tenses yang sering digunakan dalam percakapan

Tenses yang Sering Digunakan dalam Percakapan

Jika kamu ingin meningkatkan bahasa Inggris, kamu harus menguasai dasarnya terlebih dahulu. Salah satu materi dasar dalam bahasa Inggris adalan tenses. Ada banyak tenses bahasa Inggris yang ada, namun hanya beberapa tenses yang sering digunakan dalam percakapan.

Jika kamu sudah memahami beberapa tenses yang sering umum ini, kamu akan berbicara bahasa Inggris dengan lebih nyaman dan percaya diri.

Tenses yang Selalu Digunakan dalam Percakapan

Mampu menggunakan tenses bahasa Inggris yang paling umum dengan percaya diri ini akan mencakup sebagian besar hal yang perlu kamu katakan dalam percakapan bahasa Inggris sehari-hari.

Buku teks bahasa Inggris yang membosankan membuat seolah-olah bahasa Inggris adalah kombinasi rumit dari subjek, kata kerja, objek, predikat dan klausa bawahan. Padahal, dengan cara yang tepat, kamu dapat memahami berbagai tenses yang sering digunakan.

Kursus bahasa Inggris di ICAN English dapat membantu kamu memahami berbagai materi dasar, khususnya tenses. Kamu juga bisa berkomunikasi dengan tutor berpengalaman sebagai bagian dari pembelajaran.

Baca Juga: CARA PERKENALAN DIRI DALAM BAHASA INGGRIS

Nah, apa saja sebenarnya tenses yang sering digunakan dalam percakapan?

1. Simple Present

Tenses ini biasanya merujuk pada peristiwa, tindakan dan kondisi yang terjadi sepanjang waktu atau yang ada sekarang. Contohnya:

  • I swim everyday
  • I play badminton

Dalam tenses ini, ada beberapa turunan lainnya yang harus kamu ketahui, seperti misalnya:

  • Present Continous: untuk tindakan yang terjadi sekarang atau untuk tindakan yang belum selesai atau juga ketika tindakan bersifat sementara. Contohnya: he is speaking to my father at the moment.
  • Present Perfect: Untuk sesuatu yang kamu mulai di masa lalu dan telah berlanjut hingga saat ini, contohnya: I have spoken to my mom many times.
  • Present Perfect Continuous: untuk menunjukkan bahwa sesuatu kamu mulai di masa lalu dan masih berlanjut pada saat ini, contohnya: I have been running since I was 9 years old.

2. Past Tense

Tenses yang satu ini biasanya untuk menggambarkan suatu peristiwa atau tindakan yang terjadi di masa lampau. Contohnya:

  • Yesterday, I swam 10 laps
  • Last night, I cooked fried chicken

Dalam past tense, ada beberapa tenses lainnya yang juga sering digunakan dalam percakapan sehari-hari, misalnya:

  • Past Continous: Untuk melanjutkan tindakan atau peristiwa dalam waktu yang dimulai di masa lalu. Ini juga dapat menggambarkan tindakan yang belum selesai yang terganggu oleh peristiwa atau tindakan lain. Contohnya: I was speaking with Dave last night when Christie arrived.
  • Past Perfect Continuous: Digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu tindakan dimulai di masa lalu dan berlanjut hingga waktu lain di masa lalu. Contohnya I had been swimming for many years before Jonathan picked up the sport.

3. Simple Future

Tense ini biasanya untuk menggambarkan hal-hal yang belum terjadi pada saat ini tetapi kemungkinan akan terjadi di masa depan. Contohnya:

  • You will see her again next week

Ada juga beberapa tenses lain dalam Future, misalnya:

  • Future Continuous: Untuk tindakan atau peristiwa yang belum selesai yang akan terjadi di masa depan dan berlanjut untuk jangka waktu ke depan. Contohnya: By December next year, I will be swimming like a fish.
  • Future Perfect :Untuk tindakan yang akan diselesaikan antara sekarang dan beberapa titik di masa depan, contohnya By noon today, I will have been swimming for 2 hours.

Gunakan tenses yang benar untuk mengutarakan apa yang ingin kamu ucapkan. Kesalahan tenses bisa membuat lawan bicara salah menangkap maksud yang kamu sampaikan.

Baca Juga: BACAAN SINGKAT BAHASA INGGRIS UNTUK PEMULA

Tips Melakukan Percakapan Bahasa Inggris

Masalah umum yang biasanya muncul dalam percakapan adalah berbicara adalah terlalu cepat. Hal ini dapat membuat lawan bicara bingung dan berakhir dengan miskomunikasi. Daripada berbicara dengan cepat, bicaralah pelan-pelan dan pertahankan apa yang kamu katakan tetap sederhana.

Kebanyakan orang akan merasa malu ketika berbicara bahasa Inggris. Bertindaklah seolah-olah kamu percaya diri dalam berbicara bahasa Inggris. Lama kelamaan, ini akan membentuk sikap kamu menjadi benar-benar percaya diri.

Dalam berkomunikasi bahasa Inggris, kamu tidak perlu takut melakukan kesalahan. Berbicaralah dengan bahasa Inggris sesering mungkin. Lakukan perbincangan ringan dengan orang-orang di sekitar kamu untuk membiasakan diri.

Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web
Website