tips efektif untuk latihan listening ielts

Tips Efektif untuk Latihan Listening IELTS

Mempersiapkan diri untuk tes IELTS memang perlu dilakukan. Tes ini sendiri memiliki empat bagian tes, yang salah satunya adalah listening. Dalam sesi ini, kamu harus menjawab 40 pertanyaan dari 4 rekaman audio yang tersedia. Latihan listening IELTS diperlukan agar kamu bisa mengenal setiap audionya, atau kamu juga dapat bergabung dalam kelas persiapan IELTS untuk melakukan persiapan yang lebih maksimal.

Listening section sendiri adalah tugas pertama yang akan kamu temui pada ujian IELTS. Baik IELTS akademik maupun umum, keduanya memiliki soal ujian yang sama. Mengenal soalnya akan membuat kamu lebih mudah untuk memahami setiap percakapan yang ada.

3 Cara Latihan Listening IELTS

Bagian Listening IELTS meminta peserta untuk mendengarkan rekaman CD yang berisikan rekaman suara dari native speaker. Nantinya, peserta harus menjawab soal sesuai dengan rekaman yang telah mereka dengar.

Para pembicara dalam audio CD akan berbicara menggunakan salah satu aksen dari Amerika, Inggris, Australia atau Selandia Baru. Bagian Listening biasanya berdurasi sekitar 30 menit dan diadakan di hari yang sama dengan tes Reading dan Writing. Kamu juga akan diberikan 10 menit waktu tambahan untuk menuliskan jawaban di atas kertas.

Nah, berikut cara melatih kemampuan listening IELTS yang harus kamu tahu!

1. Banyak Mendengarkan Audio Bahasa Inggris

Tentunya, kamu perlu mengasah kemampuan mendengarkan kamu. Kamu perlu melatih diri untuk mendengarkan bahasa Inggris, dan bukan saja terikat pada materi tes. Kamu bisa meningkatkan kemampuan mendengarkan secara general dengan mendengar beberapa konten di Youtube, film, music, hingga percakapan langsung dengan orang menggunakan bahasa Inggris.

Dengan meningkatkan kemampuan ini secara umum, kamu akan semakin terbiasa dengan bahasa Inggris itu sendiri. Kamu juga bisa memperkaya kosakata dan istilah bahasa Inggris. Terbiasa mendengarkan berbagai aksen dan pelafalan bahasa Inggris akan membantu kamu memahami konteks percakapan dalam IELTS.

Baca Juga:
Panduan Mengikuti Tes IELTS, Siapkan Diri Segera!

2. Gunakan Audio Script

Jika kamu masuk merasa kesulitan memahami percakapan bahasa Inggris, mulai sekarang kamu dapat berlatih mempelajari pengucapan dan artikulasi yang tepat dalam audio. Ini bisa kamu lakukan dengan audio script.

Kamu juga bisa mendengarkan audio sambil membacakan tulisannya dengan suara yang keras. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seberapa akurat pengucapan kamu dan mengetahui seberapa jauh kamu memahami kosakata tersebut.

3. Lakukan Simulasi Tes

Sebelum benar-benar mengikuti listening test, kamu bisa melatih diri dengan melakukan latiham simulasi tes. Lakukanlah seperti kamu benar-benar mengikuti tes bahasa Inggris tersebut.

Buatlah kondisi yang sama dengan kondisi saat ujian, mulai dari waktu pengerjaan, tempat kamu melakukan ujian dan lain sebagainya. Tujuannya adalah agar kamu tidak mudah gugup dan terbiasa dengan ritme tesnya.

Baca Juga:
Tips Pilih Kelas Persiapan IELTS Terbaik

Mengenal Sesi Listening dalam Ujian IELTS

Sesi listening dalam ujian IELTS terdiri dari empat rekaman yang terpisah, dan masing-masing rekaman ini hanya akan diputar satu kali. Untuk itu, kamu perlu mendengarkannya dengan seksama dan jangan terlewat sama sekali.

Tes ini sendiri bertujuan untuk mengetahui seberapa baik kamu mendengar dan memahami percakapan yang disampaikan oleh penutur asli bahasa Inggris. Topik yang dibicarakan juga bervariasi dan diucapkan dengan aksen dan suara yang berbeda.

Kamu akan diberikan waktu beberapa menit untuk membaca pertanyaan di kertas soal sebelum rekaman suara diputar. Sambil mendengarkan audio, kamu harus menjawab rangkaian pertanyaan berdasarkan apa yang kamu dengar.

Dari mulai sesi 1 hingga 4, tingkat kesulitan percakapan audio akan semakin meningkat. Maka, persiapan yang matang perlu kamu lakukan secara maksimal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web