Tambahan Kata S dalam Bahasa Inggris

Tambahan Kata S dalam Bahasa Inggris

Simple Present Tense menjadi salah satu tenses yang sangat sering digunakan. Pada tenses yang satu ini, ada ketentukan pada kalimat positifnya di mana menggunakan tambahan kata S dalam bahasa Inggris. She, He dan It adalah subjek yang bisa menggunakan s atau es.

Mungkin terdengar sederhana, namun kamu perlu memahami aturan penggunaan akhiran S ini. Dalam kalimat yang lebih sederhana, S atau Es biasanya adalah untuk subjek tunggal dan bukan jamak, seperti We atau They.

Aturan Penggunaan S atau Es dalam Bahasa Inggris

Perlu kamu ingat bahwa ada beberapa kata kerja yang tidak masuk dalam aturan tambahan S dalam bahasa Inggris, misalnya saja walk menjadi walks. Aturan penggunaan atau tambahan kata S dan Es dalam bahasa Inggris adalah

Kata Kerja yang Diakhiri oleh Y

Untuk kata kerja yang berakhir dengan huruf Y, maka kamu perlu mengubahnya menjadi IE dan tambahan S. Contohnya:

  • Try: Tries
  • Fly: Flies
  • Copy: Copies

Namun, perlu kamu ingat bahwa jika kata kerja berakhir dengan Y dan huruf sebelumnya adalah huruf vocal, maka kamu hanya perlu menambahkan kata S tanpa perlu mengubahnya menjadi IE. Contohnya:

  • Play: Plays
  • Pray: Prays
  • Buy: Buys

Baca Juga:
Kata Bantu A dan An Dalam Bahasa Inggris

Kata Kerja yang Diakhiri O

Untuk kata kerja yang berakhir dengan huruf O, maka kamu perlu menambahkan es bukan hanya sekadar S. Contohnya:

  • Do: Does
  • Go: Does

Kata Kerja yang Diakhiri S, SH, CH, Z dan X

Untuk kata kerja yang berakhir dengan huruf-huruf tersebut, maka kamu juga perlu menambahkan es pada akhir kata tersebut. Seperti misalnya:

  • Pass: Passes
  • Watch: Watches
  • Fix: Fixes
  • Push: Pushes

Di awal proses pembelajaran, kamu mungkin sedikit bingung dengan tambahan kata S dalam bahasa Inggris. Namun, ini mungkin karena kamu hanya kurang terbiasa dengan materi ini. Bergabung dalam kursus bahasa Inggris akan memudahkan kamu dalam mempelajarinya secara maksimal.

Baca Juga:
Akhiran ED dalam Bahasa Inggris

Tambahan S dalam Kata Benda

Kata tambahan S dalam kata benda biasanya untuk banyak jenis kata benda. Jika kedua akhiran ini digunakan atau ditambahkan, ini akan menjelaskan sebuah kata dengan jumlah banyak atau jamak.

S atau es biasanya adalah untuk countable noun. Ini adalah kata benda yang bisa dihitung dan kamu bisa menambahkan s atau es di belakangnya. Hal ini bertujuan untuk membuat bentuk jamak dalam suatu kata benda. Contohnya adalah book yang bisa berubah menjadi books, atau juga box yang bisa berubah menjadi boxes.

Sementara itu, untuk uncountable noun kamu tidak bisa menambahkan kata s atau es di belakangnya. Sebab, ini adalah kata benda yang jumlahnya abstrak atau tidak dapat dihitung, seperti misalnya water atau sand.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web