Belajar Bahasa Inggris untuk Anak TK

Belajar Bahasa Inggris untuk Anak TK

Belajar bahasa Inggris untuk anak TK adalah pembelajaran yang dimulai dari usia dini. Belajar ini tidak hanya sekedar menambah kepandaiannya dalam berbahasa. Akan tetapi, belajar bahasa juga berguna untuk mempersiapkan masa depannya.

Anak yang mampu berbahasa Inggris sejak kecil menjadi memiliki potensi lebih besar untuk menjadi pribadi pemenang. Karena sudah menguasai bahasa global, anak memiliki kesempatan besar menjadi pribadi yang unggul dalam persaingan pasar modern.

Apalagi, sekolah di zaman sekarang banyak yang mengimplementasikan kurikulum berbasis internasional. Semua kurikulum internasional sudah menggunakan bahasa Inggris menjadi bahasa pengantarnya.

Cara Belajar Bahasa Inggris untuk Anak TK

Anak yang masih di kelas TK, dapat diajarkan berbahasa Inggris dasar dengan berbagai topik sederhana yang sering ditemukan pada kehidupan sehari-hari anak. Contohnya adalah mengucapkan sapaan “Good Morning” hingga pengucapan anggota keluarga menggunakan bahasa Inggris “Mommy” untuk Mama, “Daddy” untuk Papa. Selanjutnya, orang tua bisa mengajarkan anak tentang warna dan mainan anak.

Agar anak bisa berbahasa Inggris dengan lancar dan natural dapat menggunakan cara-cara di bawah ini.

Perkenalkan Kosakata Bahasa Inggris Sederhana

Pada usia dini, ajak anak berbahasa Inggris untuk melakukan komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Anak diminta untuk memakai bahasa Inggris ketika ingin mendapatkan kebutuhannya dengan cara menunjuk ke arah objek. Anak sudah memiliki kemampuan menirukan suara yang didengar dari sekelilingnya. 

Cara yang pertama ini akan memberikan kesempatan kepada orang tua untuk mengenalkan kosakata dalam bahasa Inggris. Seperti contoh, anak menunjuk bola merah “Red Ball”, dan orang tua mengatakan “Yes, that is your red ball” sembari mengambil dan memberikan bolanya kepada anak.

Di lain kesempatan, bila anak melihat ayam di depan rumah, orang tua bisa mengatakan “That is a chicken” sambil mengajak anak mendekati objek. Ajak anak untuk mengulangi kalimat yang orang tua ucapkan.

Baca juga:
Pentingnya Bahasa Inggris untuk Anak Usia Dini

Membiasakan Berkomunikasi Menggunakan Bahasa Inggris

Anak usia dini memiliki kemampuan mengikuti arahan serta perintah sederhana, selain itu bisa melakukan komunikasi dengan kalimat sederhana. Orang tua bisa mengambil kesempatan situasi sehari-hari untuk melatih bahasa Inggris kepada anak.

Cara ini terbilang efektif untuk digunakan anak memahami bahasa Inggris berdasarkan konteks dan pemakaian lebih natural. Sebagai contoh, pada saat orang tua membantu anak memakai sepatu bisa menggunakan kalimat sederhana “Let’s help you put on shoes” dengan menunjukkan sepatu milik anak.

Orang tua juga bisa menerapkan bahasa Inggris untuk percakapan sehari-hari dengan anggota keluarga. Dengan sering mendengarkan dialog bahasa Inggris, anak akan lebih mengenal dan bisa menerapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Menyediakan Waktu Khusus untuk Belajar Bahasa Inggris

Usahakan sebisanya menyediakan waktu khusus untuk belajar bahasa Inggris di rumah bersama anak. Tidak harus waktu yang panjang, namun dengan waktu singkat dan teratur dilakukan setiap hari justru lebih efektif membantu anak mahir bahasa Inggris.

Melakukan permainan atau game dengan anak adalah salah satu contoh belajar bahasa Inggris mulai dasar. Permainan bisa menggunakan flashcard bilingual agar anak mengenal benda sekaligus memahami kosakata yang belum tepat.

Belajar dengan anak bisa dilakukan pada saat menjelang waktu tidur, rutin membacakan cerita dalam bahasa Inggris menggunakan buku yang disertai ilustrasi menarik serta warna-warna cerah. Arahkan anak untuk melafalkan kosakata yang ada di dalam buku serta melihat gambarnya.

Orang tua berusaha melakukan kegiatan belajar bahasa Inggris bersama anak di waktu yang sama untuk setiap harinya. Pengulangan belajar dengan rutin akan membantu daya ingat anak lebih baik. Konsentrasi anak akan semakin bagus seiring dengan berjalannya waktu. Orang tua bisa menambah waktu belajar bersama anak dengan frekuensi yang terus meningkat. 

Baca juga :
Cara Mengajar Bahasa Inggris Untuk Anak SMP

Putar Video dengan Bahasa Inggris

Belajar bahasa Inggris untuk anak TK akan lebih menarik jika menggunakan gambar berwarna yang dapat bergerak dan bersuara. Orang tua bisa memutarkan video atau gambar yang menarik menjadi rekomendasi pilihan menyenangkan untuk belajar bahasa Inggris memulai dari dasar.

Cara ini memiliki tujuan menarik perhatian anak agar lebih semangat dalam belajar serta melatih kemampuan pelafalan dan pengucapan kosakata baru. Beberapa video yang bisa dipilih yaitu BabyTV, Super Simple Songs, PinkFong, maupun Sesame Street.

Anak yang belajar karena memiliki ketertarikan terhadap metode yang dipilihkan orang tua, akan mendorong konsentrasinya. Hindari metode belajar yang akan membuat anak merasa bosan. 

Pakai Flash Card Augmented Reality

Memilih permainan edukatif untuk mendukung proses belajar anak menjadi pilihan yang tepat. Anak TK dapat memaksimalkan otak menyerap informasi baru dengan sangat baik. Teknologi augmented reality dapat dimanfaatkan untuk memberikan pengalaman dalam belajar sekaligus bermain dengan interaktif. 

Permainan interaktif akan memberikan rangsangan untuk otak agar lebih aktif dalam berpikir. Dari sini, otak akan mengalami perkembangan lebih optimal. Flash Card sudah terbukti bagus dalam membantu peningkatan atensi anak.

Baca juga :
Orang Tua Wajb Simak! Berikut Kriteria Memilih Kursus Bahasa Inggris Terdekat Untuk Anak

Daftarkan Kursus Bahasa Inggris Mulai Usia SMP

Anak-anak mulai belajar bahasa Inggris dari dasar, dibantu untuk berbicara menggunakan bahasa Inggris. Selama di kursus, namun kamu tak perlu terburu-buru untuk mengajarkan bahasa Inggris di usia dini. Kamu bisa memulainya sejak usia SMP. Pilihlah kursus bahasa Inggris yang memang sesuai dengan kebutuhan.

Sudah memutuskan untuk mendaftarkan anak di tempat kursus Bahasa Inggris? ICAN English bisa menjadi tempat terbaik untuk memulai belajar bahasa Inggris. Ada banyak kelas yang disediakan untuk melatih keterampilan berbahasa, khususnya speaking skill.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.