Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Belajar bahasa Inggris untuk anak sejak usia dini memiliki keuntungan membantu perkembangan otak. Di awal pertumbuhan anak, bahasa Inggris akan dipelajari dengan sangat pelan, dipertahankan secara lebih baik, dan dilafalkan dengan luar biasa.

Apa pentingnya bahasa Inggris untuk anak usia dini? Berbagai macam keterampilan akan mengalami peningkatan, karena mendapatkan dukungan dari proses belajar bahasa Inggris. Tingkat percaya diri pada anak yang mampu belajar bahasa Inggris tentunya akan sangat baik. Anak juga memiliki kemampuan berpikir kreatif untuk memecahkan sebuah masalah. 

6 Manfaat Belajar Bahasa Inggris Sejak Anak Usia Dini

Berikut ini beberapa manfaat belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini:

1. Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi

Pentingnya bahasa Inggris untuk anak usia dini adalah membantu dalam kemampuan berbicara, mendengar, membaca dan menulis dalam bahasa asing. Bahasa Inggris menjadi jendela untuk berkomunikasi dengan orang lain, sehingga akan terbuka luas. Di masa depan, anak juga akan mendapatkan kemudahan berinteraksi dengan orang dari berbagai daerah. 

2. Meningkatkan Kemampuan Kognitif pada Anak

Bahasa Inggris merupakan bahasa kedua yang harus dipelajari oleh anak jaman sekarang. Cara mempelajarinya juga bisa dimulai sejak dini. Dengan menguasai Bahasa Inggris, maka anak akan mendapatkan dukungan untuk berpikir kreatif dalam memecahkan masalah.

Anak juga akan semakin kuat dalam mengembangkan keterampilan kognitif. Semakin tergalinya kemampuan kognitif adalah saat anak belajar kosakata dan struktur bahasa.

3. Lebih Siap Belajar Bahasa Asing

Alasan selanjutnya mengapa Bahasa Inggris penting untuk anak usia dini adalah, karena membantu dalam kesiapan belajar bahasa asing di masa depan. Anak yang sudah belajar bahasa Inggris mempunyai pondasi linguistik cenderung kuat. Sehingga, nantinya akan mudah belajar bahasa asing lainnya.

4. Kemampuan Berpikir Meningkat

Ketika anak sedang mempelajari bahasa Inggris, maka akan menemukan kosakata baru dan mengadopsi aturan tata bahasa. Dari perkembangan ini, anak akan memakai otak dan melatih ingatannya. Perkembangan dan penguatan kemampuan berpikir anak akan menjadi lebih bagus.

5. Kemampuan Memecahkan Masalah Meningkat

Anak kecil mempunyai problem yang berbeda-beda. Dengan belajar bahasa Inggris ini, membuat anak mampu memecahkan masalahnya sendiri. Otak akan terus bekerja ketika anak berusaha membedakan bahasa mana yang harus diucapkan. Selain itu, anak juga mencari waktu yang benar untuk mengucapkan sebuah kalimat. 

Sebuah penelitian juga menjelaskan bahwa anak yang pandai dwibahasa akan lebih unggul dalam perencanaan, konsentrasi, serta kemampuan kognitifnya. Itulah mengapa, ada manfaat luar biasa untuk anak yang mampu berbahasa Inggris sejak dini.

6. Meningkatkan Kepintaran dalam Berpikir Kritis

Belajar bahasa Inggris yang dimulai sejak anak usia dini akan memberikan banyak ruang bagi anak untuk mengakses informasi. Dengan demikian, anak mengalami peningkatan kemampuan dalam berpikir kritis dan dapat menilai informasi berbahasa asing.

Mengingat pentingnya bahasa Inggris untuk anak usia dini, maka metode yang digunakan untuk belajar disesuaikan dengan minat. Ciptakan suasana belajar yang menyenangkan agar anak lebih mudah bagi anak memahaminya.

Beberapa cara yang bisa dilakukan saat belajar bahasa Inggris yaitu sambil bermain, menonton film, membaca buku dan berkomunikasi untuk mendukung proses belajar. Orang tua dapat berperan memberikan dukungan secara penuh untuk anak pada saat belajar.

Baca Juga: Tips Mencari Kursus Bahasa Inggris Anak Online

Kapan Mengajarkan Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja pentingnya bahasa inggris untuk anak usia dini. Berikutnya, pastikan untuk mengetahui kapan waktu yang tepat untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak. Waktu dapat bervariasi, tergantung pada berbagai faktor, termasuk lingkungan budaya, minat individu, dan kebijakan keluarga.

Banyak penelitian mengungkapkan pandangan tentang waktu terbaik mengajarkan Bahasa Inggris kepada anak. Semakin awal terpapar Bahasa Inggris, maka semakin baik penguasaannya.

Studi juga menunjukkan bahwa sejak lahir sampai usia 10 tahun merupakan waktu tepat untuk mengenalkan Bahasa Inggris kepada anak. Agar penerimaan Bahasa Inggris kepada anak dapat diberikan secara efektif, orang tua dapat mendaftarkan anak di ICAN English. Tersedia program kursus Bahasa Inggris untuk anak-anak dari level beginner hingga level lebih tinggi. 

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web