Rumus Simple Past Future dan Penggunaannya

Rumus Simple Past Future dan Penggunaannya

Penggunaan rumus simple past future adalah rumus yang berbeda dari dua jenis tense, yaitu Simple Past dan Simple Future Tense. Dengan mempelajari kedua jenis tense ini, maka kamu bisa menggunakannya sesuai konteks.

Simple Past dan Simple Future tense memiliki banyak perbedaan dalam aturan penggunaannya. Gunakan panduan berikut agar kamu bisa berkomunikasi secara efektif dalam Bahasa Inggris.

Pembahasan Simple Past dan Simple Future

Ada beberapa bagian pembahasan yang membuat simple past dan simple future berbeda dan dapat dipahami perbedaannya. Berikut adalah penjelasan tentang rumus simple past future lengkap dengan struktur kalimat dan contohnya:

Definisi

Simple Past Tense digunakan untuk menyatakan tindakan atau peristiwa yang telah selesai yang terjadi pada titik tertentu di masa lalu. Bentuk lampau pada kata kerja beraturan dibentuk dengan menambahkan “-ed” pada bagian dasar kata kerjanya, sedangkan kata kerja tidak beraturan mempunyai bentuk lampau yang spesifik.

Simple future tense adalah tense yang digunakan untuk mewakili suatu tindakan yang terjadi di masa depan. Namun, tindakan tersebut dimulai dan berakhir di masa depan.

Rumus dan Struktur

Mempelajari struktur simple past tense dapat dibuat sederhana jika kamu menganalisis bagaimana tense tersebut digunakan dalam format interogatif positif, negatif, interogatif, dan negatif interogatif.

Simple Past Tense
Positive             Negative Interrogative Negative Interrogative
Subjek + Verb in the past form (base form of the verb + ed/d for regular verbs or past tense form of the irregular verbs)
Contoh:Desi sang very well.We had our lunch.
Subjek + Didn’t + Verb 1 (Base)





Contoh:Desi did not sing very well.We did not have our lunch.
Did + Subjek + Verb in the base form  




Contoh:Did Desi sing very well?Did we have our lunch?
Didn’t + Subjek + Verb in the base form




Contoh:Didn’t Desi sing very well?Didn’t we have our lunch?

Gunakan rumus dan struktur kalimat pada kedua tenses di atas untuk melatih pemahaman. Sehingga, kamu bisa lebih tahu kapan harus menggunakan simple past dan simple future dalam rutinitas sehari-hari.

Selanjutnya, lihat struktur dan rumus simple future tense berikut untuk cara kerja pola kalimat:

Subjek + Helping verb (will) + Verb 1 + kalimat lanjutan

Sekarang pelajari struktur simple future tense dan bagaimana perubahan struktur kalimatnya jika digunakan dalam format positif, negatif, interogatif, dan negatif interogatif.

Simple Future Tense
Positive             Negative Interrogative Negative Interrogative
Subjek + Helping verb (will) +  Verb 1 + Kalimat lanjutan



Contoh:We will meet you tomorrow.
Subjek + Will not/Won’t + Verb 1 + Kalimat lanjutan



Contoh:We won’t meet you tomorrow.
Will + Subjek + Verb 1 + Kalimat lanjutan



Contoh:Will we meet you tomorrow?
Will + Subjek + not + Verb 1 + Kalimat lanjutan(Atau)Won’t + Subjek + Verb 1 + Kalimat lanjutanContoh:Will we not meet you tomorrow?Won’t we meet you tomorrow?

Penggunaan kata kerja lain untuk mewakili simple future tense adalah bentuk kata kerja ‘to be’ dan ‘going to’.

(+) We are going to meet you tomorrow

(-) We are not going to meet you tomorrow

(?) Are we going to meet you tomorrow?

Baca juga :
Rumus Kalimat Future Tense Dan Aturan Penggunaannya

Kapan Harus Menggunakan Simple Past dan Simple Future

Bentuk simple past dalam bahasa Inggris digunakan untuk menggambarkan tindakan, peristiwa, atau keadaan yang telah terjadi, selesai, atau terjadi pada titik tertentu di masa lalu. Bentuk lampau memungkinkan kamu menyampaikan informasi tentang waktu dan urutan peristiwa.

Penguasaan simple past memungkinkan kamu menyampaikan tindakan, peristiwa, atau keadaan yang terjadi di masa lalu secara akurat. Hal ini penting untuk berbagi pengalaman pribadi, bercerita, atau mendiskusikan peristiwa sejarah.

Mempelajari simple future tense memungkinkan kamu untuk mengekspresikan dengan jelas tindakan atau peristiwa yang akan terjadi pada titik tertentu di masa depan, sehingga menambah ketepatan komunikasi.

Untuk belajar materi Bahasa Inggris penting lainnya, ICAN English menawarkan program kursus Bahasa Inggris dengan banyak pilihan kelas. Semua kelas yang tersedia dirancang untuk kebutuhan personal siswa. Kamu bisa menghubungi tim kami jika ingin tahu lebih banyak tentang tawaran belajar bersama tutor berpengalaman.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.