perubahan kata kerja dalam past tense

Perubahan Kata Kerja dalam Past Tense

Kata kerja past tense atau simple past berguna untuk semua kejadian yang sudah terjadi, atau hal-hal yang sudah ada sebelum sekarang. Coba bayangkan apabila seseorang sedang bertanya tentang apa yang saudara kamu lakukan selama berada di kota, saat akhir pekan, berikut adalah contohnya:

Sam joined the contest. He won the gold medal.

The simple past tense menunjukkan bahwa kamu sedang berbicara sesuatu yang sudah terjadi. Berbeda dengan past continuous tense yang kamu gunakan ketika ingin berbicara kejadian di masa lampau, yang sudah lama terjadi, dan simple past tense justru menegaskan kejadian tersebut benar-benar selesai, seperti contoh berikut:

Sam admired the design of the gold medal.

Atau, kamu juga bisa menggunakan past tense untuk membicarakan hal-hal di masa lampau, termasuk perasaan seseorang tentang suatu hal. Biasanya, diekspresikan dengan verb simple past tense to be dan sebuah adjective, noun, dan prephositional phrase, sebagaimana contoh berikut:

  • Sam was proud of his victory.
  • The contest was the main event of this week.

Agar lebih jelas tentang penggunaan kata kerja past tense, maka kamu bisa membaca seluruh pembahasan lengkap dari ICAN English ini. Setelah membaca, kamu bisa mencoba membuat kalimat yang menceritakan pengalaman atau kejadian yang pernah kamu alami di masa lampau.

Penggunaan Kata Kerja Dalam Past Tense

Untuk verb regular atau kat akerja beraturan, tambahkan ed pada bentuk dasar verb atau d jika bentuk dasar kata kerja tersebut berakhiran dengan kata e, sebagaimana contoh berikut:

Play – Played

Type – Typed

Listen – Listened

Push – Pushed

Love – Loved

Sedangkan untuk verb irregular atau kata kerja tidak beraturan, maka akan lebih sulit. Simple past tense dari beberapa irregular verb yang sama dengan bentuk dasar verb adalah berikut:

Put – Put

Cut – Cut

Set – Set

Cost – Cost

Hit – Hit

Baca Juga:
Aturan Penggunaan Simple Past Tense

Sementara Irregular verb lainnya yaitu to be, maka bentuk simple past tense yang berubah yaitu:

See – Saw

Build – Built

Go – Went

Do- Dit

Rise – Rose

Am/Is – Was

We/You/She/He/It – Were

Bagian termudahnya belajar kata kerja past tense, yaitu semua kata kerja dalam simple past tense kecuali to be, tidak perlu memperhatikan jumlah subjeknya, sebagaimana contoh berikut:

Sam won and got the gold medal, and the other winners got the bronze medals.

Baca Juga:
Bentuk Negatif untuk Past Tense

Mengubah Kata Kerja Untuk Kalimat Negatif dan Interogatif

Kata kerja past tense dalam kalimat negatif bisa kamu coba karena terdapat formula yang sama pada verb regular dan iregular, kecuali pada verb to be. Formulanya adalah: did not + base verb, atau bisa dirubah dengan menggunakan contraction seperti did not menjadi didnt.

Contoh:

Sam did not brag too much about his performance. Sams parents didnt see the contest.

For the verb to be, kamu tidak perlu auxiliary did. Ketika subjek dalam kalimat adalah singular, maka gunakan was not atau disingkat wasnt. Sedangkan untuk subjek plural, kamu bisa menggunakan were not atau werent, dengan contoh berikut:

The second-place winner was not as happy as Sam. The audiences were not ready to leave after the contest was over. The contestants were not ready to leave either.

Rumus untuk bertanya dalam bentuk simple past tense yaitu: did + S + bentuk dasar verb

Example: Did Sam win the gold medal? Where did Sam go to celebrate? Did Sams parents see the contest?

Sedangkan, ketika ingin membuat pertanyaan dengan menggunakan verb to be, maka kamu tidak perlu menggunakan auxiliary did. Rumus past tense ini adalah: was/were + subject

Contoh: Was Sam happy after the contest? Were audiences taking lots of photos?

Itulah pembahasan lengkap tentang kata kerja past tense, seperti apa perubahan dan contoh kalimatnya. Dengan cara ini, kamu juga bisa mempraktekkan menulis past tense atau menggunakannya dalam percakapan sehari-hari.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi