pengalaman mengikuti tes toefl ibt

Pengalaman Mengikuti Tes TOEFL iBT

Mencari tahu mengenai pengalaman tes TOEFL iBT atau Internet Based Test akan sangat membantu kamu dalam mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengikuti tes. Sebelum mencari tahu lebih jauh mengenai jenis TOEFL iBT, sebaiknya kamu perlu tahu dulu apa itu TOEFL iBT dan apa yang membedakannya dengan jenis tes bahasa Inggris lainnya.

Seperti namanya, pelaksanaan TOEFL iBT yakni menggunakan koneksi internet sebagai media tesnya. Tes ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki waktu untuk melakukan tes karena dapat dilakukan dimana saja. Adapun, jenis tes yang bisa dipilih yakni TOEFL iBT Home Based Edition yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai lembaga penyedianya.

5 Langkah Tes TOEFL iBT untuk Pengalaman Terbaik

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language. Tes tersebut biasanya digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri atau bekerja. Terdapat beberapa jenis tes TOEFL, salah satunya yakni TOEFL iBT. Untuk memahami lebih lanjut, berikut beberapa langkah mengikuti tes TOEFL untuk mendapatkan pengalaman berharga.

Baca Juga:
Pengalaman Tes TOEFL dari Para Siswa

1. Tahap registrasi

Tahapan pertama sebelum mengikuti tes TOEFL iBT yakni, kamu harus mendaftarkan diri atau registrasi terlebih dahulu di website resmi penyedia jasanya. Pada tahapan ini kamu akan diarahkan untuk membuat akun terlebih dahulu. Pada tahapan ini juga terdapat pilihan slot tes yang cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal yang diinginkan.

2. Pembayaran

Jika tahap registrasi sudah selesai, maka tahapan berikutnya yang harus dipenuhi yakni pembayaran. Umumnya, harga yang ditawarkan tiap lembaga bisa berbeda-beda, tetapi berdasarkan pengalaman dari salah satu peserta yang telah mengikuti TOEFL iBT besaran keseluruhan biaya yang harus dipenuhi yakni USD 225 atau setara dengan Rp. 3.331.407

3. Hal-hal yang harus disiapkan

Ketika pembayaran sudah berhasil, maka kamu akan mendapatkan email konfirmasi. Kemudian, langkah selanjutnya yakni harus mempersiapkan beberapa hal. Adapun hal-hal yang perlu disiapkan tersebut diantaranya; ID Card, equipment check (untuk mengetahui kapasitas dan kecepatan internet komputer), dan install software yang hendak digunakan untuk tes.

Kamu juga bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di lembaga kursus profesional, seperti ICAN English. Dengan begitu, kamu bisa belajar dari pada ahlinya dan proses belajar akan lebih mudah daripada belajar sendiri.

4. Hari test

Ketika hari tes telah tiba, kamu akan mendapatkan email yang dikirimkan oleh lembaga penyedia yang berisikan laman yang harus diakses untuk mengerjakan soal. Adapun, batas waktu yang diberikan untuk melakukan check in email tersebut yakni hanya 12 menit, dan jika telat dari waktu yang ditetapkan tersebut, maka tes akan hangus dan kamu tidak bisa meminta refund.

Baca Juga:
Perbedaan TOEFL IBT dan ITP

5. Hal-hal yang harus diperhatikan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka penting untuk melakukan persiapan secara matang. Pertama yakni mengenai waktu yang ditetapkan. Pastikan kamu sudah stand by di depan PC minimal satu jam sebelum tes dimulai.

Selain itu, perhatikan juga kondisi laptop atau komputer yang digunakan. Sebaiknya, menggunakan perangkat laptop untuk menghindari hal buruk jika tiba-tiba listrik mati. Selain itu, jangan hanya mengandalkan internet dari WIFI saja, tetapi siapkan juga kuota internet untuk berjaga-jaga.

Itulah contoh pengalaman tes TOEFL iBT yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika hendak mengikuti tes. Namun, sebelum mengikuti tes tersebut ada baiknya untuk kamu memilih lembaga penyedia tes yang telah terdaftar resmi. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menghindari dari hal-hal tidak diinginkan yang dapat merugikan kamu.

Mengenal Seputar TOEFL iBT

Tes TOEFL iBT membantu kamu tampil percaya diri dalam bahasa Inggris. Ini adalah satu-satunya tes yang mengukur keempat keterampilan akademis bahasa Inggris, membaca, mendengarkan, berbicara, dan menulis sebagaimana penggunaannya di ruang kelas, sehingga siswa dapat yakin bahwa mereka akan menonjol di universitas-universitas yang mengutamakan hal tersebut.

Total tes hanya membutuhkan waktu kurang dari 2 jam untuk diselesaikan, namun kamu harus merencanakannya selama 2,5 jam, dengan memberikan waktu 30 menit untuk check-in.

Saat kamu memilih tes TOEFL iBT untuk menunjukkan kemahiran bahasa Inggris, universitas akan memperhatikan dan mengetahui bahwa kamu siap untuk sukses. Diterima oleh lebih dari 12.500 universitas dan institusi lain di lebih dari 160 negara, dan disukai di seluruh dunia, tes TOEFL iBT adalah tes bahasa Inggris utama di dunia untuk studi, pekerjaan dan imigrasi.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi