percakapan bahasa inggris formal greeting

Percakapan Bahasa Inggris Formal Greeting

Percakapan bahasa Inggris formal untuk greeting biasanya digunakan untuk pertemuan secara resmi seperti di kantor, atau kondisi lainnya ketika kamu harus menyapa menggunakan konteks formal. Tujuan penggunaan sapaan formal adalah untuk memprioritaskan sopan santun sehingga tidak menggunakan bahasa gaul atau bahasa slang.

Bersama ICAN English, kamu bisa belajar bahasa Inggris tentang sapaan bahasa formal pada setiap konteks, keadaan maupun suasana resmi atau formal. Konteks bisa berbeda pada masing-masing orang bergantung dengan siapa kamu berbicara dan topik apa yang sedang dibahas.

Kapan Harus Greeting Dengan Bahasa Formal

Ada beberapa kondisi dimana kamu harus menggunakan percakapan bahasa Inggris formal untuk greeting, sebagaimana berikut:

1. Keperluan Bisnis

Percakapan bahasa Inggris yang formal dapat kamu gunakan untuk konteks bisnis detik dalam hal tersebut, suasana formal di mana kamu harus menunjukkan profesionalisme. Itulah mengapa selain tingkah laku, penggunaan bahasa yang kamu pilih juga sangat diperhatikan.

Hal tersebut berlaku ketika kamu ingin menyampaikan greeting atau sapaan, yaitu dalam kondisi formal greeting. Tujuannya adalah untuk menjaga supaya kamu bisa berkomunikasi secara sopan dengan rekan bisnis. Contohnya ketika kamu bertemu dengan client, melakukan presentasi pada perusahaan, dan lainnya.

Baca Juga:
Contoh Percakapan Greeting and Introduction

2. Pertemuan Pertama

Percakapan bahasa Inggris menggunakan bahasa formal adalah hal utama jika ini adalah pertemuan pertama, atau kamu tidak akrab dengan seseorang yang kamu temui tersebut. Rasanya akan aneh apabila baru pertama bertemu dan kamu langsung sok akrab dengan orang tersebut.

Itulah mengapa dalam pertemuan pertama akan selalu menggunakan formal greeting. Sehingga untuk mencegah rasa canggung ketika bertukar sapa. Cara paling aman untuk berkomunikasi dengan seseorang pada pertemuan pertama adalah menggunakan formal greeting.

3. Menyapa Orang Yang Lebih Tua Atau Lebih Dihormati

Kamu juga bisa menggunakan percakapan bahasa Inggris formal greeting ketika sedang berbicara dengan orang yang lebih tua. Bahkan bagi tradisi masyarakat Indonesia sendiri adalah untuk selalu menjunjung sopan santun ketika berbicara dengan orang yang lebih tua. Itulah mengapa formal greeting dapat kamu gunakan dalam kondisi tersebut.

Formal greeting juga dapat berfungsi untuk percakapan saat bertemu dengan orang yang kamu hormati. Kamu harus menjunjung sopan santun saat bertemu dengan orang yang kamu hormati seperti saat berbicara dengan guru.

Baca Juga:
Dialog Speaking Bahasa Inggris Sehari Hari

Contoh Kalimat Formal Greeting Percakapan Bahasa Inggris

sekarang kamu sudah mengetahui tentang bagaimana percakapan bahasa Inggris formal greeting dan kapan harus menggunakannya. Akan kurang lengkap apabila kamu tidak mempelajari langsung dari contoh percakapan Bahasa Inggris formal greeting, yaitu:

Contoh 1

Amanda: Good morning, My name is Amanda and you can call me Manda.

Ben: Good Morning Miss Amanda. My name is Ben. Nice to meet you, Miss Amanda. I am your new assistant.

Amanda: Nice to meet you, Ben. I hope you are happy to work with us. Today is our meeting with the new client, isn’t it?

Ben: Yes, Miss Amanda. We have a meeting with our new client at 9.30 in Jakarta.

Amanda: Does everything is ready?

Ben: Sure.

Dari contoh percakapan bahasa Inggris formal greeting di atas, menceritakan kondisi di sebuah kantor, percakapan antara Amanda dan Ben, sebagai pegawai baru di kantor tersebut. Mereka menggunakan bahasa Inggris dalam konteks bahasa formal karena sedang membicarakan kepentingan bisnis.

Baca Juga:
Percakapan Non Formal Bahasa Inggris

Agar tahu perbedaan antara formal greeting dan non-formal, kamu bisa melihat contoh berikut:

Contoh 2

Rahma: Hello, Maher. I’m so happy to see you again.

Maher: Hai, Rahma. How long has it been? It’s nice to see you here!

Rahma: Well, it’s about two months, I think. Everything’s good?

Maher: Sure! Come and sit. Let’s drink some coffee.

Rahma: Great! Thank you!

Maher: No problem

Dari percakapan antara Rahma dan Maher, merupakan percakapan non-formal, dimana percakapan terjadi menggunakan bahasa sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web