Panduan Sebelum Ikut Tes Bahasa Inggris Duolingo

Panduan Sebelum Ikut Tes Bahasa Inggris Duolingo

Jika kamu membandingkan Tes Bahasa Inggris Duolingo dengan tes bahasa lainnya, Duolingo menawarkan cara alternatif untuk belajar bahasa Inggris. Pendekatan yang diterapkan dalam tes tersebut adalah “game-based approach”, bukan “audio-based” atau “textbook-based”. Sehingga, dapat membantu siswa tetap tertarik pada proses ujian.

Banyak orang tidak ingin membuang waktu dengan metode tradisional dan terus mengikuti perkembangan terkini yang diterapkan pada jenis ujian tersebut. Tes ini membantu siswa menyimpan informasi dan mengikuti konten baru lebih cepat dibandingkan buku teks atau video tradisional.

Pola Tes Duolingo

Pola tes Bahasa Inggris Duolingo direncanakan dan dirancang menggunakan teknologi Data Forensics dan Artificial Intelligence untuk menjaga kejelasan tes. Tes ini berlangsung selama satu jam dan dilaksanakan secara online sekaligus. Pertanyaan-pertanyaan tersebut ditulis sedemikian rupa sehingga menilai pemikiran analitis dan keserbagunaan peserta tes.

Pola ujian Duolingo dapat dipisahkan menjadi dua bagian. Pertama, Adaptive Test-Graded Portion, yaitu berisikan ujian berbicara, mendengarkan, menulis, dan membaca. Durasi ujian adalah 45 meni. Kedua, Video Interview-Ungraded Portion, Bagian ini merupakan interview video dengan sampel menulis. Durasi yang diberikan adalah 10 menit.

Seluruh tes dilakukan sekaligus dalam waktu 60 menit. 5 menit pertama tes adalah bagian perkenalan yang memberikan panduan singkat kepada peserta tes tentang peraturan dalam tes Bahasa Inggris Duolingo.

Validitas dan Biaya DET

Validitas tes Bahasa Inggris Duolingo adalah hal penting sebagai bahan pertimbangan universitas sebelum membuat keputusan akhir untuk menerima tes calon mahasiswa sebagai ujian kecakapan bahasa Inggris resmi. Selain itu, validitas skor Duolingo akan bergantung sepenuhnya pada saat kamu pertama kali mengikuti tes.

Harga tes DET terjangkau, yaitu $49 untuk wawancara dan ujian, yang dapat diambil secara online. Sehingga, kamu tidak perlu menghabiskan waktu berjam-jam untuk mengerjakan tes yang panjang untuk persiapan ujian tersebut. Validitas ujian diterima oleh universitas sebagai bukti kemahiran dalam bahasa Inggris.

Baca Juga:
Tips Mencapai Level Tertinggi Duolingo Tes

Berapa Lama Validitas Tes Duolingo?

Seperti sertifikat lainnya, setelah menerima hasil Tes Bahasa Inggris Duolingo, masa berlakunya adalah 2 tahun. Kamu harus mengikuti kembali ujian dalam jangka waktu tersebut untuk memverifikasi bahwa kemampuan bahasa Inggris telah meningkat. Kamu mungkin harus mengikuti ujian kembali meskipun sudah lama tinggal di AS, selama bahasa Inggris bukan bahasa pertama.

Validitas tes DET juga akan berbeda tergantung pada berbagai faktor. Misalnya, seberapa banyak kamu telah belajar untuk ujian tersebut, bagaimana kemajuan bahasa Inggris kamu sejak saat itu, dan apakah kamu dapat lulus tes jika mengulanginya atau tidak.

Berapa Skor yang Bagus Di Duolingo Test?

Seringkali kamu mendengar dari orang-orang bahwa 120 adalah skor bagus dalam tes Duolingo. Anggapan tersebut kurang tepat, karena skor tersebut artinya kamu sudah dinyatakan “lulus” ujian. Akan tetapi, tidak membuktikan bahwa kamu memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang sempurna.

Karena ini adalah tes mandiri, satu-satunya perbedaan tes DET dengan tes lainnya adalah kamu dapat mengikuti tes tersebut kembali, dengan cepat jika merasa perlu meningkatkan kemampuan berbahasa. Jika seseorang mengambil DET, maka fungsinya hanyalah nilai kelulusan dan tidak berhubungan dengan kemampuan seseorang dalam berbahasa Inggris.

Berikut adalah interpretasi skor dalam DET:

Skor 10– 55

Kamu sudah mampu memahami kata-kata dasar bahasa Inggris. Akan tetapi, kamu masih mengalami kesulitan memahami apa yang diucapkan atau dituliskan tentang kata-kata tersebut.

Skor 60 – 85

Kamu sudah memahami kalimat bahasa Inggris sederhana. Akan tetapi, masih kesulitan mengikuti apa yang diucapkan atau ditulis. Kamu juga sudah memiliki pemahaman tentang angka.

Skor 90– 115

Kamu dapat memahami berbagai bahasa lisan dan tulisan yang sederhana dan kompleks. Kamu juga dapat berkomunikasi dalam rutinitas yang sederhana.

120 – 160

Kamu dapat berkomunikasi dengan berbagai kosa kata dan struktur tata bahasa, baik lisan maupun tulisan. Kamu juga telah memiliki pemahaman yang baik tentang struktur bahasa, termasuk menulis teks akademik.

Baca Juga:
Duolingo English Test, Seperti Apa?

Apakah DET Lebih Baik Daripada IELTS?

Dari segi tingkat kesulitan, Duolingo tidak lebih rumit dari tes IELTS. Sebagian besar soal di Duolingo mirip dengan soal IELTS. Namun, jika kamu membandingkan skor dan seberapa jauh jaraknya satu sama lain, maka Duolingo memang memiliki rentang skor yang sangat baik untuk keperluan ujian.

Ada begitu banyak faktor yang mempengaruhi penilaian, seperti topik yang dibahas dan lamanya ujian. Sehingga sulit untuk membandingkan kedua tes tersebut. Jika kamu melihat skor IELTS dan Duolingo, jumlah poin yang dibutuhkan Duolingo untuk memperoleh nilai kelulusan jauh lebih tinggi daripada IELTS.

Tes Bahasa Inggris Duolingo bisa menjadi cara terbaik untuk membuktikan bahwa kamu memiliki tingkat kemahiran bahasa Inggris dasar. Namun, faktor-faktor lain seperti usia, bahasa yang dipelajari, dan apakah kamu tinggal di Amerika Serikat atau tidak dapat mempengaruhi kemahiran secara keseluruhan.

DET bukanlah tes yang sangat akurat dalam hal kemahiran bahasa Inggris. Namun, masih merupakan cara terbaik untuk membuktikan tingkat dasar berbahasa Inggris.

Mau Lebih Siap Tes Bahasa Inggris Duolingo?

Buat persiapan tes bahasa inggris Duolingo lebih maksimal dengan gabung bersama ICAN English. Kamu bisa belajar di kelas khusus untuk meningkatkan kemampuan menyelesaikan tes Duolingo sekaligus mengikuti tes resminya. Kelas yang didampingi teacher profesional akan membantu mempercepat pemahaman kamu dalam mengerjakan tes ini!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.