belajar pronoun bahasa inggris

Tips Belajar Pronoun Bahasa Inggris

Mei 30, 2022 | Bahasa Inggris

Belajar pronoun bahasa Inggris artinya belajar kata yang menggantikan noun atau kata benda pada suatu kalimat. Pronoun membantu untuk mencegah noun dalam bentuk benda atau orang disebut dua kali atau lebih pada sebuah kalimat atau paragraf.

Fungsi pronoun yaitu peringkas noun, sehingga noun tidak lagi disebut terlalu banyak pada sebuah kalimat. Agar lebih mudah memahaminya, berikut adalah contoh kalimat yang tidak menggunakan pronoun:

Tom is my best friend. Tom has blue eyes. Tom sleeps a lot. Tom likes watching movies.

Tanpa menggunakan pronoun dalam Bahasa Inggris, maka terdapat pengulangan subjek berulang-ulang yaitu “Tom”. Hal ini membuat kalimat Bahasa inggris terdengar membosankan.

Baca Juga: TIPS BELAJAR PRONOUNCIATION BAHASA INGGRIS

Macam-macam Pronoun Bahasa Inggris

Pronoun merupakan kata ganti menggantikan kata benda, bergantung pada dua hal: kata benda yang diganti dan juga fungsi kata benda pada kalimat. Dalam Bahasa Inggris, kata ganti mengikuti jenis kelamin yang berlaku untuk kata benda pada bentuk orang ketiga tunggal. Sedangkan kata ganti untuk orang kedua jamak persis dengan kata ganti orang kedua tunggal, kecuali pronoun refleksif.

Untuk belajar pronoun bahasa inggris secara efektif, berikut adalah contoh penggunaannya dalam bentuk kalimat:

1. Subject Pronoun

Kata ganti subjek berfungsi mengganti subjek pada sebuah klausa. Untuk bentuk orang ketiga, kamu dapat menggunakan kata ganti subjek jika ingin menghindari pengulangan nama, sebagaimana contoh berikut:

I am 22.

We aren’t working.

2. Object Pronoun

Kata ganti objek berfungsi mengganti kata benda sebagai objek langsung atau tidak langsung pada klausa, contoh:

Give the eyeglass to me.

The professor wants to meet you.

3. Possessive Adjective

Disebut juga determiner, yaitu kata sandang. Pelajari kata sifat kepunyaan ketika kamu belajar kata ganti karena memang mirip dengan kata ganti kepunyaan, sebagaimana contoh berikut:

Did your mom get my letter?

Miss. Anna wants to see your project.

Kata sifat kepunyaan berfungsi kata sifat dan terletak sebelum noun yang dimodifikasi.

4. Possessive Pronoun

Kata ganti kepunyaan untuk pengganti kata benda sebagai objek atau subjek klausa. Kata benda yang diganti tidak lagi muncul pada kalimat, sehingga harus benar-benar jelas diketahui dalam konteks kalimat, sebagaimana contoh berikut:

This bag is yours.

Mine is not red.

5. Reflexive and Intensive Pronoun

Kata ganti refleksif dan intensif mempunyai bentuk sama, hanya beda fungsi pada kalimat.

Kata ganti refleksif untuk merujuk subjek yang ada pada klausa ketika subjek melakukan tindakan dan merupakan objek langsung maupun tidak langsung, sebagaimana contoh berikut:

I told myself to escape.

You hurt yourself in this dangerous condition.

Kamu tidak bsia menghapus kata ganti refleksif pada kalimat karena tata bahasa kalimat jadi salah. Kata ganti intensif juga memberikan penekanan subjek pada klausa

Kamu bisa meletakkan kata ganti intensif setelah subjek klausa atau akhir klausa, contohnya:

You yourself invited me to come.

I made this craft myself.

Baca Juga: TIPS BELAJAR VOCAB DENGAN MUDAH

Kegunaan Pronoun dalam Bahasa Inggris

Setelah kamu tahu berbagai macam pronoun dan kegunannya, kamu bisa mencoba membuat kalimat sendiri dalam Bahasa Inggris terkait pronoun. Jika ingin lebih mahir mempelajari Bahasa Inggris, gabung bersama ICAN English dan temukan lebih banyak materi Bahasa inggris lebih mudah.

Sangat penting belajar pronoun bahasa inggris. Pronoun merupakan kata ganti untuk menggantikan orang, hewan, dan hal lainnya secara spesifik.

Sebagai bagian dari Part of Speech, penting mempelajari pronoun untuk membuat suatu kalimat lebih efektif dan ringkas. Tanpa pronoun, kamu akan cenderung mengulang kata-kata sama pada suatu kalimat dan membuatnya jadi tidak formal atau tidak efektif.

Kamu membutuhkan kata ganti yang berbeda dan disesuaikan dengan dua hal, seperti kata benda yang diganti dan fungsi kata benda tersebut dalam kalimat. 

Di dalam bahasa Inggris kata ganti ini bisa disesuaikan dengan jenis kelamin hanya ketika kamu mengganti kata benda dengan bentuk orang ketiga tunggal. Terangkan kata ganti orang kedua jamak sama persis seperti kata ganti orang kedua tunggal, kecuali untuk kata ganti refleksif. Misalnya seperti berikut penggunaannya;

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH