Penggunaan gerund dalam bahasa Inggris

Penggunaan Gerund dalam Bahasa Inggris

Feb 2, 2022 | Bahasa Inggris

Ketika belajar bahasa Inggris, terutama dalam grammar, kamu akan mempelajari salah satu aspek yang bernama gerund. Kata ini terbentuk dari kata kerja atau verb yang diberikan imbuhan -ing. Penggunaan gerund dalam bahasa Inggris tentu sangat penting dan memiliki beberapa fungsi.

Gerund ini tidaklah sama dengan Present Participe atau kata kerja yang berakhiran -ing, yang biasanya digunakan untuk menunjukkan aktivitas yang sedang berlangsung. Meski bentuknya sangat mirip dengan kata kerja, namun gerund adalah kata benda atau biasa disebut dengan verbal noun.

Penggunaan Gerund dalam Kalimat Bahasa Inggris

Perbedaan gerund dengan kata kerja bisa dilihat dari cara penggunaannya dalam sebuah kalimat. Meskipun keduanya memiliki bentuk yang sama, namun ada perbedaan yang cukup mendasar.

Baca Juga: PENGGUNAAN KATA BANTU DALAM BAHASA INGGRIS

Penggunaan gerund dalam bahasa Inggris bisa kamu lihat dalam beberapa kalimat ini:

Sebagai Subjek Kalimat

Gerund bisa digunakan sebagai subjek kalimat. Posisinya menjadi subjek kalimat dan menjadi gerund dalam kalimat tersebut. Contohnya adalah drinking coffee is my hobby. Kata drinking di sini adalah subjek sekaligus gerund dan kata is di sini bertindak sebagai kata kerja.

Sebagai Objek

Gerund di sini akan berfungsi sebagai objek dalam satu kalimat. Untuk mengetahui suatu objek, biasanya gerund berada setelah kata kerja. Contohnya adalah She goes swimming every Sunday. Kata goes adalah kata kerja, sementara swimming adalah gerund dalam kalimat ini.

Sebagai Pelengkap Objek

Karena gerund adalah sebuah kata benda, maka ia bisa melengkapi sebuah objek. Pelengkap objek ini adalah kata yang mengikuti kata kerja penghubung dan berfungsi sebagai pelengkap pada suatu kalimat.

Contoh kalimatnya adalah my hobby is swimming. Kata swimming adalah gerund yang hadir sebagai penyelaman kalimat ini. Gerund di sini biasanya berfungsi sebagai subject complement.

Sebagai Penjelas Kata Benda

Gerund di sini biasanya diposisikan setelah kata benda. Di sini berfungsi untuk mengetahui fungsi dari kata bend aitu sendiri. Contohnya adalah parking area. Parking adalah gerund dan area adalah kata benda. Untuk menjelaskan kata benda tersebut, kamu tentu membutuhkan gerund.

Baca Juga: PENGGUNAAN DO DAN DOES BAHASA INGGRIS

Karakteristik Gerund

Karena kemiripannya dengan infinitive, keduanya tetap memiliki perbedaan. Beberapa karakteristik gerund adalah

  • Selalu diakhiri dengan -ing
  • Merupakan verb -ing yang berfungsi sebagai kata benda
  • Dapat menggantikan kata benda dalam  kalimat gerund dengan kata benda lainnya
  • Ada beberapa kata kerja yang biasanya diikuti gerund, seperti enjoy, avoid, like, love, hate, stop dan sebagainya.

Para penutur asli biasanya menggunakan gerund dalam kalimat atau percakapan keseharian mereka. Namun, banyak dari mereka yang tidak menyadarinya. Karena memiliki fungsi yang sangat penting, penggunaan gerund dalam bahasa Inggris tentu sangat penting.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH