Pelajaran Bahasa Inggris Dasar

Pelajaran Bahasa Inggris Dasar

Pelajaran Bahasa Inggris dasar memang penting untuk membantu kamu  memahami tingkatan materi bahasa Inggris yang lebih sulit. Segala sesuatu harus dimulai dari dasar terlebih dahulu. Jadi, jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris tidak perlu terburu-buru mempelajari materi yang sulit.

Dengan mempelajari materi dasar bisa membantu kamu untuk menguasai beberapa materi selanjutnya. Lakukan secara bertahap sesuai dengan panduan buku atau pelajaran yang diberikan oleh tutor.

Macam Pelajaran Bahasa Inggris Dasar

Jika kamu ingin mengetahui apa saja pelajaran bahasa Inggris paling dasar, berikut ini beberapa diantaranya. 

Belajar Tenses

Pelajaran yang pertama kamu harus belajar tenses terlebih dahulu nih. Adalah bentuk kata dan merupakan elemen paling penting untuk mempelajari bahasa Inggris. Jadi tak ke sini bentuk kata kerja nya dalam bahasa Inggris bisa digunakan untuk menunjukkan kondisi waktu terjadinya peristiwa tersebut.

Waktu yang digunakan ini bisa merujuk pada masa lalu, masa kini, dan masa nanti. Kamu juga harus tahu bahwa memahami tenses adalah hal paling mendasar dalam kegiatan belajar bahasa Inggris, sebab jika tidak  memahami tenses maka kemampuan bahasa Inggris kamu tidak maksimal.

Ada 16 tenses yang wajib kamu pelajari. Jika kamu berhasil menguasai semua tenses, maka kamu sudah bisa menguasai bahasa Inggris sebanyak 60% nih. Tapi untuk pemula, kamu bisa belajar 4 tenses yang utama dulu ya. Secara umum, keterangan waktu dalam tenses ini dibagi menjadi empat. Diantaranya adalah present, past, future, serta past future. Lalu, untuk peristiwanya pun dibagi menjadi empat macam. Diantaranya adalah simple, perfect, continuous, dan perfect continuous. Setidaknya, kamu wajib memahami peristiwa simple untuk jenis tenses past dan present sebagai dasar.

Belajar Mendengarkan Listening

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba belajar listening setelah memahami tenses. Dasar belajar bahasa Inggris ini bisa mendengarkan atau listening. Listening adalah salah satu skill dalam bahasa Inggris yang penerapannya dengan mendengarkan berbagai macam kosakata dalam kalimat bahasa Inggris. Dengan menguasai skill listening, maka akan mudah memahami percakapan dalam bahasa Inggris. Jika sudah mampu mendengarkan dan memahami audio berbahasa Inggris. Maka, akan semakin mudah menguasai bahasa Inggris.

Melalui mendengarkan, secara tidak langsung kamu bisa terbiasa dengan berbagai macam istilah istilah yang digunakan dalam bahasa Inggris. Untuk bisa menguasai materi listening sebenarnya sederhana, Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu terapkan.

  • Coba belajar sedikit demi sedikit untuk mendengarkan lagu bahasa Inggris setiap hari. Kamu bisa melakukan 10-15 menit untuk melatih kemampuan listening ya.
  • Coba cari konten hiburan dalam bahasa Inggris. Saat ini kamu sudah bisa mengandalkan internet untuk mencari kontak tentang liburan bahasa Inggris, seperti lagu, podcast, film, dan lain sebagainya nih. 
  • Sembari mendengarkan kalimat-kalimat dalam bahasa Inggris, jika kamu menemukan kosakata baru segera tulis dan cari artinya. Jauh lebih baik jika dihafalkan juga ya.

Dengan melakukan semua tips tersebut setiap hari, kamu bisa menguasai kemampuan listening sebagai pelajaran dasar bahasa Inggris. 

Baca Juga:
Dasar Bahasa Inggris yang Harus Dipelajari

Belajar Reading

Jika sudah menerapkan pelajaran dasar listening, selanjutnya kuasai kemampuan membaca atau reading. Dengan membaca beberapa teks maupun kalimat bahasa Inggris setiap hari bisa membuat kamu lebih peka terhadap struktur kata dalam bahasa Inggris.

Kamu bisa mencoba membaca novel bahasa Inggris ataupun surat kabar dengan menggunakan bahasa Inggris. Apabila menemukan kata-kata baru Segera cari artinya dan hafalkan. Bagaimana cara meningkatkan kemampuan membaca bahasa Inggris? berikut ini tips yang bisa kamu gunakan.

