Percakapan non formal bahasa Inggris

Percakapan Non Formal Bahasa Inggris

Jan 17, 2022 | Bahasa Inggris

Percakapan non formal bahasa Inggris digunakan untuk berinteraksi sehari-hari. Bahasa dalam percakapan informal merupakan bahasa keseharian dengan pilihan kata maupun ungkapan yang umumnya berbeda dengan dokumen tertulis.

Percakapan nonformal juga merupakan cara komunikasi yang berbeda terutama dalam hal penggunaan bahasa jika dibandingkan dengan komunikasi lisan pada situasi profesional seperti saat presentasi atau rapat bisnis. Pilihan bahasa yang kamu gunakan cenderung santai, misalnya ketika sedang berbicara dengan teman atau keluarga.

Baca Juga: CONTOH SLANG BRITISH DAN ARTINYA

Elemen Penting Dalam Percakapan Non Formal Bahasa Inggris

Kali ini, ICAN English sebagai lembaga kursus bahasa Inggris akan membagikan informasi tentang apa saja bahasa non formal yang sering digunakan oleh native speaker ketika berbicara dalam kondisi non formal:

1. Slang

Selain merupakan kata, juga frasa informal dan sangat jarang muncul pada bahasa tertulis. Ada begitu banyak jenis slang tergantung kelompok, usia pengguna, dan profesi maupun wilayah. Misalnya kamu bisa belajar tentang Slank bahasa Inggris internet dengan cara lebih aktif menggunakan media sosial.

Bagi masyarakat Amerika, bahasa slang berbeda dengan masyarakat Inggris yang menyebutnya dengan Brit, sedangkan masyarakat Australia menyebut bahasa slang mereka dengan Aussie.

Beberapa contoh kata slang yaitu Dude (Bung), Buck (Dolar Amerika), dan Zonked (Sangat lelah).

2. Idiom

Ungkapan ganjil dalam gramatika tetapi mempunyai makna yang tidak bisa kamu terjemahkan dengan cara menggabungkan seluruh elemennya. Ungkapan yang muncul pada percakapan non formal tersebut dapat kamu gunakan untuk percakapan sehari-hari.

Ada beberapa contoh idiom yaitu “Take a rain check” untuk ungkapan menolak sesuatu secara halus tetapi bisa dijadwalkan ulang pada hari berikutnya, atau “Spill the beans” sebagai ungkapan kata untuk menyatakan sebuah informasi rahasia.

3. Phrasal Verb

Adalah frasa idiomatis dengan susunan kalimat dari kata kerja dan elemen lainnya. Sebagai salah satu elemen dari percakapan non formal bahasa Inggris, phrasal verb juga masih digunakan untuk percakapan formal walaupun sangat jarang.

Beberapa contoh phrasal verb adalah kata “find out” yang bermakna mengetahui, “run into” yang bermakna menabrak atau bertemu, dan “break up” yang artinya mengakhiri hubungan.

Selain seluruh elemen di atas, kamu juga bisa menggunakan elemen lainnya untuk percakapan non formal dengan menggunakan filler Word contraction, word-linking, sentence fragment, menambahkan preposisi untuk akhir kalimat, atau menggunakan double negatif.

Baca Juga: CONTOH PHRASAL VERB DAN ARTINYA

Kapan Harus Menggunakan Percakapan Non Formal?

Sekarang kamu sudah tahu beberapa contoh elemen yang kamu perlukan untuk percakapan non formal bahasa Inggris. Jika kamu berpikir bahwa menulis selalu menggunakan bahasa Inggris formal dan berbicara seringkali menggunakan bahasa Inggris non formal, maka hal tersebut tidak selalu benar.

Bahasa Inggris formal diperlukan ketika sedang melakukan presentasi maupun pidato akademis. Namun jika kamu ingin menulis pesan kepada teman ataupun keluarga kamu bisa menggunakan bahasa non formal

Apabila kamu tidak yakin harus menggunakan bahasa formal atau nonformal pada sebuah percakapan, tetapi kamu sedang berbicara dengan seseorang yang lebih tua, atau ketika seorang harus mengirim email pada seseorang yang belum kamu kenal secara akrab, maka sebaiknya menggunakan bahasa formal.

Tujuan penggunaan bahasa formal adalah untuk memastikan percakapan terdengar lebih sopan dan juga profesional. Sebaliknya, kamu bisa menggunakan percakapan non formal bahasa Inggris untuk membuat suasana terasa lebih akrab hanya pada teman-teman sebaya.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

Cari Tahu Semua Program yang ada di ICAN English

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Bisakah Konversi Skor IELTS ke TOEFL?

Konversi skor TOEFL ke IELTS memiliki klasifikasi dan tingkatannya masing-masing, mulai dari yang paling dasar hingga paling tinggi. Kedua tes tersebut sebenarnya cukup sulit untuk dibandingkan, karena memiliki keunikannya tersendiri. Selain itu, sistem...

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

3 Buku Terbaik Untuk Grammar Bahasa Inggris

Grammar merupakan salah satu aspek terpenting dalam mempelajari bahasa inggris. salah satu metode yang bisa kamu lakukan adalah belajar lewat media buku grammar bahasa Inggris. Metode tersebut bisa kamu pilih karena cenderung fleksibel dan bisa dilakukan dimana...

REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH
Improve kemampuan Bahasa Inggris kalian dengan ICAN English!
Kursus Bahasa Inggris Online & Offline
"Kami akan membantu semua kebutuhan bahasa inggris murid kami dengan layanan terbaik."
REGISTRATION FORM ICAN ENGLISH