tips pintar bahasa inggris secara otodidak

Tips Pintar Bahasa Inggris Secara Otodidak

Bahasa Inggris menjadi salah satu bahasa internasional yang cukup banyak digunakan. Pintar bahasa Inggris menjadi salah satu keuntungan sendiri, karena bahasa ini kerap digunakan di berbagai aspek.

Mempelajari bahasa lain selain bahasa yang kamu gunakan sejak lahir bukanlah hal yang mudah. Namun, ini juga bukan hal yang selalu sulit. Akan lebih mudah jika kamu belajar dengan tutor pribadi atau di lembaga kursus. Namun, kamu juga bisa belajar secara otodidak untuk meningkatkan kemampuan.

3 Cara Pintar Bahasa Inggris dengan Otodidak

Kamu tidak perlu mengikuti pelajaran bahasa Inggris formal untuk meningkatkan dan menyempurnakan kemampuan bahasa Inggris kamu. Ada banyak cara menyenangkan yang bisa kamu lakukan sendiri agar kemampuan bahasa Inggris kamu meningkat.

Nah, berikut beberapa cara otodidak yang bisa kamu lakukan agar bisa pintar bahasa Inggris!

Baca Juga:
Istilah Keren Bahasa Inggris

1. Jadikan Bahasa Inggris Bagian dari Kehidupan Sehari-Hari

Kamu mungkin tidak tinggal di negara berbahasa Inggris, namun ada banyak cara untuk menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari kamu. Berikut beberapa cara yang bisa kamu lakukan:

  • Ganti bahasa di ponsel kamu ke dalam bahasa Inggris
  • Tempelkan label bahasa Inggris pada benda-benda di sekitar rumah
  • Dengarkan stasiun radio dan tonton saluran TV berbahasa Inggris
  • Baca buku bahasa Inggris
  • Tulis catatan dalam bahasa Inggris

Jika kamu menjadikan bahasa Inggris sebagai bagian dari kehidupan sehari-hari, kamu akan terbiasa dengan bahasa tersebut dan akan mulai mengembangkan pemahaman kontekstual dari beberapa kata.

2. Temukan Rekan Belajar

Kamu bisa menemukan orang atau komunitas yang bisa kamu ajak belajar dan berbicara bahasa Inggris. Di internet, banyak komunitas online yang bisa kamu jadikan tempat belajar.

Kamu juga bisa bergabung dengan klub yang berisi orang-orang yang mencoba belajar bahasa Inggris, sehingga kamu dapat saling memotivasi, belajar dan mengoreksi satu sama lain.

3. Tulis Ringkasan atau Transkrip

Jika kamu mendengarkan podcast atau radio bahasa Inggris, kamu bisa meningkatkan keterampilan berbicara dan mendengarkan. Kamu juuga bisa meningkatkan keterampilan membaca dan menulis dengan menyalin atau meringkas apa yang kamu dengar.

Jika kamu menyalin, kamu memiliki kesempatan untuk membandingkan dan membedakan transkrip yang kamu buat dengan isi podcast tersebut. Dengan begitu, kamu juga bisa memperbaiki kesalahan kamu.

Baca Juga:
Tips Cepat Berbahasa Inggris, Pemula Wajib Tahu!

Kesalahan dalam Belajar Bahasa Inggris Otodidak

Ketika belajar otodidak tidak bisa meningkatkan kemampuan kamu, maka kamu bisa bergabung dalam kursus bahasa Inggris. Dengan begitu, kamu bisa dibimbing oleh para ahli yang berpengalaman.

Kesalahan yang paling sering dilakukan oleh siswa yang belajar bahasa Inggris adalah terlalu fokus pada grammar. Ini sebenarnya dapat merugikan kamu, loh. Sebab, grammar terlalu rumit untuk dihafal dan digunakan secara logis. Kamu tidak punya cukup waktu untuk berpikir, mengingat ratusan atau ribuan aturan tata bahasa, memilih yang benar, lalu menggunakannya.

Kamu harus belajar tata bahasa secara intuitif. Kamu dapat melakukannya dengan mendengar banyak grammar yang benar dan otak akan secara bertahap belajar menggunakan grammar dengan tepat.

Kesalahan lainnya adalah mencoba memaksakan percakapan dalam bahasa Inggris. Jika ini dilakukan, maka kamu akan berbicara bahasa Inggris dengan sangat lambat dan tidak percaya diri.

Fokus pada mendengarkan dan bersabarlah. Bicaralah hanya ketika kamu siap untuk berbicara. Sampai ini terjadi, jangan pernah mencoba memaksakan diri.

Baca Juga:
Belajar Bahasa Inggris Otodidak Untuk Pemula

Apa Saja Benefit Mahir Bahasa Inggris?

Berikut adalah beberapa keuntungan atau benefit kalau kamu pintar bahasa Inggris:

Mempunyai Pengetahuan Lebih

Pengetahuan merupakan informasi yang disadari setiap orang. Apabila hanya mempunyai pengetahuan pada satu bahasa saja, maka pengetahuan tersebut tidak akan maksimal.

Seseorang yang mempunyai kemampuan berbahasa lebih banyak pasti akan mempunyai banyak pengetahuan. Apalagi dengan menguasai bahasa Inggris yang merupakan bahasa universal.

Mempunyai Kemampuan Komunikasi Lebih

Ada begitu banyak bahasa yang ada di dunia, dan dengan menguasai bahasa Inggris maka kamu mempunyai kemampuan komunikasi dengan masyarakat dunia lebih tinggi daripada mereka yang tidak menguasai bahasa tersebut.

Sebagai bahasa universal, bahasa Inggris merupakan bahasa yang paling sering digunakan oleh masyarakat di bumi. Artinya, semakin kamu menguasai Bahasa inggris, semakin besar peluang berkomunikasi yang juga akan membuka wawasan karena bisa berbagi informasi dengan orang-orang di negara lain.

Mahir Bahasa Inggris Itu Keren

Apabila kamu menguasai bahasa Inggris dan menyisipkan beberapa kalimat bahasa Inggris dalam percakapan sehari-hari, membuat kamu tampak keren. Contoh, kamu mungkin berdecak kagum ketika mendengar bagaimana cara berbicara seorang Cinta Laura Khiel.

Teman-teman kamu juga pasti akan merasa ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris saat mendengar kamu fasih berbicara bahasa asing tersebut.

Aman Saat Liburan

Benefit berikutnya ketika kamu bisa menguasai bahasa Inggris dengan baik adalah kamu tidak usah kuatir lagi ketika ingin berlibur ke luar negeri. Tidak sedikit orang yang ingin pergi berlibur ke beberapa tempat impian di luar negeri.

Namun, jika kamu tidak bisa menggunakan bahasa Inggris dengan baik, maka akan terdapat kendala, seperti kesulitan memperoleh informasi transportasi atau akomodasi selama di luar negeri. Bahkan kamu harus rela mengeluarkan biaya untuk membayar seorang pemandu wisata agar dapat membantu berkomunikasi dengan masyarakat lokal untuk kebutuhan berlibur.

Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat menguasai bahasa Inggris adalah dapat meningkatkan rasa percaya diri. Setiap manusia pasti mempunyai sisi insecure atau minder. Akan tetapi, sisi tersebut dapat kamu atasi ketika bisa menguasai Bahasa inggris dengan baik.

Hal ini karena, kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki membuat kamu lebih unggul dibandingkan orang lain. Apalagi bahasa Inggris bukanlah Bahasa ibu yang kamu gunakan dari lahir.

Saat kamu dianggap keren oleh orang lain karena mampu menguasai bahasa Inggris, maka disitulah akan meningkatkan rasa percaya diri sehingga kamu bisa menggali potensi diri, terutama untuk nilai-nilai positif dari kemampuan berbahasa Inggris.

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi