Belajar pronounciation Inggris

Tips Belajar Pronounciation Bahasa Inggris

Feb 17, 2022 | Bahasa Inggris

Pronounciation atau pengucapan bahasa Inggris tidak bisa diabaikan. Belajar pronounciation Inggris menjadi hal penting untuk menghindari kesalahan pengucapan ketika berbicara dan meningkatkan keterampilan pengucapan kata secara keseluruhan.

Ada banyak cara yang bisa kamu lakukan untuk bisa lancar mengucapkan kata demi kata dalam bahasa Inggris. Kamu harus mendapatkan banyak contoh bahasa Inggris dan meniru penutur asli agar bisa menguasai pelafalan bahasa Inggris dengan baik.

Baca Juga: TIPS BELAJAR SPEAKING OTODIDAK

Bagaimana Cara Belajar Pronounciation Bahasa Inggris?

Pengucapan adalah bagian dari berbicara. Dalam belajar pronounciation Inggris, juga diperlukan kemampuan mendengarkan atau listening skills terhadap kosakata bahasa Inggris.

Dalam bahasa Inggris sendiri, ada beberapa system bunyi vokal, diftong, konsonan dan kulster. Untuk huruf vokal sendiri, berbeda dengan bahasa Indonesia yang hanya memiliki /a/-/i/-/u/-/e/-/o/. Dalam bahasa Inggris, huruf vokalnya terdiri dari /æ/-/e/-/ǝ/-/ɔ:/-/ɑ:/-/ɒ/-/ɜ:/-/i:/-/ʊ/-/u:/-/Ʌ/-/I/.

Nah, bagaimana sebenarnya cara belajar pronounciation bahasa Inggris yang benar?

1. Bicara Secara Perlahan

Banyak orang merasa lebih keren ketika berbicara bahasa Inggris secara cepat, sebab dianggap lebih mahir. Padahal, sebagai pemula, hal ini bisa membuat lawan bicara tidak mengerti dan memahami ucapan kamu, loh!

Oleh karena itu, kamu bisa berbicara secara perlahan, sehingga kamu bisa lebih fokus untuk mengucapkan kata dengan benar.

2. Memperhatikan “Pressure” dan “Intonation”

Berbicara dalam bahasa Inggris juga membutuhkan intonasi dan penekanan tersendiri pada setiap kata. Misalnya saja, ketika mengucapkan present. Jika kamu memberikan pressure atau penekanan di awal, yaitu PREsent maka artinya adalah pada saat ini, hadir atau hadiah.

Sedangkan, bila penekanan berada di akhir, yakni present, artinya lebih ke “mempersembahkan”. Keduanya tentu berbeda, bukan?

3. Perhatikan Gerakan Lidah

Bagi para non penutur asli bahasa Inggris, ada kesulitan tersendiri saat mengucapkan “L”, “R” dan “TH”. Berikut caranya:

  • Pengucapan L: Lidah harus menyentuh bagian belakang gigi dan langit gusi.
  • Pengucapan R: Ingat, pengucapan huruf ini adalah “ar” dan lidah berada di tengah mulut, serta tidak menyentuh bagian atas mulut.
  • Pengucapan TH: Untuk mengucapkannya, pastikan lidah sedikit keluar dan terdiring di antara gigi atas dan bawah.

Jika masih merasa kesulitan untuk belajar pronounciation Inggris sendiri, kamu bisa bergabung dengan kursus bahasa Inggris yang memiliki tutor professional atau penutur asli agar kamu bisa meniru cara mereka berbicara.

Baca Juga: TIPS BELAJAR HAFALAN VOCAB BAHASA INGGRIS

Pentingnya Mempelajari Pronounciation

Alasan utama pentingnya belajar pronounciation Inggris adalah untuk menghindari kesalahpahaman dalam berkomunikasi atau mengartikan suatu kata. Sebab, pelafalan bahasa Inggris biasanya sering kali disalahpahami jika kamu salah mengucapkan sebuah kata.

Itulah mengapa penting untuk mengidentifikasi dan memperbaiki kesalahan pengucapan. Kepercayaan diri kamu akan semakin meningkat jika kamu mampu mengucapkan kata dengan tepat.

Dalam bahasa Inggris, pelafalan akan berbeda dengan ejaannya. Lafal akan berkaitan dengan bunyi bahasa yang kamu dengar dan ucapkan, sedangkan ejaan terdiri dari beberapa huruf.  Karena hal inilah, kamu harus memastikan bahwa pelafalan bahasa Inggris kamu sudah cukup mumpuni.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH