perbedaan grammar dan tenses

Perbedaan Grammar dan Tenses

Ketika kamu mulai belajar bahasa Inggris, maka kamu akan mulai mengenal grammar dan tenses. Meski sering dianggap sama, nyatanya ada perbedaan grammar dan tenses yang bisa terlihat.

Banyak orang keliru dan beranggapan bahwa keduanya adalah hal yang sama. Jadi, tak perlu bingung harus mempelaajri yang mana. Padahal, ternyata keduanya ini memiliki perbedaan yang cukup mendasar.

Apa Saja Perbedaan Grammar dan Tenses?

Grammar merupakan tata bahasa yang di dalamnya terdiri dari materi yang membentuk kata dan kalimat. Dalam grammar, kamu akan mempelajari mengenai keseluruhan tata bahasa yang dikenal dalam ejaan bahasa Inggris.

Nah di dalamnya, kamu juga akan mempelajari mengenai vocabulary, part of speech, alphabet, tenses dan banyak lainnya. Dari sini, kamu bisa menyimpulkan bahwa grammar memiliki cakupan yang lebih luas. Tenses sendiri termasuk ke dalam materi grammar ini.

Sedangkan, tenses adalah arti waktu atau masa. Secara sederhana, tenses adalah suatu pola atau struktur yang membentuk kalimat. Tenses ini tersusun berdasarkan waktu terjadinya peristiwa.

Baca Juga:
Cara Menghafal Tenses dengan Mudah

Di tenses, hal penting yang perlu kamu perhatikan adalah kata kerja atau verb. Verb seringkali berubah dalam tenses berdasarkan waktu terjadinya peristiwa tersebut. Contohnya, verb 1 adalah bentuk kata kerja yang digunakan untuk menunjukan suatu kejadian yang berlangsung di masa sekarang.

Sementara itu, verb 2 biasanya digunakan untuk menunjukan suatu kejadian yang berlangsung di masa lalu atau lampau. Sedangkan, verb 3 digunakan untuk menunjukan suatu kejadian yang sudah dimulai di masa lalu, namun masih berlanjut hingga sekarang. Ada pula verb+ing yang merupakan kata kerja yang sedang terjadi di masa kini.

Jika kamu kesulitan untuk memahami semuanya, maka kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris untuk mendapatkan materi lengkap seputar tenses, grammar dan aspek lainnya.

Baca Juga:
Tenses Yang Sering Digunakan Dalam Percakapan

Tips Mudah Belajar Materi Bahasa Inggris

Kunci untuk mempelajari grammar dan tenses adalah memahami pondasi dasar materi ini terlebih dahulu. Kamu bisa memulai dengan menghafal kosakata bahasa Inggris, serta to be apa saja yang digunakan.

Tips selanjutnya adalah memahami struktur atau formula yang ada di dalam tenses. Memahami penggunaan 16 tenses adalah bentuk belajar grammar yang bisa kamu lakukan. Penting untuk mempelajari dan menguasai semua rumus tenses karena ini akan membantu kamu menyusun kalimat yang sesuai tata bahasa.

Kemudian, untuk memperkaya grammar dan tenses yang telah kamu ketahui, kamu bisa mulai mencari dan membaca buku atau artikel berbahasa Inggris. Artikel dan buku tentu memiliki kalimat yang benar dan baku, sehingga kamu akan terbiasa dengan grammar yang terstruktur dengan baik.

Tambah dan perbanyak bahan bacaan agar kamu bisa lebih mengerti mengenai grammar dan tenses. Ini juga akan membantu kamu mencapai hasil belajar yang maksimal.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi