Perbedaan for dan to dalam bahasa Inggris

Perbedaan For Dan To Dalam Bahasa Inggris

Mar 19, 2022 | Bahasa Inggris

Bahasa Inggris merupakan salah satu bahasa yang harus dikuasai oleh setiap orang. Salah satu aspek yang ada dalam pembelajaran bahasa Inggris yaitu penggunaan kata for dan to sulit. Perbedaan for dan to dalam bahasa Inggris kerap kali mengalami kekeliruan dalam penggunaannya.

Secara umum, baik kata for maupun kata to jika diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia berarti “untuk”. Namun, meskipun demikian dalam penggunaannya tentu saja terdapat perbedaan yang cukup signifikan. Sehingga, penting untuk kamu mengetahuinya ketika hendak belajar bahasa Inggris yang baik dan benar.

Baca Juga : PENGGUNAAN DO, DOES, DID

Perbedaan For dan To Dalam Bahasa Inggris Serta Cara Penggunaannya

Kata to dan for memiliki fungsi sebagai preposisi (kata yang menunjukan letak) yang sangat umum dalam bahasa Inggris. Selain itu, kedua kata ini juga memiliki sejumlah arti dan kegunaan yang lain. Jika dilihat sekilas mungkin penggunaan kedua kata ini terlihat sangat rumit. Berikut merupakan penjelasan perbedaan for dan to dalam bahasa Inggris.

1. Penjelasan kata to

Kata yang pertama yang akan dijelaskan yaitu kata ‘to’ dalam bahasa Inggris. Kata ‘to’ dalam bahasa Inggris mengindikasi adanya pergerakan atau perpindahan antara  dari satu tempat ke tempat lain  ataupun seseorang dari satu orang ke orang lainnya. Sehingga, secara sederhana kata to merupakan kata yang digunakan untuk menandakan perpindahan (preposisi).

Selain itu, kata to juga memiliki tiga peran dalam bahasa Inggris. Peran pertama, yaitu sebagai preposisi. Kemudian, kata ini juga merupakan penanda dari kata kerja infinitif (kata yang berfungsi untuk menyatakan tujuan dari suatu objek, pendapat, tindakan, dan jawaban pertanyaan dari siapa, apa, mengapa). Terakhir, yakni sebagai adverbia dalam sebuah kalimat.

Selain memiliki tiga peran yang berbeda-beda dalam bahasa Inggris, kata to juga memiliki dua fungsi yang juga berbeda. Fungsi pertama yakni sebagai penunjuk arah dari sesuatu. Kemudian, kata to juga memiliki fungsi sebagai penunjuk dari tujuan atau hasil.

2. Penggunaan kata to

Setelah mengetahui tentang penjelasan kata to dalam bahasa Inggris, berikut ini merupakan contoh penggunaannya. Contoh penggunaan kata to berdasarkan dari perannya : I am going to New England this summer (saya akan pergi ke New England musim panas ini. Dalam contoh tersebut menggambarkan peran to sebagai penanda kata kerja infinitif.

Berikutnya merupakan contoh penggunaan kata to menurut fungsinya : I came here to give this cake for your birthday today (aku datang kesini untuk memberikan kue untuk ulang tahun kamu hari ini). Contoh penggunaan  kata to tersebut menunjukan fungsi dari menunjukkan tujuan.

3. Penjelasan kata for

Perbedaan to dan for dalam bahasa Inggris berikutnya yaitu mengenai penjelasan penggunaan kata for. Kata for dalam bahasa Inggris mengindikasikan terdapat sebuah tujuan, objektif, keinginan, titik yang ingin dicapai, dan aktivitas. Selain itu, kata for juga memiliki 2 peran.

Peran yang pertama yakni, sebagai preposisi. Kemudian, peran berikutnya yaitu, sebagai konjungsi (kata sambung). Sehingga dapat disimpulkan bahwa kata for dapat digunakan untuk dua klausa menjadi satu kalimat yang kohesif dan utuh.

Selanjutnya, selain memiliki dua peran. Kata for dalam bahasa Inggris juga memiliki dua arti atau fungsi. Fungsi pertama, yakni sebagai penunjuk kegunaan atau tujuan. Fungsi berikutnya yaitu sebagai diberikan kepada siapa atau suatu hal yang seharusnya diterima.

4. Penggunaan kata for

Setelah mengetahui penjelasan dari kata for dalam bahasa Inggris, berikutnya merupakan contoh penggunaan dari kata for. Contoh penggunaan kata for berdasarkan perannya : I will give my best for your happiness (saya akan memberikan yang terbaik untuk kebahagiaan kamu). Contoh tersebut merupakan peran for untuk mengindikasikan tujuan.

Baca Juga: PENGGUNAAN BEFORE DAN AFTER DALAM TENSES

Berikutnya contoh penggunaan kata for berdasarkan dari fungsinya : you can’t sit on take this spot is for girls only (kamu tidak bisa mengambil spot ini, karena ini hanya untuk perempuan). Contoh tersebut mengindikasikan penggunaan kata for sebagai fungsi sesuatu yang diberikan kepada siapa atu suatu hal yang seharusnya diterima seseorang.

Penggunaan kata to dan for dalam bahasa Inggris memiliki perbedaan cukup signifikan. Namun, secara sederhana perbedaan kedua kata ini yaitu, untuk kata to mengindikasikan pergerakan dari seseorang atau sesuatu yang berasal dari satu orang ke orang lain atau tempat ke tempat lain. Sedangkan kata for mengindikasikan tujuan, keinginan, aktivitas, objektif.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Contoh Kalimat Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Kalimat pengandaian dalam bahasa Inggris atau disebut sebagai conditional sentence merupakan salah satu bentuk ungkapan dalam bahasa Inggris yang digunakan untuk menanyakan sesuatu yang diharapkan atau diandaikan. Bentuk kalimat ini juga dapat digunakan untuk...

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Cara Mudah Mempelajari Grammar

Mempelajari grammar mungkin adalah sesuatu yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun, tahukah kamu bahwa ada cara mudah mempelajari grammar yang bisa kamu ikuti. Dengan mengikuti cara tersebut, maka pengalaman belajar grammar akan lebih mudah. Fakta bahwa...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH