Mengetahui Perbedaan When dan While dalam Bahasa Inggris

Mengetahui Perbedaan When dan While dalam Bahasa Inggris

Perbedaan when dan while terkadang membuat para pemula merasa bingung dalam belajar bahasa Inggris. Tidak jarang penggunaan dari keduanya membuat kita salah memposisikan kata dalam penggunaan kalimat bahasa Inggris. Sebenarnya dua kata tersebut memiliki arti yang tidak jauh berbeda dengan tujuan untuk menjelaskan konteks “kapan”.

Tetapi kata sambung tersebut ternyata memiliki kegunaan yang sangat berbeda. Jika kamu masih merasa kesulitan untuk memahami perbedaan antara when dan while ada baiknya jika belajar pada tutor profesional di lembaga kursus bahasa Inggris. Untuk penjelasan sederhana, berikut ini ada informasi cara membedakan penggunaan when dan while dalam bahasa Inggris.

Apa itu Kata Penghubung When dan While?

Jadi kata penghubung when dan while dalam bahasa Inggris sebenarnya sangat umum digunakan bahkan biasanya digunakan dalam berkomunikasi baik secara lisan maupun tertulis. Dua kata tersebut ternyata memiliki konteks dasar untuk penjabaran mengenai waktu. Tapi dalam aplikasinya, tentu saja keduanya memiliki konteks yang berbeda.

Kata penghubung “when” memiliki arti untuk menunjukkan suatu waktu tertentu dengan urutan kronologis yang tidak disrupsi oleh tindakan atau kejadian lainnya. Jadi kata when mengajak pada satu titik spesifik di sebuah kejadian maupun aksi yang terjadi,  dapat digunakan untuk masa lalu, masa kini, maupun masa depan.

Sedangkan untuk “while”, dapat digunakan untuk bisa mendeskripsikan sebuah peristiwa maupun tindakan yang terjadi pada waktu bersamaan dengan periode ataupun rentang waktu tertentu. Kata “while”  lebih menekankan pada durasi dari sebuah kejadian. 

Perbedaan Penggunaan dan Struktur Kalimat When dan While

Ada perbedaan yang cukup terlihat jelas antara penggunaan when dan while dalam kalimat bahasa Inggris. Perbedaan tersebut bisa kamu temukan dengan mudah  melalui penjelasan berikut:

7 Penggunaan dan Struktur When

Jadi kata hubung when biasanya memiliki posisi yang cukup fleksibel, di mana kamu bisa menempatkan kata tersebut tidak hanya di awal kalimat. Menggunakan kata when juga bisa diletakkan di depan kalimat dan kalimat berikutnya akan dipisahkan dengan tanda koma. Misalnya seperti berikut:

  • I usually drink coffee when I wake up in the morning. (Aku biasanya minum kopi ketika aku bangun di pagi hari)
  • When it rains, I prefer to stay indoors and read a book. ( Saat hujan, aku lebih memilih untuk tetap di dalam rumah dan membaca buku)

Jadi penggunaan when tetap dapat digunakan di bagian  depan ataupun tengah sesuai dengan pernyataan kalimat yang dibuat. Sedangkan struktur kalimat kata hubung “when” dapat menjelaskan beberapa hal, seperti berikut:

1. Digunakan Menjelaskan Peristiwa atau Tindakan

Kata when dapat digunakan untuk bisa menjelaskan sebuah peristiwa maupun tindakan yang akan dimulai atau sudah selesai, sebelum terjadi peristiwa atau tindakan yang lainnya.  Misalnya seperti:

When I met her. She already teach in here for 5 years. (Ketika aku bertemu dengan dia, tapi dia sudah mengajar selama 5 tahun di sini).

Baca juga:
Memahami Apa Perbedaan Antara Has Dan Had

2. Digunakan untuk Menjelaskan Peristiwa yang Akan Terjadi

Selanjutnya kata when juga dapat digunakan untuk menjelaskan hasil dari sebuah peristiwa yang mungkin akan terjadi di masa mendatang. Contohnya seperti berikut:

When you falling in love with her, you will stay. ( Ketika kamu jatuh cinta dengan dia, kamu akan tetap tinggal).

3. Digunakan untuk Menjelaskan Peristiwa yang Terjadi Disrupsi dengan Peristiwa Lainnya

When dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan sebuah peristiwa yang terjadi dengan adanya disrupsi dari peristiwa lainnya. Untuk menjelaskan struktur yang satu ini berikut contoh yang dapat diberikan:

I slipped and fell when I was running to catch the bus, causing me to miss it. (Aku terpeleset dan terjatuh saat berlari mengejar bus sehingga menyebabkan saya ketinggalan.)

4. Digunakan untuk Menjelaskan Peristiwa Setelah Peristiwa Lainnya Berakhir.

Untuk penggunaan kata when, dapat juga digunakan dalam menjelaskan peristiwa terjadi setelah peristiwa lainnya sudah berakhir. Contohnya seperti “ When the rain stopped, we went outside to enjoy the fresh air”. (Saat hujan reda, kami keluar untuk menikmati udara segar.)

5.Digunakan untuk Menjelaskan Dua Peristiwa yang Terjadi Bersamaan

Menggunakan kata when, juga dapat dimanfaatkan untuk menjelaskan tentang dua peristiwa yang mungkin terjadi dalam waktu yang bersamaan di masa akan datang. Contohnya, “ When the new shopping mall opens, the local businesses may experience increased competition, and the area could become busier.” (Ketika pusat perbelanjaan baru dibuka, bisnis lokal mungkin mengalami peningkatan persaingan, dan kawasan tersebut bisa menjadi lebih sibuk.)

6. Digunakan untuk Menjelaskan Peristiwa Masa Lampau

Kegunaan when juga dapat dimanfaatkan untuk mengekspresikan sebuah peristiwa di masa lampau yang telah berakhir dan berdampak, biasanya menggunakan konteks kalimat penyesalan. Contohnya seperti berikut “ When I lost my temper and said hurtful words, I realized how much damage it caused to our friendship” (Ketika saya kehilangan kesabaran dan mengucapkan kata-kata yang menyakitkan, saya menyadari betapa besar kerusakan yang diakibatkannya terhadap persahabatan kami.)

7. Digunakan untuk Menjelaskan Peristiwa di Waktu Spesifik pada Masa Lalu

Struktur kalimat when  juga dapat digunakan untuk menjelaskan adanya peristiwa yang terjadi di masa lalu secara spesifik ketika peristiwa lainnya sedang berlangsung. Contohnya seperti berikut “When I was cooking dinner last night, the power went out suddenly.” (Saat saya sedang memasak makan malam tadi malam, tiba-tiba listrik padam.)

Penggunaan dan Struktur While

Berbeda  dengan penggunaan when, dimana while biasanya akan diletakkan di tengah kalimat menggunakan konteks secara langsung pada sebuah peristiwa. Kerja akan diurutkan untuk keberlangsungan sebuah peristiwa. 

Jadi kata while biasanya dimanfaatkan untuk menjabarkan sebuah kalimat menggunakan konteks peristiwa yang sudah terjadi atau sedang terjadi dan akan berlangsung di suatu rentang waktu tertentu. Tidak hanya itu tetapi juga dimanfaatkan untuk menjelaskan sebuah peristiwa ataupun tindakan yang telah terjadi dalam waktu yang cukup lama.  Contohnya  seperti berikut:

  • I like to listen to music while I work to help me stay focused. (Saya suka mendengarkan musik sambil bekerja untuk membantu saya tetap fokus.)
  • My sister reads a book while she waits for the bus to arrive every morning. (Adikku membaca buku sambil menunggu bus tiba setiap pagi.)

Sedangkan untuk struktur penggunaan kata while bisa digunakan seperti berikut:

Digunakan untuk Dua Aksi pada Waktu yang Bersamaan

Penggunaan kata while dapat digunakan untuk menjelaskan dua arti yang terjadi dengan kurun waktu yang hampir sama. Contohnya seperti “ The children were playing in the yard while their parents were gardening nearby” (Anak-anak sedang bermain di halaman sementara orang tua mereka berkebun di dekatnya.)

Digunakan untuk Menjelaskan Peristiwa yang Terjadi, Ketika Peristiwa Lain Juga Terjadi

Kata while juga dapat digunakan untuk bisa menjelaskan sebuah peristiwa yang sedang terjadi ketika peristiwa lainnya juga terjadi. Biasanya peristiwa tersebut bisa mengganggu peristiwa pertama yang sedang terjadi.  Contohnya  seperti “The alarm clock went off while I was sleeping, startling me awake.” (Jam alarm berbunyi ketika saya sedang tidur, mengejutkan saya saat bangun.)

Cara Membedakan Penggunaan When dan While

Perbedaan when dan while sebenarnya sangat beragam. Jika persamaannya tentu kedua kata tersebut dapat kita letakkan di bagian kalimat mana saja, Kemudian keduanya juga dapat menjabarkan konteks dari sebuah peristiwa yang terganggu oleh peristiwa lainnya, dan keduanya memiliki memiliki hubungan dengan konteks waktu.

Terangkan perbedaannya untuk kata “when” akan menjelaskan sebuah peristiwa maupun tindakan yang terjadi dalam waktu singkat, sedangkan “while” dapat digunakan untuk menjelaskan peristiwa yang terjadi dalam waktu relatif lebih panjang.

Penutup

Jika ingin memahami lebih dalam tentang perbedaan when dan while, kamu bisa melihat berbagai macam jenis contoh dari kedua kata tersebut. Untuk lebih memudahkan memperdalam materi perbedaan antara when dan while kamu juga bisa mendaftar di lembaga kursus bahasa Inggris profesional seperti ICAN English.

Melalui lembaga kursus bahasa Inggris profesional akan mempermudahkan untuk mempelajari berbagai macam materi pembelajaran bahasa Inggris serta meningkatkan kemampuan bahasa asing tersebut. Kamu akan didampingi oleh tutor profesional yang menggunakan metode pembelajaran sesuai dengan kebutuhan.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA

Form Konsultasi

Lengkapi formulir berikut untuk memulai Konsultasi Gratis dengan Tim ICAN English.