  • Agar kemampuan membaca dalam bahasa Inggris meningkat, cobalah untuk membaca buku cerita anak. Hal tersebut sangat cocok bagi pemula untuk jadi Bekal terbaik. Buku cerita anak ini biasanya menggunakan kosakata sederhana. Jika sudah menguasai kalau bisa menaikkan level Untuk Membaca Novel maupun artikel dalam bahasa Inggris.
  • Lakukan tanya jawab dengan diri sendiri. Cara ini cukup unik, Setelah kamu membaca tulisan dengan bahasa Inggris jangan ditinggalkan begitu saja. Cobalah untuk mempertanyakan pada dirimu sendiri apa isi dari bacaan tersebut. Kemudian berikan jawaban sesuai dengan pertanyaan tersebut dalam bahasa Inggris ya.
  • Jika masih merasa bingung dengan arti bahasa Inggris dalam kata-kata tersebut. Cobalah untuk mendapatkan arti atau gunakan bantuan aplikasi translate.

Lakukan tips tersebut setiap hari agar kemampuan membaca dalam bahasa Inggris terus meningkat ya. 

Pelajaran Writing 

Menguasai bahasa Inggris dengan baik, pastikan kamu mempelajari bagaimana cara menulis bahasa tersebut dengan baik dan benar. Menulis adalah salah satu dasar belajar bahasa Inggris. Melalui tulisan, kamu bisa melihat sejauh mana kemahiran dalam menggunakan bahasa Inggris.

Menulis dengan menggunakan bahasa Inggris akan membantu kamu untuk mengerti kemampuan terhadap kosakata maupun tata bahasa. Ada beberapa tips yang bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kemampuan menulis dalam bahasa Inggris, seperti berikut.

  • Memperbanyak membaca buku Bahasa Inggris bisa membantu meningkatkan kemampuan menulis. Kamu bisa mempelajari grammar dan beberapa kosakata baru.
  • Selalu mencari arti kosakata baru yang kamu temukan.
  • Sederhanakan kalimat dalam bahasa Inggris. Kamu bisa menyederhanakan kalimat dari beberapa artikel bahasa Inggris ya.
  • Tidak hanya rutin membaca, pastikan kamu rutin menulis. Grammar, Diksi, dan lain sebagainya bisa meningkat loh.

Masih banyak tips yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan dalam bahasa Inggris. Lakukan beberapa tips tersebut setiap hari ya, entah untuk menulis buku harian atau artikel sederhana.

Baca Juga:
Materi Belajar Bahasa Inggris Dasar

Pelajari Speaking

Pelajaran dasar selanjutnya adalah mempelajari speaking atau kemampuan berbicara dengan Bahasa Inggris. Ada beberapa tips nih yang bisa digunakan untuk meningkatkan kemampuan speaking, seperti berikut.

  • Rutin praktek berbicara setiap hari. Kamu tidak memiliki teman untuk diajak mengobrol, cobalah untuk mengobrol di depan cermin. Hal tersebut bisa membantu meningkatkan kemampuan berbicara bahasa Inggris.
  • Jika kamu ingin mendapatkan percakapan yang lebih hidup, Carilah teman yang bisa membantu kamu untuk meningkatkan kemampuan speaking dalam bahasa Inggris.
  • Nonton percakapan bahasa Inggris dan tirukan apa yang dibicarakan dalam tontonan tersebut. 

Tips tersebut bisa membantu kamu untuk mendapatkan kesempatan besar menguasai dasar pelajaran bahasa Inggris. Lakukan secara rutin.

Beberapa pelajaran dasar dalam bahasa Inggris tersebut harus kamu kuasai ya. Tidak perlu memaksakan, kamu bisa mempelajari secara perlahan-lahan setiap harinya.

Beberapa pelajaran bahasa Inggris dasardi atas dapat kamu coba pahami dan pelajari dengan baik. Jika sudah menguasai semua dasar bahasa Inggris tersebut. Maka bukan hal yang sulit untuk memahami bahasa Inggris di tingkat lebih kompleks.

Materi Dasar Bahasa Inggris Khusus Pemula

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja cara belajar Bahasa Inggris untuk meningkatkan empat keterampilan. Berikutnya, kamu juga wajib mempelajari beberapa materi pelajaran bahasa inggris dasar.

Pertama, pelajari grammar seperti kata ganti atau pronoun, kata bantu atau to be. Selanjutnya, tingkatkan kemampuan vocabulary atau kosakata yang kamu kuasai. Dengan perbendaharaan kata yang semakin banyak, maka dapat membantu kamu dalam menggunakan bahasa inggris lebih mudah, baik saat menulis atau berbicara.

Kamu juga bisa memulai dari belajar grammar Bahasa Inggris. Dari tahapan ini, maka kamu bisa mengasah kemampuan speaking atau berbicara dalam bentuk percakapan sederhana. Semakin banyak waktu yang kamu gunakan untuk mempelajari bahasa tersebut secara intensif, maka kamu bisa berbicara fasih.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi