macam part of speech dalam bahasa inggris

Macam Part of Speech dalam Bahasa Inggris

Part of speech merupakan kelas kata-kata yang didasarkan pada fungsi kata yang berada dalam sebuah kalimat. Kelas kata tersebut dibagi menjadi beberapa kategori yang berbeda dengan fungsi yang juga berbeda satu sama lain. Jika kamu mengenal dalam bahasa Indonesia ketika hendak membuat kalimat, maka perlu memilih kata yang sesuai agar bisa tersampaikan maksudnya.

Konsep tersebut tidak jauh berbeda dengan bahasa inggris. Ketika kamu hendak membuat kalimat dalam bahasa inggris. Maka kamu harus bisa memilih kata yang hendak digunakan dengan memperhatikan fungsi atau peran dari kelas kata tersebut. Sehingga, sangat penting untuk mempelajari kelas kata dalam bahasa inggris.

Mengenal Part of Speech

Parts of Speech dapat didefinisikan sebagai kata-kata yang melakukan peran berbeda dalam sebuah kalimat.

Parts of Speech adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan kelompok kata tradisional dalam bahasa Inggris yang bervariasi sesuai dengan fungsi yang dilakukan atau gagasan yang dilambangkan oleh kata-kata tersebut dalam sebuah kalimat. Part of Speech dalam Bahasa Inggris ada 8 yaitu Nouns, Pronouns, Verb, Adjectives, Adverbs, Prepositions, Conjunctions, dan Interjections.

Daftar Part Of Speech Dalam Bahasa Inggris

Ketika kamu hendak belajar bahasa inggris, maka kamu akan bertemu dengan materi part of speech atau kelas kata. Kelas kata dalam bahasa inggris terdiri dari berbagai macam dengan fungsi dan penggunaan yang berbeda-beda. Berikut, merupakan macam-macam kelas kata dalam bahasa inggris yang wajib kamu ketahui dan kuasai.

Noun (Kata Benda)

Bentuk kelas kata dalam bahasa inggris yang pertama yakni noun atau kata benda. Noun dalam bahasa inggris digunakan untuk nama orang, benda, hewan, tempat, konsep atau ide. Selain itu, noun juga bisa dibagi kedalam tiga jenis berbeda. Jenis-jenis tersebut diantaranya countable noun, uncountable noun, common, concrete, proper, abstract, dan collective noun.

Countable noun merupakan noun yang bisa dihitung contohnya, manusia dan hewan. Sedangkan uncountable noun merupakan noun yang tidak bisa dihitung seperti love, hate. Berikutnya, common atau sesuatu yang umum, proper atau sesuatu yang spesifik, concrete atau sesuatu yang berwujud nyata, abstract atau menyatakan ide, dan collective untuk menunjukan kelompok.

Verb (Kata Kerja)

Berikutnya kelas kata dalam bahasa inggris yang satu mungkin sudah tida asing lagi yakni, verb atau kata kerja. Kelas kata ini digunakan untuk menunjukan tindakan atau keadaan. Verb dibagi kedalam beberapa jenis diantannya action verb (transitive), action verb (intransitive), dan linking verb.

Action verb (transitive) digunakan untuk menunjukan tindakan atau kepemilikan yang dilanjutkan dengan direct object, contohnya have dan give. Action verb (intransitive) digunakan untuk menunjukan tindakan yang tidak diikuti oleh direct object, contohnya, arrive dan wait. Terakhir, linking verb digunakan untuk menghubungkan subjek dengan sekripsinya, cohntoh be dan taste.

Adjective (Kata Sifat)

Bentuk part of speech selanjutnya yani, adjective atau kata sifat. Adapun, adjective dalam bahasa inggris digunakan sebagai kata keterangan yang ditunjukan untuk noun (kata benda) atau bisa juga menjadi keterangan dari pronoun (kata ganti). Contoh dari kata sifat yakni petty, handsome, old, sad, tall, long, dan sebagainya.

Adverb (Kata Keterangan)

Selanjutnya, ada adverb atau kata keterangan. Adverb berfungsi untuk memberikan keterangan tambahan pada verb, adverb, adjective, atau adverb itu sendiri. Ada bebrapa jenis adverb, diantaranya adverb of manner, degree, place, frequency, time.

Baca Juga:
Mengenal Dependent Clause Dalam Bahasa Inggris

Pronoun (Kata Ganti)

Bentuk part of speech berikutnya yakni pronoun atau kata ganti. Pronoun merupakan kelas kata yang digunakan untuk menggantikan noun. Ada 8 jenis pronoun diantaranya personal, interrogative, demonstrative, indefinite, possessive, relative, reciprocal, reflexive, serta intensive pronoun. Personal pronoun untuk I, we, she, he, it. Demonstrative untuk this, that, these, those.

Interrogative untuk which, who, whom, what, whose. Indefinite untuk nothing, anywhere, someone, everybody. Possessive untuk mine, yours, his, hers. Reciprocal untuk each other, one another. Relative untuk who, which, whom, whose. Reflexive untuk myself, yourself, themselves, ourselves. Terakhir, intensive untuk herself, himself, ourselves, themselves.

Preposition (Kata Depan)

Bentuk part of speech selanjutnya yakni preposition atau kata depan. Fungsi dari kelas kata ini yaitu sebagai penunjuk hubungan antara noun dan kata-kata lainnya dalam sebuah kalimat bahasa inggris. contoh dari preposition diantaranya in, on, at, through, dan sebagainya.

Conjunction (Kata Penghubung)

Selanjutnya, yakni kelas kata conjunction yang digunakan untuk menghubungkan dua kata, frasa, klausa, juga kalimat. Terdapat tiga jenis conjunction diantaranya coordinating conjunction, subordinating conjunction, dan correlative conjunction.

Baca Juga:
Independent Clause: Definisi, Contoh dan Penggunaan

Interjection (Kata Seru)

Kelas kata dalam bahasa inggris yang terakhir yaitu, interjection atau kata seru yang biasanya digunakan untuk mengungkapkan emosi. Adapun, contoh kata-kata yang berupa interjection diantaranya oops, whoa, oh no!, dan kata lain yang memiliki makna untuk menunjukan emosi.

Penutup

Dalam belajar bahasa Inggris, tentu ada banyak aspek dan materi yang perlu kamu pahami dengan baik. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris bisa membantu kamu mempelajair banyak materi dalam bahasa Inggris. ICAN English menjadi salah satu kursus yang bisa kamu pilih dan telah hadir di berbagai kota.

Part of speech akan selalu kamu gunakan dalam pembuatan kalimat dalam bahasa inggris. sehingga, untuk kamu yang tengah belajar bahasa inggris sangat pentik untuk menguasai materi ini. penjelasan di atas bisa kamu jadikan sebagai gambaran tentang penjelasan dan konsep dari kelas kata dalam bahasa inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi