Penggunaan did dalam bahasa Inggris

Penggunaan Did dalam Bahasa Inggris

Jul 19, 2022 | Bahasa Inggris

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata “did” yang kerap kali ditemukan dalam kalimat berbahasa inggris. kata ‘did’ merupakan salah satu vocabulary dalam bahasa inggris yang menunjukan bentuk lampau dari kata ‘do’ yang berarti melakukan atau mengerjakan. Lantas, tahukah kamu bagaimana penggunaan did dalam Bahasa Inggris?

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa dalam Bahasa Inggris terdapat beberapa aturan pembentukan kalimat yang cukup berbeda dengan bahasa Indonesia. sehingga, penting untuk mencaritahunya, termasuk salah satunya yakni penggunaan kata “did”. Kata “did” dalam bahasa inggris tersebut bisa memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan konteks kalimatnya.

Baca Juga: PENGGUNAAN INFINITIVE DALAM BAHASA INGGRIS

Penggunaan Did Dalam Bahasa Inggris; Penjelasan Serta Contoh Kalimat

Kata “did” dalam bahasa inggris mungkin dianggap sebagai kata yang sederhana. Namun, dalam penggunaanya tentu saja harus memperhatikan aturannya. Hal tersebut penting agar maksud yang ingin disampaikan bisa mudah dipahami oleh lawan bicara. Di bawah ini merupakan informasi mengenai penggunaan did dalam Bahasa Inggris Yang harus kamu ketahui!

1. Penjelasan mengenai kata did

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penggunaan kata “did” dalam kalimat bebahasa inggris, pertama kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai penjelasannya. Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa dalam bahasa inggris terdapat 3 bentuk sederhana tenses yakni, simple present tense, simple past tense, dan simple future tense.

Kata “did” dalam bahasa inggris digunakan dalam bentuk kalimat tenses simple past tense. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kata “did” ini merupakan bentuk past atau lampau dari kata do, yang penggunaanya juga tidak jauh berbeda dengan kata do, tetapi dengan bentuk tenses yang berbeda.

2. Kata did untuk kalimat positif

Selanjutnya, masuk ke pembahasan penggunaan did dalam Bahasa Inggris. untuk bentuk pertama yakni kata “did” dalam pembentukan kalimat positif. Kata “did” dalam kalimat positif ini sebenarnya sangat jarang digunakan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan kata ini dalam bentuk positif.

Dalam kalimat positif, kata “did” berfungsi sebagai pemberi penekanan pada kata utama. Sehingga, memiliki arti “benar-benar” atau “beneran. Adapun, rumus pembentukan kalimatnya yaitu; subjek + did + verb 1 + keterangan

Untuk lebih memahaminya, kamu bisa melihat contoh kalimat berikut. I did clean the classroom alone yesterday (saya benar-benar membersihkan ruang kelas sendirian kemarin). Kata did tersebut memberikan penekanan bahwa, hanya “saya” yang memberihkan kelas kemarin dan tidak ada orang lain.

3. Kata did untuk kalimat negative

Selanjutnya, selain digunakan untuk kalimat simple past tense bentuk positif, kata “did” juga digunakan dalam pembentukan kalimat simple past tense bentuk negative. Jika pada kalimat positif kata “did” ini jarang digunakan, maka pada kalimat negative kata “did” harus selalu digunakan.

Pada bentuk kalimat ini, kata did selalu dipasangkan dengan kata not sebagai penyangkalan yang berarti “tidak’. sehingga, menjadi “did not”, atau bisa juga disingkat menjadi “didn’t”. adapun, rumus pembentukan kalimatnya yaitu; subjek + did not / didn’t + verb1 + keterangan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh kalimat berikut. She did not come to my house two days ago (dia tidak datang ke rumah saya dua hari lalu). Kata “did” dalam kalimat tersebut memiliki “tidak” karena disandangkan dengan kata “not”

Baca Juga: INDEPENDENT CLAUSE: DEFINISI, CONTOH DAN PENGGUNAAN

4. Kata did untuk kalimat interrogative

Terkahir, untuk bentuk kalimat interrogative atau kalimat Tanya dalam bahasa inggris. layaknya bentuk kalimat negative, pada kalimat interrogative penggunaan kata “did” dalam simple past tense juga harus selalu dipakai.

Rumus pembentukan kalimatnya yakni; did + subjek + verb1. Misalnya, did you come to her house yesterday? (apakah kamu pergi ke rumahnya kemarin). Kata “did” dalam kalimat Tanya tersebut memiliki arti “apakah”.

Untuk kamu yang ingin mempelajari berbagai bentuk bahasa Inggris secara lengkap, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami memiliki tutor berpengalaman yang akan membantu proses belajar kamu.

Itulah beberapa contoh penggunaan did dalam bahasa inggris yang perlu kamu ketahui untuk semakin menambah pengetahuan kamu. selain akan banyak ditemukan pada saat kegiatan akademik seperti di sekolah, kata “did” juga akan sering kamu gunakan atau dengar ketika melakukan percakapan sehari-hari menggunakan bahasa inggris.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Tips Belajar Bahasa Inggris Sampai Expert

Belajar Bahasa Inggris yang bagus adalah dengan menyematkan tingkatan sesuai dengan kemampuan. Tingkatan yang paling mahir dikenal dengan tingkat Expert. Tentu saja untuk bisa sampai ke level tersebut kamu perlu belajar dengan extra giat dan teratur supaya bisa sampai...

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Pilihan Kursus Bahasa Inggris dengan Native Speaker

Kursus Bahasa Inggris saat ini bisa kamu temukan dengan sangat mudah. Di berbagai kota bahkan secara online juga membuka kursus Bahasa Inggris bagi siapapun. Akan tetapi, dengan banyaknya tempat kursus Bahasa Inggris kamu juga harus bisa menyeleksi mana yang paling...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH