pengertian pronoun dalam bahasa inggris

Pengertian Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Mei 31, 2022 | Bahasa Inggris

Pengertian pronoun dalam bahasa inggris yaitu kata untuk menggantikan kata benda pada kalimat. Kamu perlu menggunakan pronoun supaya dapat menghindari adanya pengulangan kata benda yang sama pada penulisan atau percakapan.

Pronoun dalam Bahasa inggris merupakan kata ganti, untuk mengganti kata benda atau noun. Agar tidak ada pengulangan secara terus-menerus, maka bisa menggunakan pronoun. Beberapa contoh pronoun yang sering dipakai adalah: I, me, my, we, us, our, he, his, she, her, hers, it, you, your, yours, this, those, that, these, who, dan whom.

Baca Juga: TIPS BELAJAR PRONOUN BAHASA INGGRIS

Penjelasan Lengkap Tentang Pronoun

Agar lebih jelas, kamu bisa melihat penjelasan berikut ini dan pastikan kamu memperhatikan contoh kalimatnya. Untuk belajar lebih maksimal, kamu juga bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English bersama dengan tutor berpengalaman.

Jeremy adalah seorang murid. Jeremy suka bermain sepak bola.

Jika diterjemahkan dalam Bahasa Inggris tanpa menggunakan pronoun, maka hasil penerjemahannya adalah berikut:

Jeremy is a student. Jeremy likes playing soccer.

Jika dalam menulis atau berbicara tidak menggunakan pronoun, maka terjadi pengulangan noun atau kata benda. Dalam kalimat di atas, kata benda yang berlaku sebagai subjek adalah “Jeremy”. Namun, kalau kamu dapat memahami pronoun dalam Bahasa inggris dengan baik, maka kalimat yang lebih tepat adalah berikut:

Jeremy is a student. He likes playing soccer.

Kata benda merupakan acuan kata ganti, disebut antecedent, yaitu kata yang mendahului. Jeremy merupakan antecedent dari kata “he” atau dia laki-laki.

Baca Juga: TIPS BELAJAR PRONOUNCIATION BAHASA INGGRIS

Fungsi Pronoun Dalam Bahasa Inggris

Selain pengertian pronoun dalam bahasa inggris, kamu juga wajib tahu apa saja fungsinya sebagaimana berikut:

  1. Kata ganti menunjukkan orang yang fungsinya sebagai subjek kalimat, letaknya sebelum kata kerja atau kata kerja bantu. Contoh: I study Japanese language at university.
  2. Kata ganti orang untuk menunjukkan pelengkap objek pada kalimat. Contoh: That is her whom you watched at the concert.
  3. Kata ganti untuk menunjukkan kepunyaan. Contoh: That is my new house.
  4. Kata ganti untuk memberikan penegasan. Contoh: I myself will do this alone.
  5. Kata ganti untuk menunjukkan kata benda, binatang, maupun orang. Contoh: That is your book.
  6. Kata ganti untuk menghubungkan dua kalimat dalam satu kalimat dengan cara menghilangkan kata-kata yang sama. Contoh: Joanna whom I give a ticket for the concert is my old friend.

Itulah penjelasan tentang pengertian pronoun dalam bahasa inggris dan beberapa contoh kalimat yang tepat. Dengan mengetahui kegunaan pronoun, kamu bisa menggunakan Bahasa inggris lebih mudah tanpa mengulang-ulangi penggunaan noun atau kata benda yang sama dalam beberapa kalimat. Pastikan kamu membaca semua materi penting lainnya dalam Bahasa inggris di situs ini agar kamu dapat meningkatkan kemampuan berbahasa inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

3 Game Online Seru untuk Belajar Bahasa Inggris

Memainkan game seru untuk belajar bahasa inggris adalah sarana belajar sambil bermain yang kekinian, praktis, dan menyenangkan. Main game sambil belajar juga merupakan cara terbaik menikmati me time tetapi sambil mendapatkan materi pembelajaran baru. Sehingga,...

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH