Perbedaan Have dan Had dan Aturan Penggunaannya

Perbedaan Have dan Had dan Aturan Penggunaannya

Perbedaan antara Have dan Had terletak pada tenses penggunaannya. Namun, sebelum membahas perbedaan has dan had, keduanya merupakan dua kata kerja bantu dalam bahasa Inggris. Kedua kata tersebut juga memiliki kegunaan berbeda.

Fakta utama tentang has dan had adalah keduanya merupakan bentuk kata kerja ‘to have’ yang berbeda. Have adalah bentuk sekarang, sedangkan had adalah bentuk lampau. Sebagai kata kerja bantu, have digunakan dalam present perfect tense. Kata kerja bantu had digunakan dalam kasus past perfect tense. Inilah perbedaan utama antara dua kata kerja bantu, yaitu has dan had.

Pembahasan Have dan Had

Berikut adalah pembahasan tentang perbedaan antara Have dan Had. Gunakan panduan berikut untuk meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris:

Penggunaan Have

Kata kerja have adalah bentuk waktu sekarang dari kata kerja ‘to have’, berikut adalah contoh yang bisa kamu pelajari:

  • They have a dog.
  • You have two cats.

Dalam semua kalimat di atas, ‘have’ digunakan sebagai kata kerja. Namun perlu diperhatikan bahwa ‘have’ hanya digunakan dengan kata benda atau kata ganti jamak. Perhatikan dua kalimat di bawah ini.

  • I have to meet you.
  • You have sent us a letter yesterday.

Di kedua kalimat tersebut, kata kerja bantu ‘have’ digunakan dalam present perfect tense. Selain itu, digunakan dengan orang pertama (I) atau dengan orang kedua (You). Penting untuk diketahui bahwa kata kerja bantu have tidak dapat digunakan dengan orang ketiga (She, he, it). Orang ketiga digunakan dengan kata kerja has.

Kata kerja ‘have’ juga digunakan dalam pembentukan pertanyaan seperti ‘Have you been to Fiji before?’ Dalam kalimat ini, kata kerja have digunakan dalam pembentukan pertanyaan.

Baca juga:
Penggunaan Have Has Had

Penggunaan Had

Kata kerja had adalah bentuk lampau dari kata kerja ‘to have, perhatikan contoh berikut.

  • She had a dog.
  • I had a car.
  • We had a big house.

Kata kerja had digunakan dengan kata benda dan kata ganti tunggal dan jamak. Selain itu, kata kerja bantu had digunakan dalam kasus orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga past perfect tense, berikut contohnya:

  • I had seen a bad incident the night before.
  • You had painted the house.
  • She had met us here.

Dalam ketiga kalimat tersebut, kamu dapat menemukan bahwa kata kerja bantu had digunakan dalam bentuk past perfect tense dari orang pertama, orang kedua, dan orang ketiga.

Had memiliki penggunaan yang aneh seperti dalam kalimat ‘had we been late they would have missed the bus’. Kalimat tersebut sebenarnya adalah kalimat menggunakan tenses kondisional.

Baca juga : Rumus Simple Past Future Dan Penggunaannya

Apa Perbedaan Had dan Have

Untuk mengetahui lebih jelas tentang perbedaan antara had dan have, berikut poin penting yang harus kamu ingat:

  • Have adalah bentuk sekarang dari kata kerja ‘to have’, sedangkan had adalah bentuk lampau.
  • Sebagai kata kerja bantu, have digunakan dalam present perfect tense.
  • Sebaliknya, kata kerja bantu had digunakan dalam bentuk past perfect tense.
  • Have hanya digunakan dengan kata benda dan kata ganti jamak.
  • Had digunakan dengan kata benda dan kata ganti tunggal dan jamak.

Sekarang, kamu sudah memahami penjelasan tentang kapan harus menggunakan had dan have. Cobalah untuk melatih pemahaman dari materi ini dengan membuat kalimat sendiri. Menulis 10 kalimat menggunakan had dan 10 kalimat menggunakan have per hari, dalam buku khusus akan membantu kamu lebih menguasainya.

Jika kemampuan berbahasa Inggris kamu dapat meningkat dengan cepat, manfaatkan tawaran kursus Bahasa Inggris di ICAN English. Kami memiliki banyak kelas untuk semua level, mulai dari beginner hingga advanced learners.

Setiap kelas dapat diikuti secara privat, berkelompok, online, dan offline, dengan sistem pembelajaran terstruktur. Terdapat pula tutor yang akan memberikan bimbingan dengan suportif untuk mempermudah pembelajaran!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi