Mengenali Perbedaan Either dan Neither

Mengenali Perbedaan Either dan Neither

Salah satu dari sekian banyak materi yang sulit dipahami pemula dalam belajar Bahasa Inggris adalah perbedaan either dan neither. Keduanya dapat digunakan dengan berbagai cara. Kamu bisa menggunakan either dan neither sebagai kata keterangan, kata sifat, penentu, kata ganti, atau konjungsi korelatif.

“Either” digunakan dalam kalimat yang sama dengan “or” untuk menunjukkan dua atau lebih kemungkinan atau pilihan. “Neither” digunakan dalam kalimat yang sama dengan “nor” untuk menunjukkan bahwa sesuatu tidak benar atau tidak terjadi pada dua orang atau lebih, tindakan, benda, ide, atau kualitas.

Penggunaan Either dan Neither dalam Bahasa Inggris

Untuk mengetahui perbedaan either dan neither, berikut adalah panduan belajar yang bisa kamu simak:

Perbedaan

Perbedaan utama antara kedua pasangan kata ini adalah either dan or digunakan dalam arti positif untuk menunjukkan pilihan atau tindakan yang akan diambil, misalnya, “I will eather eat or sleep.”

Neither dan nor digunakan dalam arti negatif untuk menunjukkan bahwa orang tersebut tidak akan memilih salah satu pilihan, misalnya, “I will go neither Malang nor Surabaya.”

Baca juga:
Macam Perbedaan At Dan On, Kamu Perlu Tahu!

Fungsi Penggunaan

Berikut adalah tabel penggunaan either dan neither dalam Bahasa Inggris:

FungsiNeitherEither
Menjadi adverb (menghubungkan kata)Susan doesn’t talk too much. “No, neither do I”.“I don’t like canned drinks.” “No, I don’t like them either”.
AdjectiveThere are hospitals on neither side of the building.  There are hospitals on either side of the building.
Determiner, untuk mengindikasikan sebuah pilihan antara dua kemungkinan.Neither of my brothers can come to my house.Either of my brothers can come to my house.
Pronoun (Neither/either) + of + noun phraseNeither of my brothers are good enough to fix this car.Either of my brothers are good enough to fix this car.
ConjunctionEither my sister or my brother will meet you. (antara dua pilihan yang salah satunya terjadi)Neither my sister nor my brother will meet you (untuk menyatakan dua kemungkinan yang tidak akan terjadi)

Baca Juga:
Contoh Kalimat Either Dan Neither

Tips Mengingat Either dan Neither

Sekarang, kamu sudah tahu bagaimana perbedaan either dan neither. Bila menggunakan either/or dan neither/nor, gunakan kata kerja tunggal pada kalimat jika kedua subjek (kata benda) berbentuk tunggal, misalnya: either my uncle or my aunt is coming.

“Is” adalah kata kerja tunggal dalam kalimat tersebut. Namun, jika salah satu subjeknya jamak, kamu harus menggunakan kata kerja jamak, misalnya: Either my uncle or my brothers are coming. “Are” adalah kata kerja jamak dalam kalimat tersebut.

Sama seperti English grammar lainnya, mempelajari perbedaan keduanya dan menggunakan sesuai aturan terkadang terasa sulit pada awalnya. Sangat penting untuk melatih grammar apapun yang baru kamu pelajari dalam bentuk komunikasi lisan maupun tertulis.

Proses belajar secara konsisten dapat kamu wujudkan dengan memilih belajar di ICAN English. Kursus Bahasa Inggris kami telah membantu banyak pembelajar bahasa dalam meningkatkan level kemampuannya. Kamu juga bisa belajar darimana saja dan kapan saja melalui program-program kelas online kami!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi Formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan tim ICAN English.