penggunaan article a dan an dalam bahasa inggris

Penggunaan Article A dan An dalam Bahasa Inggris

Penggunaan a dan an dalam Bahasa Inggris disebut sebagai artikel. Penggunaan artikel adalah salah satu konsep dasar dalam bahasa Inggris yang mempengaruhi cara merangkai kalimat dengan benar. Artikel memiliki peran penting dalam menentukan apakah kata benda yang mengikutinya adalah kata benda tunggal yang tidak spesifik (indefinite) atau kata benda tunggal yang spesifik (definite).

“The” adalah definite article (digunakan untuk menyatakan hal pasti). Sedangkan an a digunakan sebagai indefinite articles, yaitu menyatakan hal umum.

Baca Juga:
Aturan Penggunaan The Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan A dan An dalam Kalimat Bahasa Inggris

Jika kamu sudah memahami penggunaan the, kamu juga harus belajar tentang penggunaan a dan an dalam kalimat. Penggunaan article “a” adalah untuk menyebutkan benda tunggal, berawalan dengan bunyi huruf konsonan. Contohnya, huruf C, D, F, G, N, P, dan sebagainya. Arti article “a” adalah sebuah, seorang, atau seekor.

Sedangkan article “an” penggunaannya adalah menyatakan benda tunggal dengan awalan bunyi hufur vokal. Article “an” disandingkan dengan huruf vokal seperti A, I, U, E, dan O. Article “an” juga bermakna seorang, seekor, dan sebuah.

Baca Juga:
Kata Bantu A dan An dalam Bahasa Inggris

Bagaimana Cara Menggunakannya?

Penting sekali untuk mengetahui seperti apa perbedaan dalam pengunaan a dan an. Artikel “a” digunakan sebelum kata benda tunggal yang dimulai dengan konsonan (huruf selain vokal a, e, i, o, u), berikut contohnya:

  • Saya memiliki sebuah buku. (I have a book.)
  • Dia adalah seorang guru. (He is a teacher.)
  • Kami makan di sebuah restoran. (We eat at a restaurant.)

Penggunaan “a” mengindikasikan bahwa kata benda tersebut adalah tidak spesifik dan mungkin ada lebih dari satu buku, guru, atau restoran di dunia.

Artikel “an” digunakan sebelum kata benda tunggal yang dimulai dengan vokal (a, e, i, o, u) atau suara vokal, berikut contohnya:

  • Dia punya sebuah apel. (She has an apple.)
  • Dia adalah seorang insinyur. (He is an engineer.)
  • Saya memerlukan sebuah payung. (I need an umbrella.)

Penggunaan “an” juga mengindikasikan bahwa kata benda tersebut adalah tidak spesifik dan mungkin ada lebih dari satu apel, insinyur, atau payung di dunia.

Penggunaan “a” atau “an” harus memperhatikan suara awal kata yang mengikutinya, bukan hanya ejaan huruf pertamanya. Misalnya, meskipun kata “honest” dieja dengan huruf “h,” yang merupakan konsonan, penggunaan “an” tepat karena suara awalnya adalah vokal “o.”

Dia adalah seorang orang jujur. (He’s an honest person.)

Dalam kalimat negatif, artikel “a” dan “an” tetap digunakan seperti biasa, berikut contohnya:

  • Saya tidak memiliki sebuah mobil. (I don’t have a car.)
  • Apakah Anda punya seorang sahabat? (Do you have a friend?)

Namun, dalam kalimat tanya, kita sering menggunakan “an” jika kata benda yang dimaksud dimulai dengan huruf vokal, seperti contoh:

  • Apakah dia memiliki sebuah ide? (Does she have an idea?)
  • Apakah kamu mempunyai sebuah opini? (Do you have an opinion?)

Baca Juga:
Explanation Text: Pelajari Teori Dan Contohnya Di Sini!

Contoh Penggunaan A dan An dalam Bahasa Inggris

Berikut adalah 10 contoh penggunaan a dan an yang bisa kamu cermati agar lebih paham dengan penggunaan dua artikel tersebut:

Contoh KalimatArtiPembahasan
I have a catSaya memiliki seekor kucing“a” digunakan sebelum kata “cat” karena kata “cat” dimulai dengan konsonan (C).
Budi bought an apple.Budi membeli sebuah apel“an” digunakan sebelum kata “apple” karena kata “apple” dimulai dengan vokal (A).
Joni is an honest person. Joni adalah seorang orang jujur.“an” digunakan sebelum kata “honest” karena kata “honest” dimulai dengan vokal (H). Meskipun kata “honest” dieja dengan huruf “h,” tetapi pengucapannya adalah huruf vokal, (/ən ˈɑn.ɪst/ dalam aksen Amerika atau /ən ˈɒn.ɪst/ dalam aksen Britania).
There’s a book on the table. Ada sebuah buku di meja“a” digunakan sebelum kata “book” karena kata “book” dimulai dengan konsonan (B). 
Ratih has a brother. Dia memiliki seorang saudara laki-laki“a” digunakan sebelum kata “brother” karena kata “brother” dimulai dengan konsonan (B). 
I need a pencil. Saya butuh sebuah pensil“a” digunakan sebelum kata “pencil” karena kata “pencil” dimulai dengan konsonan (P). 
Rudi is an engineer. Rudi adalah seorang insinyur“an” digunakan sebelum kata “engineer” karena kata “engineer” dimulai dengan vokal (E).
Sam and Ratih live in a big house.    Sam and Ratih tinggal di sebuah rumah besar“a” digunakan sebelum kata “big” karena kata “big” dimulai dengan konsonan (B).
Joanna is wearing an elegant dress. Joanna mengenakan sebuah gaun yang elegan“an” digunakan sebelum kata “elegant” karena kata “elegant” dimulai dengan vokal (E).
We’re going to a restaurant tonight.Kami akan pergi ke sebuah restoran malam ini“a” digunakan sebelum kata “restaurant” karena kata “restaurant” dimulai dengan konsonan (R).

Jadi, penggunaan a an the dalam bahasa Inggris disebut article yang berfungsi untuk membatasi arti dari noun atau kata benda. Ketiganya tidak memiliki arti secara spesifik, tetapi berfungsi melengkapi frasa atau klausa, dan secara spesifik berhubungan dengan kata benda didalamnya.

Mau menguasai lebih banyak bahasa inggris untuk kebutuhan sehari-hari? Ambil kesempatan belajar di ICAN English dalam program General English dengan kelas interaktif. Kamu bisa memilih kelas dari level beginner hingga advanced.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.