perubahan kata sifat dalam bahasa inggris

Perubahan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, terdapat kata sifat atau adjective. Berbeda dengan verb atau noun, kata sifat bentuknya cenderung tidak berubah karena keterangan waktu atau jumlah kata benda. Namun, perubahan kata sifat dalam bahasa Inggris berubah jika merupakan perbandingan yaitu comparative dan superlative. Perubahannya ini dapat berupa penambahan imbuhan.

Selain itu, kata sifat pun bisa berubah menjadi noun atau kata benda. Perubahan-perubahan dari kata sifat ini tentunya perlu diketahui. Karena beberapa kalimat bahasa Inggris biasanya membutuhkan kata sifat yang sudah diubah menjadi noun. Dengan mengetahui pola atau aturan perubahannya. Maka, kamu akan lebih mudah menerapkannya dalam sebuah kalimat Inggris.

Macam-Macam Perubahan Kata Sifat dalam Bahasa Inggris

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, terdapat comparative dan superlative dalam kata sifat. Biasanya digunakan untuk membandingkan dua hal atau lebih. Jika kata sifat berfungsi untuk membandingkan, maka akan terjadi perubahan dari bentuk asalnya. Untuk penjelasan lebih lengkapnya, simak beberapa macam bentuk perubahan kata sifat di bawah ini!

Baca Juga:
Tambahan Kata S dalam Bahasa Inggris

1. Perubahan Adjective di Jenis Comparative Adjective

Perubahan kata sifat dalam bahasa Inggris pertama adalah untuk jenis comparative adjective. Dalam jenis ini, kata sifat dapat berubah dengan tambahan imbuhan -er. Selain itu, dapat ditambahkan more pula di awal kalimat. Apabila suatu kata sifat terdiri dari 1 & 2 suku kata. Maka, perubahannya berupa penambahan imbuhan -er di akhir adjective tersebut.

Contoh katanya adalah smarter (lebih pintar), smaller (lebih kecil), bigger (lebih besar). Sedangkan untuk yang memiliki tiga suku kata atau lebih, maka dapat menambahkan more sebagai awalan. Misalnya more expensive (lebih mahal) dan more comfortable (lebih nyaman).

2. Perubahan Adjective di Jenis Superlative Adjective

Berikutnya adalah perubahan adjective yang terjadi di jenis superlative. Dalam jenis ini, perubahan terjadi dengan penambahan imbuhan -est di akhir atau more di awal. Apabila suatu kata sifat memiliki suku kata berjumlah satu atau dua. Maka, perlu ditambahkan imbuhan -est di awal kata. Contohnya hardest (paling keras) dan tallest (paling tinggi).

Sedangkan, jika memiliki tiga suku kata atau lebih. Maka, perubahannya berupa penambahan awalan most. Misalnya adalah most comfortable (paling nyaman), most diligent (paling rajin), most unlucky (paling tidak beruntung), most beautiful (paling cantik), dan most expensive (paling mahal).

3. Perubahan Adjective Menjadi Kata Benda (Noun)

Terdapat pula perubahan yang terjadi karena kata sifat akan berubah menjadi noun. Untuk perubahan ini, kata sifat akan ditambahkan suffix atau akhiran. Terdapat tiga jenis suffix yang dapat ditambahkan, agar kata sifat menjadi noun. Pertama adalah akhiran -ness. Misalnya adalah goodness, illness, sharpness, kindness, sickness, happiness, sadness, dan sebagainya.

Lalu, adapun penambahan suffix -ity di akhir kalimat. Diantaranya adalah regularity, ability, responsibility, possibility, dan stupidity. Terakhir adalah yang bentuknya menjadi tidak beraturan. Diantaranya adalah truth, depth, height, length, width, dan age.

Baca Juga:
Perubahan Kata Kerja Future Tense

4. Perubahan Kata Benda (Noun) menjadi Adjective

Kata benda pun dapat berubah menjadi adjective. Perubahannya dengan menambahkan akhiran -al dan -y. Untuk akhiran -al misalnya adalah economical, natural, botanical, dan electrical. Sedangkan untuk akhiran -y misalnya adalah cloudy, bloody, salty, foggy, muddy, rainy, dan rocky.

Beberapa perubahan kata sifat dalam bahasa Inggris di atas dapat kamu pelajari dan pahami. Jika sudah memahami perubahannya, maka bukan hal yang sulit untuk membuat kalimat bahasa Inggris dengan baik dan benar. Sebagian besar siswa memilih untuk bergabung dalam kursus bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan mereka. ICAN English menjadi salah satu tempat kursus yang bisa dipilih dengan tutor berpengalaman dan materi yang disesuaikan dengan kebutuhan siswa.

Jangan lupa untuk terus berlatih, agar kemampuan bahasa Inggris pun semakin meningkat. Ini akan membantu kamu memahami bahasa Inggris dengan lebih baik.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web