening untuk presentasi bahasa Inggris

Sebelum mempelajari contoh opening bahasa inggris untuk presentasi, berikut adalah beberapa panduan agar kamu dapat menyiapkan presentasi dengan tepat:

1. Provocation

“This presentation will change your life forever!”

Kalimat presentasi ini merupakan contoh bentuk provocation yang bisa kamu lakukan sebagai metode untuk memancing rasa penasaran audience. Tetapi, kalimat provokasi sama tidak disarankan pada presentasi yang membicarakan data. Pastikan untuk menggunakan intonasi tekanan yang dinamik, terutama pada bagian kata yang penting . Kalimat pembuka harus diucapkan dengan lugas. Agar kamu bisa menguasai waktu presentasi, cobalah menggunakan body language yang memberikan kesan tegas dan wibawa.

2. Imagination 

‘Can you imagine if there is no plastic in the world?’

Metode imajinasi dapat digunakan agar kamu mampu membangkitkan kesan imajinatif pada audience terlebih dahulu sebelum memberikan paparan presentasi. Cara ini terbilang efektif Jika kamu ingin mengajak audience terlebih dahulu membayangkan sebuah kondisi yang belum pernah mereka rasakan sebelumnya.

Baca juga:
Tips Membuat Penutup Presentasi Bahasa Inggris

3. Menggunakan quote

Angela Merkel said, ‘Where there is a will there’s a way’.

Metode selanjutnya agar kamu dapat memulai presentasi dalam bahasa Inggris adalah memberikan quote sebagai metode klasik. Dengan menggunakan quote terkenal, audiens akan tertarik untuk mendengarkan presentasi karena menganggap apa yang kamu sampaikan penting untuk didengar.

Pastikan bahwa kuat tersebut merupakan dari sumber terpercaya. Sehingga audience tidak merasa bingung saat mendengarkannya.

4. Shocking fact

“Did you know that there are over 1,5 billion people in the world using English ?”

Ketika kamu menggunakan data yang mengejutkan, maka akan membuat audience penasaran untuk mengikuti presentasi sampai akhir. Pastikan bahwa fakta yang ingin kamu sampaikan tersebut belum banyak orang yang mengetahuinya.

Kamu juga dapat mendukung konteks fakta tersebut dengan adanya gerakan tubuh dan intonasi yang tepat. Gunakan persentase, angka, dan juga desimal supaya penonton tidak bias. Karena apa yang kamu sampaikan pada metode ini adalah fakta, maka pastikan mengambil dari sumber yang kredibel.

5. Question

Do you know how many people in the world speak in English?

Teknik pertanyaan seperti ini akan membuat presentasi yang kamu lakukan terasa lebih interaktif. Hal ini karena presentasi dibuka dengan adanya komunikasi dua arah. Sehingga audience tidak hanya sekedar sebagai penonton atau pendengar saja. Tetapi mereka mempunyai kesempatan untuk menjawab dan terlibat dalam presentasi.

Baca juga :
Panduan Pembukaan Presentasi Bahasa Inggris Yang Kreatif

Contoh kalimat opening untuk presentasi bahasa Inggris 

Berikut adalah contoh kalimat opening yang dapat kamu gunakan dalam presentasi bahasa Inggris:

Good [morning/afternoon/evening], everyone! Today, we’re diving into an exciting topic that affects us all: the power of effective communication. Have you ever wondered how some people effortlessly capture attention and convey their message with clarity?

Well, you’re in the right place! In the next few minutes, we’ll explore key strategies to enhance your communication skills, making your messages impactful and easily understood. So, let’s embark on this journey together, and by the end, you’ll have valuable insights to elevate your communication game. Ready to get started?

Itulah penjelasan lengkap tentang seperti apa cara melakukan opening bahasa inggris untuk presentasi dan bagaimana contoh kalimat yang tepat. Jika kamu kesulitan melakukan presentasi maupun kegiatan yang membutuhkan keterampilan public speaking, cobalah untuk ikut kursus bahasa Inggris.

ICAN English menjadi pilihan banyak orang yang ingin meningkatkan keterampilan speaking untuk berbagai kebutuhan, baik personal maupun profesional. Dengan kelas intensif, seluruh kegiatan akan diprioritaskan untuk meningkatkan keterampilan speaking supaya kamu terbiasa fasih berbahasa Inggris di depan banyak orang dengan percaya diri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.