ketahui seputar penilaian ielts listening

Ketahui Seputar Penilaian IELTS Listening

Agar kamu bisa sukses memperoleh penilaian IELTS Listening sesuai dengan target skor, maka kamu wajib memahami bagaimana cara menghitung skor penilaian pada ujian tersebut. Persiapan secara matang adalah bekal agar kamu bisa dikatakan berhasil dalam mendemonstrasikan keterampilan berbahasa Inggris termasuk saat mengerjakan soal listening.

Secara umum, penilaian yaitu mulai dari 0 yang artinya peserta tidak mengerjakan soal hingga skor 9 yang artinya kemampuan kamu sudah mendekati level native speaker atau penutur asing. Agar kamu dapat memperoleh sertifikat yang bisa berguna untuk memenuhi persyaratan mendaftar kuliah atau mengurus beasiswa, maka skor IELTS minimal yang harus kamu capai adalah 6.

Mengenal Tes IELTS untuk Pelajar Internasional

International English Language Testing System (IELTS) dirancang untuk membantu kamu mencapai ambisi untuk bekerja, belajar, atau pindah ke negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa ibu.

IELTS menguji empat keterampilan berbahasa, yakni Mendengarkan, Membaca, Menulis dan Berbicara. Kamu akan mengikuti semua tes tersebut pada hari, tanpa jeda di antaranya. Total waktu tes di bawah tiga jam. Masing-masing tes memiliki formatnya sendiri, di antaranya:

IELTS Listening Test

Kamu harus mendengarkan empat rekaman dan kemudian menjawab pertanyaan yang diajukan. Rekamannya adalah penutur asli bahasa Inggris dan durasi tesnya adalah 30 menit.

IELTS Reading Test

Tes Membaca IELTS mengharuskan kamu menjawab 40 pertanyaan dan dirancang untuk menguji pada berbagai keterampilan membaca. Peserta tes harus membaca untuk mengetahui intisari, gagasan utama, detail, argumen logis, membaca sekilas, dan mencari tahu sikap, opini, dan niat penulis. Tes ini berdurasi 60 menit.

IELTS Writing Test

Tes menulis berdurasi 60 menit mengharuskan peserta untuk menyelesaikan dua tugas dan mencakup topik minat umum berdasarkan modul yang telah diambil.

IELTS Speaking Test

Tes IELTS Speaking menilai kemampuan bahasa Inggris lisan. Tes ini direkam dan dilakukan dalam tiga bagian. Untuk bagian tes ini, kamu akan mendapatkan durasi sekitar 11-14 menit.

Baca Juga:
Tips Efektif Untuk Latihan Listening IELTS

Perhitungan Nilai Listening IELTS

Pada penilaian IELTS listening, kamu dihadapkan dengan 40 butir pertanyaan berbagai jenis. Dari seluruh jawaban tersebut, Jumlah jawaban yang benar dihitung dan dikonversikan pada skor IELTS. Akan tetapi, tabel konversi pada tes resmi adalah rahasia yang hanya diketahui oleh pemilik IELTS.

Walaupun demikian, ada begitu banyak perkiraan konversi nilai beredar pada berbagai macam buku persiapan IELTS ataupun internet. Agar lebih jelas, berikut adalah simulasi perkiraan konversi penilaian listening pada ujian IELTS:

Band ScoreRaw Score out of 40
516
623
730
835

Saat ini kamu mungkin merasa bahwa ujian listening pada tes IELTS jauh lebih mudah jika dibandingkan dengan ujian pada bagian reading. Walaupun demikian, kamu perlu melakukan persiapan secara matang karena ujian yang menguji pendengaran ini berjalan secara cepat serta membutuhkan konsentrasi tinggi. Kamu bisa bergabung dalam kursus persiapan IELTS agar bisa mendapatkan panduan lengkap seputar tes ini.

Agar kamu dapat memperoleh skor penilaian tinggi, maka kamu harus mempunyai pemahaman bahasa Inggris dan mempunyai keterampilan manajemen waktu. Penilaian IELTS listening adalah penilaian pertama pada ujian tersebut, baik saat kamu menghadapi ujian akademik maupun umum.

Soal ujian listening selalu sama, sehingga kamu juga tetap harus melakukan persiapan agar dapat menyelesaikan ujian dengan baik. Ada beberapa cara supaya kamu bisa menghadapi ujian listening tersebut.

Baca Juga:
Persiapan Tes IELTS Yang Penting Dilakukan

Tips Menghadapi Ujian Listening IELTS

Pada section pertama, kamu akan mendengar dua pembicara melalui percakapan telepon atau percakapan sehari-hari. Biasanya, topik yang diusung adalah percakapan tentang cara sewa apartemen, rencana perjalanan, cara pesan meja restoran, dan sebagainya. Tujuan dari seluruh pertanyaan tersebut adalah untuk menguji kemampuan kamu dalam menangkap informasi utama, seperti tempat, nama, ataupun tanggal.

Pada section kedua, terdapat satu pembicara atau monolog dengan fokus situasi sosial dalam kehidupan sehari-hari. Kamu akan menghadapi pertanyaan yang berhubungan dengan diagram labeling, table completion, multiple choice, dan flow chart. Sedangkan pada section ketiga, akan ada tiga atau empat pembicara untuk berdiskusi tentang hal-hal akademis.

Untuk menjawab seluruh pertanyaannya yaitu dengan pilihan ganda ataupun isian kosong. Pada section keempat, terdapat 1 pembicara saja yaitu monolog dengan subjek akademis dan tidak terdapat jeda pada bagian tengah rekaman. Pertanyaan tersebut seputar pengisian pada bagian tabel kosong.

Selain itu kamu juga dituntut untuk membaca pertanyaan secara hati-hati, karena dalam beberapa jenis pertanyaan mempunyai instruksi yang tidak sama. Contoh, pada beberapa soal terdapat instruksi pembatasan jumlah kata seperti tak diperbolehkan menjawab lebih dari dua kata.

Supaya kamu terbiasa mengerjakan soal listening pada tiap section, sebaiknya kamu mengambil ujian latihan untuk tiap-tiap section dengan menggunakan bantuan para tutor berpengalaman di ICAN English. Dalam menyelesaikan soal listening IELTS, kamu harus benar-benar menyimak rekaman dengan seksama karena tidak ada pengulangan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web