Panduan tes IELTS

Panduan Mengerjakan Tes IELTS di Hari Ujian

Agu 15, 2022 | IELTS

Menggunakan panduan IELTS akan membantu supaya kamu bisa mengikuti ujian dan dapat mempersiapkan diri lebih matang. Walaupun kamu sudah mempelajari berbagai macam soal IELTS, ujian yang berdurasi 3 jam ini sangat penting untuk kebutuhan perkuliahan di luar negeri atau untuk mengurus beasiswa.

Tes bahasa Inggris ini akan menguji kemampuan dan keterampilan berbahasa. Sehingga terdapat beberapa sesi ujian untuk menguji keterampilan listening, reading, writing, dan juga speaking.

Baca Juga: CARA MENGERJAKAN IELTS WRITING TASK 1

Tips Ujian Berdasarkan Sesi

Berikut adalah panduan mengerjakan IELTS saat hari ujian berdasarkan sesi soal:

1. Listening

Pada saat sesi listening, pergunakan waktu untuk memeriksa fungsi headphone. Jika tidak berfungsi, segera angkat tangan. Sebelum rekaman dimulai, gunakan waktu untuk mempersiapkan diri dengan membaca pertanyaan. Kamu harus fokus saat mendengarkan rekaman dan menjawab pertanyaan. Rekaman dalam sesi listening hanya diputar 1 kali.

Saat sedang mendengarkan rekaman, pergunakan kertas ujian untuk membuat catatan. Tulis kata berdasarkan jumlah kata yang diminta. Sebelum mengumpulkan, melakukan revisi atau koreksi kesalahan terlebih dahulu terkait tata bahasa dan ejaan. Gunakan huruf besar ketika kamu hendak menjawab seluruh jawaban dalam sesi listening.

2. Reading

Sebelum menjawab ujian IELTS sesi reading, perhatikan secara cermat grafik, gambar, ataupun angka yang ada pada soal. Apabila kamu kesulitan memahami sebuah pertanyaan, cobalah untuk mengerjakan soal yang lain terlebih dahulu. Kamu dapat menyelesaikan soal yang sulit sebelumnya di bagian akhir.

Terdapat batasan waktu dalam mengerjakan soal IELTS pada sesi reading, petugas juga tidak akan memberikan waktu tambahan. Sehingga kamu harus segera menulis jawaban pada kertas soal.

Dengan membaca pertanyaan secara seksama dan fokus mengerjakan, maka kamu akan menemukan jawaban pada paragraf yang telah diberikan. Gunakan kalimat singkat, jelas, dan padat, serta pergunakan grammar secara tepat. Sebelum mengumpulkan, pastikan untuk memeriksa jawaban terlebih dahulu dan tulis jawaban menggunakan huruf kapital.

3. Writing

Gunakan waktu 20 menit untuk mengerjakan tugas pertama, dan waktu 40 menit mengerjakan tugas kedua. Analisis menyeluruh sangat dibutuhkan dalam mengerjakan tugas serta pastikan memberikan jawaban yang tepat dan cepat.

Kerjakan tugas pertama dengan menulis sekitar lebih dari 150 kata, Sedangkan untuk tugas kedua sebaiknya dikerjakan dengan lebih dari 250 kata. Jangan mengulangi ide, kata, ataupun frasa dan berikan kesimpulan untuk penulisan pada tugas kedua.

Selesaikan test writing dengan memberikan jawaban yang ringkas dan relevan. Jangan menulis kalimat atau paragraf terlalu panjang. Akan lebih baik untuk mengerjakan soal writing menggunakan kalimat aktif daripada kalimat pasif. Baca terlebih dahulu dan melakukan revisi sebelum mengumpulkan jawaban.

4. Speaking

Saat mengerjakan tes speaking, bicara dengan jelas, secara lancar dan perlahan. Dengarkan terlebih dahulu Apa pertanyaan yang dilontarkan dan jawab secara langsung. Tambahkan berbagai informasi ketika sedang menjawab pertanyaan namun dengan jawaban yang relevan.

Kamu dapat meminta penguji untuk mengulangi pertanyaan apabila diperlukan. Menjawab pertanyaan speaking harus disertai dengan rasa percaya diri, jawab secara langsung, dan bagi fokus secara merata pada penggunaan kosakata, grammar, serta susunan kalimat.

Baca Juga: CARA MENGERJAKAN IELTS WRITING TASK 2

Tips Penting Saat Hari Ujian IELTS

Dengan menggunakan panduan menghadapi IELTS, kamu dapat lebih mempersiapkan mental yang baik. Apalagi kamu juga bisa mengikuti kelas persiapan IELTS yang disediakan oleh ICAN English.

Untuk panduan lainnya saat hari ujian, selalu ingat bahwa kamu perlu membawa tanda pengenal. Periksa kembali tanggal, waktu, dan juga lokasi ujian. Apabila kamu harus menuju ke lokasi penyelenggaraan ujian yang cukup jauh, pastikan untuk memberikan alokasi waktu perjalanan yang sesuai supaya tidak terlambat. Isilah seluruh pertanyaan karena dalam tes IELTS tidak ada pengurangan nilai ketika jawaban salah.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Daftar Les IELTS Di Medan Terpopuler

Daftar Les IELTS Di Medan Terpopuler

Ada banyak jenis tes untuk mengetahui kemampuan seseorang dalam pemahaman Bahasa Inggris. IELST merupakan salah satu tes untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris seseorang. Sistem tes ini merupakan sistem tes yang banyak digunakan di luar negeri dan sudah di akui oleh...

Kursus Persiapan IELTS Online

Kursus Persiapan IELTS Online

Kursus persiapan IELTS online harus dilakukan untuk membantu kamu mendapatkan skor yang diinginkan dalam tes IELTS. IELTS atau International English Language Testing System merupakan tes yang akan membantu menentukan tingkat kompetensi untuk kecakapan bahasa Inggris...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH