Tips Membuat Penutup Presentasi Bahasa Inggris

Tips Membuat Penutup Presentasi Bahasa Inggris

Selain belajar tentang bagaimana cara membuka, kamu juga harus mengetahui bagaimana membuat penutup presentasi bahasa inggris. Ada beberapa frasa menarik yang bisa kamu gunakan sebagai penutup dalam presentasi.

Panduan ini akan membantu agar kamu tidak hanya jago dalam membuat opening saja. Akan tetapi, kamu juga harus membuat penutup yang sempurna agar presentasi bahasa Inggris yang kamu lakukan berkesan bagi audience.

4 Tips membuat penutup presentasi bahasa Inggris 

mempelajari cara membuat penutup presentasi bahasa Inggris sangat berguna jika kamu harus melakukan presentasi di depan orang penting . Misalnya saat kamu harus melakukan presentasi bahasa Inggris di depan CEO atau investor yang sangat potensial untuk menunjang bisnis yang kamu lakukan.

1. Beritahu audience bahwa presentasi di stage akhir 

Atau disebut dengan signal to the end, yang merupakan bagian dari presentasi dan sering kali dilupakan oleh seorang presenter. Sebaiknya, beritahu audience jika presentasi sudah berada di bagian akhir. Selanjutnya, kamu dapat memberikan waktu bagi audience untuk bertanya atau memberikan komentar.

Berikut adalah beberapa frasa yang dapat kamu gunakan untuk memberitahu audience bahwa kamu sudah berada di tahap akhir presentasi bahasa Inggris:

Now we are at the end of the presentation..

Finally, this is the end of our presentation..

So, that is all of our presentation today..

Teknik ini juga akan membantu untuk membuat audience kembali fokus terhadap presentasi yang kamu lakukan. Sehingga mereka tidak akan melewatkan bagian akhir dari presentasi, seperti kesimpulan atau informasi penting lainnya.

2. Simpulkan poin 

Jika kamu sudah memberikan signal bahwa presentasi sudah di bagian akhir. Selanjutnya kamu dapat meringkas beberapa kesimpulan dalam bentuk poin penting sesuai isi presentasi.

Tujuan adanya summarizing adalah untuk memberikan ringkasan atau intisari. Sehingga audience dapat memetik suatu informasi berharga dari presentasi yang kamu lakukan. Saat menyimpulkan, frasa yang dapat kamu gunakan adalah “To summarize…”, “In conclusion,…”.

3. Membuat rekomendasi 

Rekomendasi merupakan saran yang diberikan kepada presenter terkait topik presentasi. Saran ini akan memudahkan audiens untuk menangkap apa pesan penting dari topik yang diusung dalam presentasi. Untuk membuat rekomendasi, kamu bisa menggunakan frasa “In my opinion…”, “We recommend that…”, atau “We suggest …”

4. Tutup presentasi

Inilah tahap paling akhir dalam presentasi bahasa Inggris yang telah kamu lakukan. Kamu bisa mengakhiri presentasi dengan mengucapkan terima kasih dan mengutarakan harapan apa saja yang kamu miliki setelah melakukan presentasi ini. Untuk menutup presentasi, kamu dapat menggunakan frasa “Thank you for your attention…”, “Thank you for listening…”, “I hope you can gain a new insight related to our topic…”.

Jangan lupa untuk memberikan kesempatan audience agar terlibat dalam presentasi. Misalnya dengan memberikan sesi tanya jawab agar audience bisa memberikan pertanyaan. Atau berikan ruang bagi audiens untuk melakukan sanggahan, tanggapan, dan komentar seputar presentasi bahasa Inggris yang kamu lakukan.

Baca juga : Kesalahan Pembukaan Presentasi Dalam Bahasa Inggris

Belajar presentasi bahasa Inggris di ICAN English 

Itulah penjelasan lengkap tentang seperti apa cara membuat penutup presentasi bahasa inggris. Banyak presenter yang lebih memprioritaskan untuk membuat pembuka dengan sempurna, tetapi ditutup dengan rasa canggung. Sehingga audience merasa presentasi yang dilakukan seperti ada yang kurang.

Jika kamu merasa kesulitan dalam latihan public speaking, seperti melakukan presentasi dalam bahasa Inggris, kamu bisa mengikuti program kursus bahasa Inggris ICAN English. Di program kursus tersebut, kamu dapat memilih kelas sesuai dengan tujuan untuk meningkatkan speaking skill.

Dengan keterampilan bahasa Inggris yang meningkat, kamu bisa berbicara di depan publik dengan penuh percaya diri. Keterampilan ini bisa kamu gunakan sebagai modal untuk memulai berkarir atau menjadi pembicara di berbagai event termasuk seminar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi