pengertian pronoun dalam bahasa inggris

Pengertian Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Pengertian pronoun dalam bahasa inggris yaitu kata untuk menggantikan kata benda pada kalimat. Kamu perlu menggunakan pronoun supaya dapat menghindari adanya pengulangan kata benda yang sama pada penulisan atau percakapan.

Pronoun dalam Bahasa inggris merupakan kata ganti, untuk mengganti kata benda atau noun. Agar tidak ada pengulangan secara terus-menerus, maka bisa menggunakan pronoun. Beberapa contoh pronoun yang sering dipakai adalah: I, me, my, we, us, our, he, his, she, her, hers, it, you, your, yours, this, those, that, these, who, dan whom.

Penjelasan Lengkap Tentang Pronoun

Agar lebih jelas, kamu bisa melihat penjelasan berikut ini dan pastikan kamu memperhatikan contoh kalimatnya. Untuk belajar lebih maksimal, kamu juga bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English bersama dengan tutor berpengalaman.

Baca Juga:
Tips Belajar Pronoun Bahasa Inggris

Jeremy adalah seorang murid. Jeremy suka bermain sepak bola.

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Inggris tanpa menggunakan pronoun, maka hasil penerjemahannya adalah berikut:

Jeremy is a student. Jeremy likes playing soccer.

Jika dalam menulis atau berbicara tidak menggunakan pronoun, maka terjadi pengulangan noun atau kata benda. Dalam kalimat di atas, kata benda yang berlaku sebagai subjek adalah Jeremy. Namun, kalau kamu dapat memahami pronoun dalam Bahasa inggris dengan baik, maka kalimat yang lebih tepat adalah berikut:

Jeremy is a student. He likes playing soccer.

Kata benda merupakan acuan kata ganti, disebut antecedent, yaitu kata yang mendahului. Jeremy merupakan antecedent dari kata he atau dia laki-laki.

Baca Juga:
Tips Belajar Pronounciation Bahasa Inggris

Fungsi Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Selain pengertian pronoun dalam bahasa inggris, kamu juga wajib tahu apa saja fungsinya sebagaimana berikut:

  • Kata ganti menunjukkan orang yang fungsinya sebagai subjek kalimat, letaknya sebelum kata kerja atau kata kerja bantu. Contoh: I study Japanese language at university.
  • Kata ganti orang untuk menunjukkan pelengkap objek pada kalimat. Contoh: That is her whom you watched at the concert.
  • Kata ganti untuk menunjukkan kepunyaan. Contoh: That is my new house.
  • Kata ganti untuk memberikan penegasan. Contoh: I myself will do this alone.
  • Kata ganti untuk menunjukkan kata benda, binatang, maupun orang. Contoh: That is your book.
  • Kata ganti untuk menghubungkan dua kalimat dalam satu kalimat dengan cara menghilangkan kata-kata yang sama. Contoh: Joanna whom I give a ticket for the concert is my old friend.

Itulah penjelasan tentang pengertian pronoun dalam bahasa inggris dan beberapa contoh kalimat yang tepat. Dengan mengetahui kegunaan pronoun, kamu bisa menggunakan Bahasa inggris lebih mudah tanpa mengulang-ulangi penggunaan noun atau kata benda yang sama dalam beberapa kalimat. Pastikan kamu membaca semua materi penting lainnya dalam Bahasa inggris di situs ini agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi