perbedaan grammar dan vocab

Perbedaan Grammar dan Vocab

Perbedaan grammar dan vocab mungkin adalah pertanyaan besar bagi kamu yang sedang belajar bahasa inggris saat ini. Keduanya merupakan materi bahasa inggris yang sangat berbeda satu sama lain.

Vocab atau vocabulary jika diartikan dalam Bahasa Indonesia yaitu kosakata bahasa inggris. Sementara grammar yaitu tata bahasa.

Grammar dan vocab sangat berbeda tetapi punya peran penting dalam bahasa inggris. Jika kamu punya keinginan untuk menguasai bahasa inggris agar mampu berbicara lancar, maka kamu harus memulai pembelajaran vocab terlebih dahulu melalui latihan daily conversation atau percakapan sehari-hari.

Akan tetapi, jika kamu ingin belajar bahasa inggris guna meningkatkan kemampuan menjawab soal TOEFL atau IELTS, maka kamu harus belajar lebih tentang grammar.

Baca Juga:
Cara Meningkatkan Vocab Bahasa Inggris

Perbedaan Grammar dan Vocab Berdasarkan Fungsi

Agar kamu tahu perbedaan grammar dan vocab, maka kamu bisa melihat fungsinya. Berikut adalah fungsi dari penggunaan grammar:

  1. Grammar adalah bagian dalam bahasa inggris yang berfungsi mengatur tatanan bahasa.
  2. Grammar sangat penting digunakan apabila kamu ingin belajar menjadi seorang penulis.
  3. Dengan menguasai grammar, maka kamu bisa mengerjakan soal TOEFL atau IELTS lebih mudah.

Sedangkan fungsi vocab adalah berikut:

  1. Semakin banyak kosakata atau vocab yang kamu kuasai, maka seharusnya semakin mahir dalam berbahasa inggris, terutama skill speaking.
  2. Mempelajari vocab sangat tepat jika kamu tidak ingin fokus dengan materi grammar terlebih dahulu.
  3. Fungsi vocab sangat penting terutama jika ingin menguasai berbagai macam idiom dalam bahasa inggris.

Sekarang, kamu jadi lebih tahu tentang apa saja perbedaan kedua materi ini jika melihat fungsinya. Keduanya sangat penting untuk dipelajari, bahkan bisa kamu pelajari dalam waktu bersamaan. Misalnya, ketika belajar percakapan sehari-hari dalam tenses berbeda.

Baca Juga:
Tips Belajar Kosakata Bahasa Inggris

Cara Meningkatkan Kemampuan Vocab dan Grammar

Setelah mengenal apa saja perbedaan vocab dan grammar, hal berikutnya yang wajib kamu tahu yaitu bagaimana meningkatkan kemampuan dua materi ini. Berikut adalah beberapa cara membantu agar kamu bisa menguasai vocab:

  1. Rajin baca meningkatkan kemampuan kosakata karena kamu akan menemukan berbagai vocabulary baru.
  2. Gunakan kamus untuk cari vocabulary baru, kemudian cari sinonim dan antonimnya.
  3. Latihan dengan belajar satu kata tiap harinya melalui praktek.
  4. Mulai berbicara untuk mendengar kosakata baru, berbicara spontan, mencari kata yang belum kamu tahu bagaimana mengungkapkan kata tersebut.

Sedangkan untuk menguasai grammar lebih cepat, kamu bisa mencoba tips berikut:

  1. Belajar 16 tenses secara bertahap, mulai dari bentuk paling dasar seperti simple present, simple past, dan lainnya.
  2. Pelajari part of speech mulai dari pronouns, noun, verb, adjective, adverb, determiner, preposition, serta conjunction.

Ada beberapa cara agar kamu bisa belajar vocab dan grammar dalam waktu yang sama. Contoh, ketika kamu belajar membaca dari bacaan komik, novel, atau lainnya yang menyenangkan. Selain itu, juga bisa belajar dari nonton film dengan subtitle bahasa inggris. Dari cara-cara tersebut, kamu bisa mencatat frasa, atau kalimat yang bisa kamu praktekkan sehari-hari agar meningkatkan vocab dan grammar.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web