Perbedaan Simple Present Dan Present Continuous

Perbedaan Simple Present Dan Present Continuous

Apakah kamu bingung mengenali perbedaan simple present dan present continuous dalam bahasa Inggris? Kedua jenis tenses tersebut merupakan salah satu materi penting. Kamu bisa menggunakan keduanya untuk konteks berbeda dalam bahasa Inggris.

Present simple tense digunakan untuk mengekspresikan tentang segala sesuatu yang terjadi secara rutin, membicarakan fakta yang selalu benar. Selain itu kamu juga dapat menggunakannya untuk menceritakan kebiasaan, rutinitas, dan kebenaran umum.

Sebaliknya, present continuous digunakan untuk berbagai hal yang sedang terjadi saat ini. Atau, apa saja yang akan terjadi di waktu dekat.

Pembahasan Simple Present Dan Present Continuous

Agar kamu dapat mengetahui perbedaan simple present dan present continuous, kamu bisa menggunakan panduan belajar berikut:

Simple Present

Simple present dibentuk dengan menggunakan verb dasar atau verb 1. Berikut adalah contoh penggunaan simple present dalam bahasa Inggris:

They study everyday 

Kalimat tersebut menunjukkan simple present, mengapa? Konteks kalimat tersebut yaitu membicarakan suatu kebiasaan , atau rutinitas, ditandai dengan adanya kata everyday yang artinya setiap hari.

Present Continuous

Present continuous dibuat menggunakan helping verb (to be) dan bentuk verb pertama + ing. Berikut adalah contoh penggunaan present continuous dalam kalimat bahasa Inggris:

They are studying right now.

Kalimat tersebut menunjukkan present continuous, mengapa? Konteks kalimat tersebut yaitu membicarakan suatu kegiatan yang saat ini sedang terjadi dan dilakukan oleh subjek. Kata right now maknanya adalah sekarang ini, yaitu sedang belajar.

Baca juga:
Mengenali Perbedaan Either Dan Neither

Aturan Penggunaan

Terdapat beberapa aturan yang harus kamu gunakan ketika membuat kalimat simple present dan present continuous. Pada kalimat simple present, hanya untuk kegiatan yang dilakukan berulang atau dilakukan rutin.

Gunakan present continuous tense untuk tindakan yang saat ini sedang terjadi, atau tindakan yang sudah direncanakan di waktu dekat, seperti contoh:

we are going to the concert tonight.

Present simple juga dengan kata kerja yang tidak memiliki bentuk sama seperti past continuous. Ada beberapa verb yang tidak bisa digunakan dalam bentuk continuous, seperti: Believe, want, like, prefer, understand. Contoh membentuk present simple adalah berikut: they want a new truck. Kalimat tersebut adalah bentuk present simple karena kata “want” sangat jarang digunakan dalam bentuk continuous.

Present simple juga dapat digunakan untuk membuat kalimat negatif, seperti contoh: we don’t like coffee. Atau juga dapat digunakan dalam bentuk kalimat tanya, seperti: “Do you like coffee?” dan untuk membuat  kalimat perintah, seperti: Close the door.

Baca Juga:
Simple Present Tense Formula dan Aturan Penggunaannya

Kesalahan Yang Paling Sering Dilakukan

Sekarang kamu sudah mengetahui perbedaan simple present dan present continuous. Keduanya digunakan dalam konteks waktu yang berbeda. Simple present menunjukkan aktivitas rutin, kebiasaan, dan juga kebenaran umum.

Sedangkan present continuous digunakan untuk menyatakan suatu kegiatan yang sedang dilakukan, dengan ditandai time signal right now. Atau present continuous juga digunakan untuk mengatur rencana dalam waktu dekat, seperti tonight dan tomorrow morning.

Ada beberapa kesalahan yang sering dilakukan pemula ketika menggunakan simple present dan present continuous. Jangan menggunakan present simple untuk hal-hal yang sedang terjadi saat ini atau yang akan terjadi dalam waktu dekat. Contoh, “we go to the concert tonight” adalah kalimat yang kurang tepat karena seharusnya menggunakan present continuous (we are going to the concert tonight).

Kamu juga sebaiknya tidak menggunakan present continuous untuk tindakan-tindakan yang berulang atau rutinitas. Contoh, kalimat “They are studying everyday” tidak tepat, karena seharusnya ditulis menggunakan present simple (they study everyday).

Untuk menghindari kesalahan dalam memahami simple present, present continuous, maupun jenis tenses lainnya, ada baiknya belajar dengan didampingi tutor. ICAN English memberikan akses belajar yang memudahkan kamu untuk mendapatkan bimbingan dari tutor berpengalaman. Kamu bisa memilih kelas di tempat kursus bahasa Inggris kami, sesuai level kemampuan berbahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.