penggunaan did dalam bahasa inggris

Penggunaan Did dalam Bahasa Inggris

Kamu mungkin sudah tidak asing lagi dengan kata did yang kerap kali ditemukan dalam kalimat berbahasa Inggris. kata did merupakan salah satu vocabulary dalam bahasa Inggris yang menunjukan bentuk lampau dari kata do yang berarti melakukan atau mengerjakan. Lantas, tahukah kamu bagaimana penggunaan did dalam bahasa Inggris?

Seperti yang sudah kamu ketahui bahwa dalam kursus Bahasa Inggris terdapat beberapa aturan pembentukan kalimat yang cukup berbeda dengan bahasa Indonesia. sehingga, penting untuk mencaritahunya, termasuk salah satunya yakni penggunaan kata did. Kata did dalam bahasa Inggris tersebut bisa memiliki arti yang berbeda-beda sesuai dengan konteks kalimatnya.

Penggunaan Did Dalam Bahasa Inggris: Penjelasan Serta Contoh Kalimat

Kata did dalam bahasa inggris mungkin dianggap sebagai kata yang sederhana. Namun, dalam penggunaanya tentu saja harus memperhatikan aturannya. Hal tersebut penting agar maksud yang ingin disampaikan bisa mudah dipahami oleh lawan bicara. Di bawah ini merupakan informasi mengenai penggunaan did dalam bahasa Inggris Yang harus kamu ketahui!

Baca Juga:
Macam Tenses Lampau dalam Bahasa Inggris

Penjelasan mengenai kata did

Sebelum membahas lebih jauh mengenai penggunaan kata did dalam kalimat bebahasa inggris, pertama kamu perlu tahu terlebih dahulu mengenai penjelasannya. Seperti yang sudah kamu ketahui, bahwa dalam bahasa inggris terdapat tiga bentuk sederhana tenses yakni, simple present tense, simple past tense, dan simple future tense.

Kata did  dalam bahasa inggris digunakan dalam bentuk kalimat tenses simple past tense. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, bahwa kata did ini merupakan bentuk past atau lampau dari kata do, yang penggunaanya juga tidak jauh berbeda dengan kata do, tetapi dengan bentuk tenses yang berbeda.

Kata did untuk kalimat positif

Selanjutnya, masuk ke pembahasan penggunaan did dalam Bahasa Inggris. untuk bentuk pertama yakni kata did dalam pembentukan kalimat positif. Kata did dalam kalimat positif ini sebenarnya sangat jarang digunakan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa menggunakan kata ini dalam bentuk positif.

Dalam kalimat positif, kata did berfungsi sebagai pemberi penekanan pada kata utama. Sehingga, memiliki arti benar-benar atau beneran. Adapun, rumus pembentukan kalimatnya yaitu; subjek + did + verb 1 + keterangan

Untuk lebih memahaminya, kamu bisa melihat contoh kalimat berikut. I did clean the classroom alone yesterday (saya benar-benar membersihkan ruang kelas sendirian kemarin). Kata did tersebut memberikan penekanan bahwa, hanya saya yang memberihkan kelas kemarin dan tidak ada orang lain.

Kata did untuk kalimat negative

Selanjutnya, selain digunakan untuk kalimat simple past tense bentuk positif, kata did juga digunakan dalam pembentukan kalimat simple past tense bentuk negative. Jika pada kalimat positif kata did ini jarang digunakan, maka pada kalimat negative kata did harus selalu digunakan.

Pada bentuk kalimat ini, kata did selalu dipasangkan dengan kata not sebagai penyangkalan yang berarti tidak. sehingga, menjadi did not, atau bisa juga disingkat menjadi didnt. adapun, rumus pembentukan kalimatnya yaitu; subjek + did not / didnt + verb1 + keterangan.

Untuk lebih jelasnya, kamu bisa melihat contoh kalimat berikut. She did not come to my house two days ago (dia tidak datang ke rumah saya dua hari lalu). Kata did dalam kalimat tersebut memiliki tidak karena disandangkan dengan kata not.

Baca Juga:
Independent Clause: Definisi, Contoh dan Penggunaan

Kata did untuk kalimat interrogative

Terkahir, untuk bentuk kalimat interrogative atau kalimat Tanya dalam bahasa Inggris. layaknya bentuk kalimat negative, pada kalimat interrogative penggunaan kata did dalam simple past tense juga harus selalu dipakai.

Rumus pembentukan kalimatnya yakni; did + subjek + verb1. Misalnya, did you come to her house yesterday? (apakah kamu pergi ke rumahnya kemarin). Kata did dalam kalimat Tanya tersebut memiliki arti apakah.

Untuk kamu yang ingin mempelajari berbagai bentuk bahasa Inggris secara lengkap, kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris di ICAN English. Kami memiliki tutor berpengalaman yang akan membantu proses belajar kamu.

Penutup

Itulah beberapa contoh penggunaan did dalam bahasa Inggris yang perlu kamu ketahui untuk semakin menambah pengetahuan kamu. selain akan banyak ditemukan pada saat kegiatan akademik seperti di sekolah, kata did juga akan sering kamu gunakan atau dengar ketika melakukan percakapan sehari-hari menggunakan bahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi