Panduan Lengkap Persiapan Tes IELTS

Panduan Lengkap Persiapan Tes IELTS

Persiapan tes IELTS sangat penting karena hasil tes nantinya berguna untuk kebutuhan akademik maupun karir secara profesional di luar negeri. Beberapa negara yang menerima tes IELTS untuk kebutuhan studi dan karir adalah Inggris Raya, Australia, Kanada, Amerika Serikat, dan lainnya. Tes IELTS dianggap penting di negara yang menggunakan bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar.

Sampai saat ini, IELTS masih menjadi tes bahasa inggris paling populer di dunia. Banyak orang menganggap jika tes tersebut sulit diselesaikan. Padahal, dengan persiapan dan latihan intensif, kamu bisa mencapai skor sesuai kebutuhan.

Persiapan Secara Umum

Ada beberapa Persiapan tes IELTS yang harus kamu pertimbangkan sebelum mengambil tes tersebut, seperti berikut:

Baca Juga:
Cara Belajar IELTS Tanpa Les, Bisakah Maksimal?

Persiapan IELTS untuk Listening Test

Cek video lengkapnya di YouTube E2 IELTS!

Terdapat empat rekaman yang akan diperdengarkan secara terpisah, tetapi tiap rekaman diputar satu kali. Tes ini berfungsi untuk menguji kemampuan mendengar dan memahami percakapan termasuk monolog yang disampaikan native speaker. Terdapat banyak topik beragam, termasuk aksen dan suara berbeda.

Tes IELTS listening paper-based bisa dikerjakan dengan menulis catatan kecil dan jawaban di kertas soal dulu. Kemudian, penguji akan memberikan waktu agar kamu dapat memindahkan jawaban pada lembar kertas yang telah disiapkan. Durasi yang diberikan dalam tes listening adalah 40 menit, termasuk 10 menit untuk menyalin jawaban pada lembar kertas jawaban. Gunakan pensil ketika menyalin jawaban.

Untuk tes IELTS berbasis komputer (computer-delivered test) bisa langsung ketik jawaban atau tandai pilihan jawaban pada soal pilihan ganda. Kamu juga bisa menggunakan secarik kertas data registrasi peserta ujian di tiap meja untuk catatan. ]

Pada akhir sesi ini, kamu mempunyai waktu tambahan 2 menit untuk memeriksa ulang dan mengoreksi pilihan jawaban. Gunakan kesempatan tersebut untuk memperbaiki adanya kesalahan dalam ejaan dan penggunaan grammar yang kurang tepat.

Persiapan IELTS untuk Reading Test

Simak penjelasan lengkapnya di YouTube Fastrack IELTS!

Dalam tes membaca, terdapat beberapa jenis bacaan, sehingga kamu harus menjawab beberapa pertanyaan sesuai isi teks bacaan. Tes ini berfungsi untuk menilai pemahaman dalam keterampilan membaca Bahasa Inggris. Teknik yang diuji yaitu kemampuan membaca dalam mencari pengertian umum, mengidentifikasi ide pokok, mengidentifikasi rincian, hingga mencari tahu kesimpulan maupun makna tersirat.

Bacaan dalam IELTS Reading adalah berbagai jenis bacaan berbeda, diambil dari jurnal, buku, majalah, ataupun koran yang mempunyai panjang keseluruhan sekitar 2.150-2.750 kata. Tidak ada kemampuan khusus dalam memahami teks bacaan IELTS Reading pada tiap pertanyaan.Untuk mengerjakannya, kamu harus membaca secara teliti.

Pada umumnya, kamu akan diuji membaca cepat, efisien, dan mengerjakan 40 soal tes dalam waktu yang sudah disediakan. Kamu hanya mempunyai wakti 60 menit saja dalam mengerjakan modul Academic ataupun General Training. Pengalaman ujian Reading bervariasi, bergantung pada modul yang kamu pilih. Selain itu, IELTS reading juga tersedia opsi pengerjaannya, seperti computer-delivered atau paper-test.

Baca Juga:
Tips Belajar Materi IELTS Sebelum Ujian

Persiapan IELTS untuk Writing Test

Penjelasan lengkap ada di YouTube E2 IELTS.

Pada tes menulis, kamu akan diminta menulis esai untuk dua tugas berbeda. Tugas esai tersebut adalah IELTS Writing Task 1 dan juga Task 2. Untuk tugas esai pertama disebut Task 1, kamu harus menulis sekitar 150 kata. Pada esai kedua atau Task 2, kamu harus menulis hingga 250 kata. Untuk mengerjakan dua tugas tersebut, kamu hanya diberikan waktu 60 menit saja.

Tujuan dari tes ini adalah menilai kemampuan dalam menyampaikan pendapat dan penjelasan dalam bentuk bahasa Inggris. Penilaian berdasarkan dengan tingkat penguasaan Task achievement, coherence and cohesion, lexical resources, dan Grammatical range and accuracy.  Tes ini dilakukan setelah kamu mengikuti ujian Listening dan Reading berturut-turut tanpa istirahat.

IELTS writing test dapat dikerjakan dalam dua cara, yaitu paper-based dan computer-delivered test. Computer-delivered test lebih nyaman karena kamu bisa langsung mengetik esai pada komputer di depan mata.

Tes dengan menggunakan komputer membuat pengalaman ujian lebih mudah karena adanya fitur word count atau penghitung kata dan fitur timer untuk menunjukkan alokasi waktu. Sehingga, kamu dapat mengatur agar bisa mengerjakan kedua tugas IELTS writing dengan lebih mudah sesuai durasi waktu.

Persiapan IELTS untuk Speaking Test

Simak YouTube E2 IELTS untuk informasi lengkap!

Komponen tes IELTS untuk menguji kemampuan berbicara adalah speaking test. Ujian ini diselenggarakan dalam konsep diskusi interaktif tatap muka bersama penguji yang sudah bersertifikat. Tujuannya adalah untuk menguji keterampilan berkomunikasi lisan dalam Bahasa Inggris dalam kehidupan sehari-hari. Durasi ujian ini yaitu 11-14 menit, dibagi dalam tiga bagian.

Dalam mengikuti tiga bagian tes speaking tersebut, penguji akan menuntun serta merekam jawaban menggunakan perekam digital. Tes ini tidak dilakukan bersamaan dengan tes Listening, Reading, dan Writing jika kamu tidak mengambil IELTS Speaking berbasis komputer.

Jika kamu terbiasa menggunakan Bahasa Inggris sebagai alat komunikasi sehari-hari, mungkin menghadapi ujian ini akan lebih mudah. Walaupun demikian, kamu perlu berlatih karena lawan bicara adalah penguji. Tampilkan semua kemampuan berbahasa, bicara dengan lancar, gunakan tempo konsisten dan percaya diri tanpa harus mengoreksi kesalahan pengucapan adalah cara terbaik untuk memperoleh skor tinggi.

Gunakan juga intonasi yang tepat, gunakan diksi atau vocabulary yang banyak, idiom yang bervariasi, grammar yang tertata dengan baik, serta menggunakan struktur kalimat kompleks tetapi efektif untuk berkomunikasi. Nilai tertinggi untuk tes IELTS Speaking adalah band 9.

Persiapan IELTS Berdasarkan Jenis Tes

Terdapat dua jenis modul dalam tes IELTS yaitu Academic Test dan General Training Test. Jika kamu berencana belajar dalam jenjang pendidikan lebih tinggi atau untuk kebutuhan profesional di negara-negara yang menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, maka kamu perlu memilih IELTS Academic Test.

Tes IELTS Akademik berguna untuk menilai apakah kemampuan bahasa inggris yang kamu miliki sudah cukup untuk belajar jenjang pendidikan sarjana atau pascasarjana. Tes ini juga berguna untuk kebutuhan bekerja di lingkungan kerja profesional seperti dokter, perawat, guru, atau pengacara.

Sama seperti IELTS Akademik, IELTS General Training test akan menguji kemampuan mendengarkan, membaca, menulis, dan berbicara. Pahami terlebih dahulu format tes dan pelajari beberapa tipe pertanyaan yang ada pada tiap jenis pertanyaan adalah cara mempersiapkan diri yang tepat. Kamu juga bisa menggunakan berbagai macam materi pembelajaran online atau di buku untuk mencapai skor terbaik.

Baca Juga:
Tips Memilih Kursus IELTS Terbaik

Kursus Persiapan IELTS di ICAN English

Ikuti kelas persiapan IELTS di ICAN English agar kamu bisa menyelesaikan tes resmi IELTS dengan skor sesuai target. Kamu akan mendapatkan tips dan trik dari IELTS Experts di lembaga kursus kami. Tidak hanya belajar intensif, kamu juga bisa mengikuti latihan intensif dibawah bimbingan tutor profesional untuk menjawab soal-soal IELTS dengan penuh percaya diri!

Kesimpulan

Persiapan IELTS memang diperlukan untuk mendapatkan skor terbaik. Persiapan akan lebih matang jika kamu bergabung dalam kursus persiapan IELTS di lembaga kursus profesional. ICAN English memiliki kelas persiapan IELTS yang bisa kamu ikuti dan disesuaikan dengan kemampuan kamu. Simulasi tes IELTS juga tersedia dan dibuat semirip mungkin dengan tes resminya. Temukan lebih banyak informasi dengan menghubungi tim kami di kontak resmi yang tersedia.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web