pentingnya ikut general english language test untuk pelajar

Pentingnya Ikut General English Language Test untuk Pelajar

Punya keinginan untuk menguasai bahasa Inggris dengan mahir, namun bingung harus mulai dari mana? Langkah pertama yang dapat diambil adalah dengan mengikuti kursus general english language test. Dari kursus tersebut, kamu dapat menentukan arah pembelajaran sesuai kebutuhan.

Selama proses pembelajaran, kamu diharapkan mengikuti serangkaian ujian. Tujuannya adalah untuk menguji pemahaman, termasuk dalam pelajaran Bahasa Inggris Umum.

General English Test menguji siswa guna menguji pemahaman terhadap bahasa Inggris secara umum. Tes ini dapat dilakukan di pertengahan atau di akhir periode pembelajaran. Soal-soal ujian disusun sesuai dengan materi yang telah diajarkan.

Placement test merupakan ujian yang diberikan kepada calon siswa yang akan memasuki suatu lembaga pendidikan tertentu. Hasil ujian tersebut akan menggambarkan pengetahuan atau keterampilan calon pelajar dalam area yang diujikan. Berdasarkan hasil tersebut, nantinya pelajar akan ditempatkan dalam kelas yang sesuai dengan tingkat kemampuannya.

Mengapa Harus Ikut General English Language Test

Minat para pelajar untuk mengejar pendidikan atau pekerjaan di negara-negara yang berbicara dalam bahasa Inggris tumbuh. Umumnya, diperlukan untuk mengikuti ujian kemampuan berbahasa Inggris yang biasanya diwajibkan oleh universitas, lembaga imigrasi, atau perusahaan.

Lebih dari sekadar persyaratan formal, terdapat sejumlah alasan yang mendasari pentingnya menjalani tes bahasa Inggris.

1. Meningkatkan Motivasi Belajar

Sebelum menghadapi tes, kamu dapat belajar lebih intensif. Berdasarkan penelitian, cara ini terbilang efektif untuk meningkatkan pemahaman materi.

Tes, suka atau tidak suka, memiliki efek memotivasi seseorang untuk belajar lebih giat. Penelitian mengindikasikan bahwa siswa yang secara rutin mengikuti tes cenderung memiliki tekad belajar yang lebih kuat daripada rekan-rekan yang enggan mengikuti tes. Sebaliknya, siswa yang jarang mengikuti tes biasanya hanya belajar ketika ada tes saja.

Baca Juga:
Tentang Pearson Test of English General dan Kapan Harus Mengambilnya

2. Penguasaan Bahasa untuk Sukses dalam Pendidikan

Melalui tes bahasa Inggris, seorang individu akan memperoleh keterampilan berbahasa yang relevan untuk kesuksesan studi. Bahasa Inggris di dunia akademis memiliki penggunaan khusus yang melibatkan istilah-istilah spesifik.

Selain mengasah kemampuan berkomunikasi dalam bahasa Inggris, seseorang akan semakin mahir dalam bidang akademik yang diikuti. Contohnya, kamu dapat belajar tentang penulisan esai terstruktur, kemampuan menyimpulkan, keterampilan merumuskan pertanyaan mendalam, kemampuan membaca referensi akademik, dan keterampilan hal lainnya.

3. Peningkatan Metode Belajar yang Efektif

General english language test mampu memperbaiki cara seseorang belajar dengan signifikan. Dalam menghadapi tes, siswa akan mengingat dan menerapkan apa yang telah dipelajari.

Proses ini memperkuat daya ingat serta membuat proses belajar menjadi lebih produktif. Melalui pengalaman mengikuti tes, siswa bisa menerapkan pengetahuan yang diperoleh dalam berbagai konteks. Khususnya dalam tes terbuka seperti menulis esai yang membantu otak memproses informasi secara lebih mendalam dan mengekspresikannya dengan lebih baik.

Baca Juga:
Tips Menjawab Soal English Comprehension Level Test

Tips Meningkatkan Skor Ujian Umum Bahasa Inggris

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan sebelum mengikuti ujian umum Bahasa Inggris. Kamu perlu mendapatkan informasi secara lengkap terkait pelaksanaan ujian. Misalnya, apa yang harus kamu bawa, kapan dan dimana lokasi tes, apa yang tidak boleh dibawa, dan sebagainya. Tujuannya adalah agar kamu sudah mempunyai banyak informasi yang berguna untuk mengikuti tes.

Hampir semua tes Bahasa Inggris mengikuti format yang bisa ditebak dan jelas. Untuk mendapatkan skor tertinggi, kamu harus lebih familiar dalam format dan persyaratan ujian. Latihan secara rutin baik menggunakan buku atau internet juga sangat berguna agar kamu tahu seperti apa format tes yang akan kamu hadapi.

Kamu juga dapat mendedikasikan waktu khusus untuk meningkatkan kemampuan vocabulary sambil belajar tes bahasa Inggris. Kamu bisa belajar kata baru setiap harinya. Misalnya, kamu bisa menggunakan akun twitter atau instagram untuk posting beberapa kata baru setiap harinya.

Jika ingin belajar lebih intensif, gunakan kesempatan bergabung di kelas online ICAN English. Kursus bahasa inggris ini akan membantu agar kamu bisa belajar secara intensif di berbagai program yang telah disediakan. Pilih program yang kamu inginkan sesuai kebutuhan, dan tingkatkan kemampuan kamu melalui pembelajaran yang interaktif!

Ujian bahasa Inggris memiliki peranan sangat penting dalam perkembangan personal dan profesional seseorang. General english language test ini bukan hanya tentang menguji pemahaman terhadap bahasa Inggris, tetapi juga mengukur sejauh mana kamu dapat berkomunikasi, beradaptasi, dan berintegrasi dalam dunia global yang semakin terhubung.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web