penggunaan tenses dalam bahasa inggris

Penggunaan Tenses dalam Bahasa Inggris

Penggunaan tenses bukanlah hal yang mudah dipahami oleh para pelajar bahasa Inggris sebagai bahasa kedua atau ESL. Tenses merupakan bagian dari aturan grammar atau tata bahasa.

Terdapat 16 tenses yang harus kamu pelajari. Bagi pemula, kamu tidak perlu harus menguasai sepenuhnya, karena bentuknya rumit.

4 Penggunaan Tenses Paling Dasar

Agar kamu bisa belajar penggunaan tenses secara bertahap, berikut adalah empat bentuk mendasar tenses yang wajib kamu ketahui:

Baca Juga:
Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Asing

1. Present Simple

Gunakan tenses ini untuk kata kerja bersifat umum, atau hal-hal terkait kebiasaan yang kamu lakukan rutin setiap hari, bulan, tahun, atau hampir tidak pernah kamu lakukan.

Gunakan kata kerja V1 dan subjek I, you, we, they seperti contoh berikut:

I usually go to market at 7 am.

Jika menggunakan subjek, he, she, dan it, maka gunakan V1 dengan tambahan -s atau -es, contoh:

Joanna usually goes to school at 7 am.

2. Present Continuous

Tenses untuk menjelaskan kegiatan yang sedang terjadi, menggunakan Verb -ing. Apabila kegiatan tersebut terjadi di masa sekarang, maka itu bukan kebiasaan. Kata kerja yang digunakan adalah am, is, are atau verb to be, contoh:

You are coming too late.

3. Past Tense

Penggunaan tenses berikutnya adalah yang terjadi saat masa lampau, terutama kegiatan yang bisa berakhir pada masa lampau berhubungan dengan waktu tertentu. Gunakan V2 dan bersifat beraturan yaitu akhiran -d atau -ed, berikut contohnya:

Yesterday, I went to market at 7 am.

4. Present Perfect

Bentuk tenses ini menjelaskan pencapaian yang sudah terjadi baik besar atau kecil tanpa menjelaskan kapan waktu terjadinya secara detail. Bentuk ini bisa menyebutkan frekuensi, berapa kali sebuah peristiwa terjadi.

Present perfect menggunakan has/have menggunakan V3 atau past participle verb, berikut contohnya:

I have seen that man twice.

Atau, kamu juga bisa menggunakan present perfect untuk menceritakan kegiatan terjadi di masa lampau dan sampai sekarang masih berlaku. Kamu harus menambahkan keterangan tentang berapa lama kegiatan tersebut telah berlangsung, berikut contohnya:

I have studied English for four years.

Baca Juga:
Penggunaan Before dan After Dalam Tenses

Benefit Menguasai Tenses

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana cara mudah dalam penggunaan tenses. Materi ini wajib kamu kuasai sebagai pondasi atau dasar jika ingin menguasai bahasa Inggris.

Tenses membantu supaya kamu bisa tahu kapan aktivitas tersebut berlangsung. Menguasai tenses membantu agar kamu bisa menggunakan bahasa Inggris sesuai aturan dan dapat dimengerti oleh banyak orang.

Kemampuan tenses membantu agar kamu bisa berkomunikasi secara formal maupun informal. Bahasa informal juga melibatkan penggunaan tenses dalam kegiatan sehari-hari, bersama teman sebaya. Sedangkan kemampuan bahasa formal sangat dibutuhkan ketika kamu harus menulis jurnal ilmiah, laporan penulisan, esai, thesis, dan tugas-tugas sekolah.

Dengan memahami apa saja alasan utama belajar tenses dan pentingnya menguasai bagian tersebut, maka kamu bisa lebih mudah menguasai bahasa Inggris. Kamu juga bisa meningkatkan tenses lebih mudah dengan ikut kursus Bahasa Inggris.

ICAN English menyediakan beberapa program kursus untuk membantu kamu meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris sesuai kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi