Perbedaan Should dan Must dalam Bahasa Inggris

Perbedaan Should dan Must dalam Bahasa Inggris

Masih banyak pemula dalam bahasa Inggris yang kesulitan mengenali perbedaan should dan must dalam kalimat. Sehingga, salah satu kesalahan yang sering dilakukan adalah sering terbalik dalam penggunaan keduanya. Kesalahan ini sangat fatal karena dapat merubah makna yang ingin disampaikan.

Should digunakan untuk suatu tindakan, tugas, maupun tanggung jawab yang dianggap tepat oleh subjek. Should juga digunakan sebagai auxiliary verb, seperti contoh:

You should have solved this problem.

Must dapat digunakan untuk tindakan, tanggung jawab, maupun tugas yang menjadi sebuah keharusan, atau keperluan. Must merupakan auxiliary verb, seperti contoh:

Susan must submit her application by tomorrow.

Pembahasan Should dan Must

Untuk mempermudah mengidentifikasi perbedaan should dan must, berikut adalah panduan lengkap:

Perbedaan

Salah satu cara paling mudah ketika menggunakan should dan must adalah untuk memahami makna kalimat. Jika kamu ingin berbicara suatu tindakan yang diperlukan atau diwajibkan, maka harus menggunakan kata “must” dalam kalimat, seperti contoh:

You must obey the traffic rules for your safety.

Dalam contoh kalimat tersebut, “must” digunakan untuk memberikan tekanan kuat dalam kalimat, untuk memberikan perintah. Sedangkan kata “should” digunakan ketika kamu merasa tindakan atau tanggung jawab atau tugas apapun adalah cara terbaik dalam suatu kondisi tertentu, seperti contoh:

Your should see the doctor to get a professional help.

Dalam contoh kalimat tersebut, “should” digunakan ketika Si pembicara merasa itu adalah langkah terbaik bagi bagi seseorang tersebut untuk segera bertemu dokter. Dengan pemahaman inilah, maka kamu bisa menggunakan kedua kata tersebut sesuai konteks yang tepat.

Baca juga:
Perbedaan Penggunaan In Order To Dan So That

Contoh Should dan Must

Untuk mengetahui lebih dalam tentang “should” dan “must” dalam kalimat bahasa Inggris, kamu bisa memperhatikan beberapa contoh berikut:

  • Susan should take the umbrella to office as the sky seems will rain.
  • You should eat more vegetables for your health.
  • We should come on time to avoid missing our train.
  • Dani should study harder to pass the exam.
  • The doctor must help the injured man.
  • You must wear your seatbelt.

Kapan Harus Menggunakan Should atau Must

Sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan should dan must. Keduanya merupakan modal verb dalam bahasa Inggris, tetapi digunakan untuk tingkat kebutuhan, kewajiban, dan rekomendasi yang berbeda.

Jika kamu ingin mengekspresikan nasihat, rekomendasi, maupun kewajiban yang tidak harus dilakukan, maka gunakan “should”. Sehingga, penerima nasihat atau rekomendasi memiliki fleksibilitas untuk mempertimbangkan saran tersebut.

Sebaliknya, jika kamu ingin mengekspresikan kebutuhan yang sangat kuat, menunjukkan suatu syarat atau keharusan, kamu harus menggunakan “must”. Hal tersebut mengindikasikan sesuatu yang sifatnya perintah, atau kewajiban. Sehingga tidak memberikan pilihan untuk menolak bagi lawan bicara.

Jika kamu kesulitan belajar bahasa Inggris dan merasa kurang percaya diri karena belajar secara otodidak, cobalah ikut belajar di ICAN English. Selama berada di kelas kursus bahasa Inggris kami, kamu akan berada di lingkungan yang positif, kelas intensif dan interaktif untuk berkomunikasi dengan tutor. Sehingga peningkatan kamu dalam berbahasa Inggris jauh lebih cepat daripada belajar sendiri.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.