Macam Perbedaan At dan On, Kamu Perlu Tahu!

Macam Perbedaan At dan On, Kamu Perlu Tahu!

Walaupun sama-sama sebagai preposisi yang menunjukkan lokasi dan waktu, terdapat beberapa perbedaan at dan on yang harus kamu ketahui. Secara umum, at merujuk pada waktu dan tempat yang lebih spesifik.

Untuk mempelajari lebih jelas tentang perbedaan keduanya, kamu bisa mempelajari penjelasan berikut lengkap dengan contoh.

3 Panduan Belajar tentang At dan On

Apa saja perbedaan antara penggunaan at dan on? Simak beberapa penjelasan ini agar lebih paham:

1. Waktu

Ketika membahas tentang waktu, on digunakan untuk hari dan tanggal.

Sedangkan at digunakan untuk waktu yang spesifik. Berikut adalah contoh yang harus kamu cermati:

The library is closed on Sundays.

Rudi met me at five o’clock in the afternoon.

2. Lokasi

Terdapat pula perbedaan kedua preposisi ini berdasarkan lokasi. Perbedaan penggunaan juga akan dijelaskan dengan contoh berikut:

OnAt
On digunakan untuk membicarakan tentang hari dan tanggalAt digunakan untuk membicarakan tentang waktu secara spesifik
Merujuk pada posisi di atas permukaan, atau posisi di sepanjang jalan atau sungai, atau laut, atau danau.Merujuk pada posisi atau lokasi yang nampak pada titik tertentu, di perusahaan, di tempat kerja, atau alamat.

3. Definisi At vs On

On adalah sebuah preposisi yang menandakan waktu khusus dan lokasi. Saat merujuk pada waktu, on digunakan disertai tanggal, seperti contoh:

Rudi went to Surabaya on Thursday.

My office is closed on Friday.

We usually visit the restaurant on our birthday.

Ketika merujuk pada lokasi, gunakan on jika posisinya berada di atas permukaan, contoh: My wallet is on the chair.

Ketika merujuk pada lokasi, gunakan on jika posisinya di sepanjang jalan, sungai, laut, atau danau, contoh: Our city is on the southern coast of England.

At adalah preposisi yang menunjukkan waktu dan tempat spesifik. Kamu bisa menggunakan at sesuai jarum pada jam, waktu pada hari atau minggu tertentu, sebagaimana contoh berikut: We went to the building at midnight.

Ketika merujuk pada lokasi, gunakan preposisi ini untuk menyebutkan titik lokasi, contoh: Rudi was sitting at his chair, when I  entered his room.

Preposisi ini juga berguna untuk mreujuk tempat di perusahaan atau tempat kerja, seperti contoh: Do you know how many publishers work at Google?

Gunakan preposisi ketika ingin membagikan alamat, seperti contoh: We

moved at number 7, Sudirman street.

Pentingnya Belajar Preposisi

Sekarang, kamu sudah tahu apa saja perbedaan at dan on, dan aturan penggunaannya. Mempelajari kedua preposisi ini terbilang memusingkan. Tetapi, karena adanya perbedaan signifikan, kamu tidak akan terbalik menggunakannya jika sudah paham aturannya.

Untuk belajar materi Bahasa Inggris lainnya dengan mudah, kamu bisa gabung di kelas ICAN English. Selama belajar di tempat kursus Bahasa Inggris kami, kamu dapat belajar di kelas yang sesuai kebutuhan dan kemampuan personal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web