Penggunaan Gerund Bahasa Inggris

Penggunaan Gerund dalam Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, terutama dalam grammar, kamu akan mempelajari salah satu aspek yang bernama gerund. Kata ini terbentuk dari kata kerja atau verb yang diberikan imbuhan -ing. Penggunaan gerund dalam bahasa Inggris tentu sangat penting dan memiliki beberapa fungsi.

Gerund ini tidaklah sama dengan Present Participe atau kata kerja yang berakhiran -ing, yang biasanya digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang sedang berlangsung. Meski bentuknya sangat mirip dengan kata kerja, namun gerund adalah kata benda atau biasa disebut dengan verbal noun.

Penggunaan Gerund dalam Kalimat Bahasa Inggris

Perbedaan gerund dengan kata kerja bisa dilihat dari cara penggunaannya dalam sebuah kalimat. Meskipun keduanya memiliki bentuk yang sama, namun ada perbedaan yang cukup mendasar.

Baca Juga:
Penggunaan Kata Bantu Dalam Bahasa Inggris

Penggunaan gerund dalam bahasa Inggris bisa kamu lihat dalam beberapa kalimat ini:

Sebagai Subjek Kalimat

Gerund bisa digunakan sebagai subjek kalimat. Posisinya menjadi subjek kalimat dan menjadi gerund dalam kalimat tersebut. Contohnya adalah drinking coffee is my hobby. Kata drinking di sini adalah subjek sekaligus gerund dan kata is di sini bertindak sebagai kata kerja.

Sebagai Objek

Gerund di sini akan berfungsi sebagai objek dalam satu kalimat. Untuk mengetahui suatu objek, biasanya gerund berada setelah kata kerja. Contohnya adalah She goes swimming every Sunday. Kata goes adalah kata kerja, sementara swimming adalah gerund dalam kalimat ini.

Sebagai Pelengkap Objek

Karena gerund adalah sebuah kata benda, maka ia bisa melengkapi sebuah objek. Pelengkap objek ini adalah kata yang mengikuti kata kerja penghubung dan berfungsi sebagai pelengkap pada suatu kalimat.

Contoh kalimatnya adalah my hobby is swimming. Kata swimming adalah gerund yang hadir sebagai penyelaman kalimat ini. Gerund di sini biasanya berfungsi sebagai subject complement.

Sebagai Penjelas Kata Benda

Gerund di sini biasanya diposisikan setelah kata benda. Di sini berfungsi untuk mengetahui fungsi dari kata bend aitu sendiri. Contohnya adalah parking area. Parking adalah gerund dan area adalah kata benda. Untuk menjelaskan kata benda tersebut, kamu tentu membutuhkan gerund.

Baca Juga:
Penggunaan Do dan Does Bahasa Inggris

Karakteristik Gerund

Karena kemiripannya dengan infinitive, keduanya tetap memiliki perbedaan. Beberapa karakteristik gerund adalah

  • Selalu diakhiri dengan -ing
  • Merupakan verb -ing yang berfungsi sebagai kata benda
  • Dapat menggantikan kata benda dalam  kalimat gerund dengan kata benda lainnya
  • Ada beberapa kata kerja yang biasanya diikuti gerund, seperti enjoy, avoid, like, love, hate, stop dan sebagainya.

Para penutur asli biasanya menggunakan gerund dalam kalimat atau percakapan keseharian mereka. Namun, banyak dari mereka yang tidak menyadarinya. Karena memiliki fungsi yang sangat penting, penggunaan gerund dalam bahasa Inggris tentu sangat penting.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web