tips menjawab soal english comprehension level test

Tips Menjawab Soal English Comprehension Level Test

English comprehension level test adalah ujian yang akan menguji keterampilan membaca. Walaupun kamu sangat gemar membaca, bukan berarti kamu sudah mempunyai keterampilan membaca yang baik. Untuk itu, mendapatkan skor memuaskan dalam tes reading comprehension bukanlah hal mudah.

Comprehension section adalah sesi tes, dimana kamu akan diberikan sebuah artikel yang diambil dari sebuah novel atau cerita pendek, atau puisi yang belum pernah kamu lihat sebelumnya. Kamu harus membaca teks tersebut dan menjawab serangkaian pertanyaan setelahnya.

Beberapa pertanyaan tersebut berupa pilihan ganda, lainnya adalah pertanyaan isian, dengan sistem penilaian berbeda. Comprehension section akan menguji keterampilan membaca, termasuk parsing informasi dan ide didalam teks.

Jadi, semua comprehension question akan menilai sebaik apa kamu dapat memahami bacaan, sejauh apa kemampuan kamu dalam menemukan temuan untuk dirubah menjadi jawaban atau argumen yang tepat.

Cara Menjawab Soal Reading Comprehension Test

Agar kamu dapat mengerjakan English comprehension level test, ICAN English akan memberikan beberapa cara, sebagaimana berikut:

Baca Juga:
Macam-Macam Level Kemampuan Bahasa Inggris

1. Baca Pertanyaan

Mungkin ini terdengar terbalik, karena kamu tidak membaca bacaan atau teks terlebih dahulu. Tetapi, cara ini adalah langkah yang tepat. Baca pertanyaan terlebih dahulu akan membantu untuk mencari tahu apa yang harus kamu temukan saat membaca bacaan nanti. Pastikan kamu sudah membaca pertanyaan berulang-ulang, sehingga kamu paham instruksinya.

2. Cari Tahu Jenis Pertanyaannya

Pertanyaan bisa berupa pilihan ganda, pertanyaan yang meminta kamu untuk mencari informasi tertentu, hingga pertanyaan yang meminta kamu untuk menginterpretasikan teks dengan menyediakan analisis yang sesuai.

Pelajari berbagai tipe pertanyaan tersebut agar kamu lebih familiar dengan format tes. Pelajari juga key verb yang ada dalam pertanyaan.

3. Mulai Baca Teks

Sekarang, kamu sudah tahu apa jawaban yang harus kamu berikan. Sehingga, kamu dapat memulai membaca teks yang sudah disediakan. Karena ujian ini berbatas waktu, baca teks dengan waktu yang cukup. Baca teks sebanyak dua kali, dan selama membaca, pahami makna dari teks secara keseluruhan. Kamu juga harus menemukan informasi yang berhubungan dengan pertanyaan.

Jika kamu mempunyai waktu untuk membaca teks lebih dari satu kali, baca teks satu kali untuk memahaminya. Selanjutnya, baca teks untuk kedua kali untuk menemukan apa pertanyaan dalam soal tersebut.

4. Baca Informasi dan Teknik Relevan

Selagi membaca, kamu perlu mencari informasi sesuai pertanyaan yang sudah ada. Perhatikan nama karakter, nama tempat, apa yang dilakukan karakter, hubungan antar karakter, metafora, simile, simbol, motif, visualisasi, hingga onomatopoeia.

Jika kamu tidak bisa membuat catatan apapun selagi membaca, kamu harus mengingat semua bagian dari teks yang mengandung informasi penting. Misalnya, paragraf kedua menyebutkan nama tempat dan hubungan antar karakter.

5. Cara Menjawab Pertanyaan

Jika kamu menghadapi soal reading comprehension dengan format pilihan ganda, maka kamu harus memilih jawaban yang paling tepat dari opsi yang tersedia. Pastikan kamu sudah membaca bacaan pertanyaan dengan teliti, jangan terburu-buru, dan jangan ragu-ragu untuk memastikan bahwa jawaban kamu sudah tepat.

Jika soal yang diberikan adalah isian, maka kamu harus mengidentifikasi atau menyebutkan kembali kata kunci dalam pertanyaan, berikan jawaban, dan tambahkan bukti atau evidence. Berikan contoh dan simpulkan jawaban kamu.

Baca Juga:
Strategi Mudah Meningkatkan Reading English Comprehension

Strategi Mengatur Waktu Saat Mengerjakan Reading Comprehension Test

Agar kamu bisa mengatur waktu pada saat menghadapi english comprehension level test, kamu bisa mengambil keuntungan dari waktu yang diberikan dengan membaca soal terlebih dahulu, dan dilanjutkan membaca bacaan. Jika kamu masih mempunyai waktu, gunakan untuk membaca teks kembali dan baca soal kembali, kemudian temukan jawaban yang spesifik.

Untuk menjawab soal isian, gunakan waktu beberapa menit untuk membuat rencana bagaimana cara kamu memberikan respon jawaban secara tertulis. Tujuannya agar kamu mempunyai kesempatan melakukan evaluasi ulang pada semua ide yang akan kamu tulis sebagai jawaban.

Kerjakan soal yang menawarkan nilai lebih tinggi, dan selanjutnya nilai yang lebih rendah. Tujuannya adalah agar jika kamu kehabisan waktu dan tidak sempat menyelesaikan semua soal, maka soal-soal dengan skor tinggi telah kamu selesaikan terlebih dahulu. Kamu hanya kehilangan kesempatan mengerjakan soal dengan skor rendah.

Tingkatkan kemampuan kamu dalam menganalisa dan menjawab soal-soal reading comprehension test dengan tepat dengan cara bergabung bersama ICAN English. Kamu bisa belajar secara intensif di kelas online, mengerjakan berbagai soal latihan yang sudah disediakan, didampingi oleh tutor berpengalaman. Kelas interaktif juga akan membuat kamu merasa belajar bahasa inggris itu menyenangkan!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web