pengalaman mengikuti tes toefl ibt

Pengalaman Mengikuti Tes TOEFL iBT

Mencari tahu mengenai pengalaman tes TOEFL iBT atau Internet Based Test akan sangat membantu kamu dalam mempersiapkan segala sesuatu sebelum mengikuti tes. Sebelum mencari tahu lebih jauh mengenai jenis TOEFL iBT, sebaiknya kamu perlu tahu dulu apa itu TOEFL iBT dan apa yang membedakannya dengan jenis tes bahasa Inggris lainnya.

Seperti namanya, pelaksanaan TOEFL iBT yakni menggunakan koneksi internet sebagai media tesnya. Tes ini sangat cocok untuk kamu yang tidak memiliki waktu untuk melakukan tes karena dapat dilakukan dimana saja. Adapun, jenis tes yang bisa dipilih yakni TOEFL iBT Home Based Edition yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai lembaga penyedianya.

5 Langkah Tes TOEFL iBT untuk Pengalaman Terbaik

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan TOEFL atau Test Of English as a Foreign Language. Tes tersebut biasanya digunakan untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri atau bekerja. Terdapat beberapa jenis tes TOEFL, salah satunya yakni TOEFL iBT. Untuk memahami lebih lanjut, berikut beberapa langkah mengikuti tes TOEFL untuk mendapatkan pengalaman berharga.

Baca Juga:
Pengalaman Tes TOEFL dari Para Siswa

1. Tahap registrasi

Tahapan pertama sebelum mengikuti tes TOEFL iBT yakni, kamu harus mendaftarkan diri atau registrasi terlebih dahulu di website resmi penyedia jasanya. Pada tahapan ini kamu akan diarahkan untuk membuat akun terlebih dahulu. Pada tahapan ini juga terdapat pilihan slot tes yang cukup banyak sehingga bisa disesuaikan dengan jadwal yang diinginkan.

2. Pembayaran

Jika tahap registrasi sudah selesai, maka tahapan berikutnya yang harus dipenuhi yakni pembayaran. Umumnya, harga yang ditawarkan tiap lembaga bisa berbeda-beda, tetapi berdasarkan pengalaman dari salah satu peserta yang telah mengikuti TOEFL iBT besaran keseluruhan biaya yang harus dipenuhi yakni USD 225 atau setara dengan Rp. 3.331.407

3. Hal-hal yang harus disiapkan

Ketika pembayaran sudah berhasil, maka kamu akan mendapatkan email konfirmasi. Kemudian, langkah selanjutnya yakni harus mempersiapkan beberapa hal. Adapun hal-hal yang perlu disiapkan tersebut diantaranya; ID Card, equipment check (untuk mengetahui kapasitas dan kecepatan internet komputer), dan install software yang hendak digunakan untuk tes.

Kamu juga bisa bergabung dalam kursus persiapan TOEFL di lembaga kursus profesional, seperti ICAN English. Dengan begitu, kamu bisa belajar dari pada ahlinya dan proses belajar akan lebih mudah daripada belajar sendiri.

4. Hari test

Ketika hari tes telah tiba, kamu akan mendapatkan email yang dikirimkan oleh lembaga penyedia yang berisikan laman yang harus diakses untuk mengerjakan soal. Adapun, batas waktu yang diberikan untuk melakukan check in email tersebut yakni hanya 12 menit, dan jika telat dari waktu yang ditetapkan tersebut, maka tes akan hangus dan kamu tidak bisa meminta refund.

Baca Juga:
Perbedaan TOEFL IBT dan ITP

5. Hal-hal yang harus diperhatikan

Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi, maka penting untuk melakukan persiapan secara matang. Pertama yakni mengenai waktu yang ditetapkan. Pastikan kamu sudah stand by di depan PC minimal satu jam sebelum tes dimulai.

Selain itu, perhatikan juga kondisi laptop atau komputer yang digunakan. Sebaiknya, menggunakan perangkat laptop untuk menghindari hal buruk jika tiba-tiba listrik mati. Selain itu, jangan hanya mengandalkan internet dari WIFI saja, tetapi siapkan juga kuota internet untuk berjaga-jaga.

Itulah contoh pengalaman tes TOEFL iBT yang bisa kamu jadikan sebagai referensi ketika hendak mengikuti tes. Namun, sebelum mengikuti tes tersebut ada baiknya untuk kamu memilih lembaga penyedia tes yang telah terdaftar resmi. Hal tersebut sangat penting dilakukan untuk menghindari dari hal-hal tidak diinginkan yang dapat merugikan kamu.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web