Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Asing

7 Alasan Pentingnya Belajar Bahasa Asing

Saat ini, pentingnya belajar bahasa asing semakin disadari oleh banyak kalangan. Bahasa Inggris adalah salah satu contoh bahasa asing yang semakin menjamur seiring dengan semakin globalnya dunia dan bilingualisme.

Belajar bahasa asing mempelajari cara berkomunikasi agar tetap terhubung dengan orang lain. Kemampuan berbahasa asing adalah keterampilan hidup yang sangat penting dan dapat dikembangkan hanya melalui interaksi dengan orang lain.

Alasan Kamu Perlu Belajar Bahasa Asing

Lalu, apa pentingnya belajar bahasa asing? Keuntungan belajar bahasa asing dapat mempersiapkan kamu agar sukses di hampir setiap aspek kehidupan. Berikut adalah tujuh alasan untuk belajar bahasa asing:

1. Belajar Bahasa Asing itu Keren

Mendengar seseorang berbicara bahasa asing tampak lebih atraktif, menarik, dan memberi kesan seseorang tersebut terbilang cerdas. Apalagi bahasa asing seperti Bahasa Inggris digunakan untuk banyak hal. Mulai dari panduan penggunaan barang elektronik, berita, artikel, dan semua hal.

Dengan kemampuan berbahasa asing, kamu akan tampak keren karena tahu banyak hal. Bahkan, paham di berbagai bidang, termasuk seni, musik, masakan, film, sains, dan filsafat yang menjelaskan suatu hal dalam bahasa inggris.

Baca Juga:
Simak Alasan Pentingnya Kemahiran Bahasa Inggris untuk Bisnis

2. Bepergian Jadi Lebih Mudah dan Hemat

Bayangkan, jika kamu berlibur di Inggris dan sampai disana jam 10 malam. Kamu ingin segera mencari hotel, atau rute menuju ke hotel. Jika kamu tidak menguasai bahasa asing, maka akan memperlambat semua kegiatan berlibur. Bahkan, kamu kesulitan untuk mendapatkan informasi dan melakukan negosiasi agar mendapatkan rate harga lebih rendah.

Kamu juga tidak perlu harus mengeluarkan biaya untuk membayar pemandu wisata atau tour guide. Bisa kamu bayangkan, berapa tarif sewa tour guide dalam satu jam, satu hari, atau beberapa hari selama liburan? Semua itu tidak perlu kamu pikirkan jika kamu sudah menguasai bahasa asing.

3. Peluang Kerja Lebih Besar

Belajar bahasa asing dapat meningkatkan prospek pekerjaan. Saat ini, semakin banyak perusahaan melakukan bisnis di seluruh dunia, namun mereka tidak dapat melakukan hal tersebut tanpa pekerja yang menguasai minimal satu bahasa asing.

Bahkan di perusahaan kecil dan lokal, kemungkinan besar kemampuan berbicara bahasa kedua akan membedakan kamu dari kandidat lainnya. Dengan pasar kerja yang semakin kompetitif, mengapa tidak mengejar peluang dengan belajar bahasa asing?

Pentingnya belajar bahasa asing membuat kamu jauh lebih berharga bagi perusahaan. Kamu dipandang memiliki keunggulan kompetitif dalam resume untuk membantu memenuhi kebutuhan perusahaan.

4. Membantu Mengembangkan Otak

Penelitian menunjukkan manfaat kognitif belajar bahasa asing, berapa pun usia pelajar. Penelitian-penelitian ini menunjukkan bahwa orang-orang bilingual cenderung memiliki otak lebih besar, ingatan lebih baik, lebih kreatif, mampu memecahkan masalah lebih baik, dan lainnya.

Keuntungan-keuntungan ini tidak hanya membuat kamu lebih mudah untuk belajar lebih banyak bahasa, tetapi juga lebih mudah belajar, apa saja. Kemampuan beralih dari satu tugas ke tugas berikutnya dengan cepat sangatlah penting di dunia multitasking yang sibuk saat ini. Orang yang bilingual dapat melakukan hal multitasking lebih cepat dibandingkan orang yang hanya satu bahasa. Bahkan, sanggup menangani lebih banyak tugas sekaligus.

5. Membangun Relasi yang Bermakna

Bertemu orang-orang baru dan menarik serta mengembangkan persahabatan seumur hidup adalah tujuan yang layak dicita-citakan. Mempelajari bahasa asing adalah cara pasti untuk mempercepat membangun relasi.

Bahasa membantu mengungkapkan perasaan, keinginan, dan membangun hubungan yang bermakna dengan orang lain. Berbicara bahasa asing tidak hanya membantu menemukan teman baru, tetapi juga mempermudah interaksi dengan penutur asli.

6. Lebih Berpikiran Terbuka

Mempelajari bahasa asing dan menyelami budaya serta pandangan dunia yang benar-benar baru adalah cara paling pasti untuk menjadi individu yang berpikiran terbuka, pengertian, dan toleran. Ketika kamu menyadari fakta bahwa semua adalah makhluk budaya, produk dari lingkungan sendiri, maka kamu lebih siap memandang orang lain dengan cara lebih baik.

7. Lebih Mudah Memahami Bahasa dan Budaya

Mempelajari bahasa asing sebenarnya memberikan semacam psikologi terbalik. Selain itu, memberikan pemahaman lebih baik tentang bahasa dan budaya di Indonesia. Hal inilah yang menjadi salah satu keuntungan paling menakjubkan dari belajar bahasa asing.

Baca Juga:
Materi Linguistik Bahasa Inggris?

Belajar Bahasa Asing di ICAN English

Pentingnya belajar bahasa asing lebih dari sekedar agar kamu fasih berbicara dalam bahasa tersebut. Tetapi juga berguna untuk memperlancar komunikasi dan menghubungkan manusia agar bisa saling mengerti di tingkat lebih dalam.

Ditambah lagi, bahasa asing akan meningkatkan potensi personal dan profesional. Buat kemampuan belajar bahasa asing lebih mudah dengan bergabung di kursus bahasa Inggris ICAN English. Ada banyak program yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan personal. Tutor bersertifikat akan membantu proses belajar kamu jadi lebih menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi