Podcast untuk Belajar Bahasa Inggris

Podcast untuk Belajar Bahasa Inggris

Pada saat melakukan kegiatan belajar, kamu pasti lebih suka dengan model belajar yang menyenangkan. Mendengarkan podcast untuk belajar Bahasa Inggris adalah salah satu cara yang wajib kamu coba. Podcast akan membantu mengasah keterampilan bahasa Inggris dengan efektif, terutama listening. 

Podcast menjadi metode tepat jika kamu ingin belajar materi berbentuk audio. Seiring berjalannya waktu, kamu akan lebih terbiasa dan paham dengan bahasa Inggris karena sering mendengar kata, frasa dan kalimat dari podcast. 

Benefit Mendengarkan Podcast untuk Belajar Bahasa Inggris

Beberapa manfaat podcast untuk belajar bahasa Inggris, antara lain:

Meningkatkan dan Mengasah Kemampuan Listening

Mendengarkan podcast untuk belajar bahasa Inggris memudahkan pemahaman listening. Keterampilan listening sangat penting untuk terus diasah. Kepandaian berbahasa Inggris seseorang dapat terlihat dari cara memahami, mendengarkan dan berdialog dengan tepat.

Walaupun kamu mempunyai keahlian grammar yang bagus, terkadang pemahaman listening masih bermasalah. Sehingga, kamu akan mengalami kesulitan mengembangkan keterampilan bahasa Inggris. Hal ini akan mempengaruhi kemahiran berkomunikasi dengan masyarakat secara langsung.

Banyak orang memiliki tujuan utama dalam belajar bahasa Inggris supaya mahir mengucapkan kalimat berbahasa Inggris. Dalam kehidupan sehari-hari, komunikasi sangat berguna untuk menanyakan suatu hal hingga membicarakan topik penting. Sehingga, kamu harus menyusun kalimat berdasarkan konteks yang benar.

Apabila kamu tidak belajar dengan matang, maka akan mengalami kesulitan pada saat berdialog memakai bahasa Inggris. Kesulitan lain yang akan kamu temui yaitu ketika mendengarkan orang lain berbicara. Kamu juga bingung dalam memahami serta menanggapinya. 

Jadi, inilah pentingnya menguasai keahlian listening secara mendalam. Listening akan melatih kamu mendengar bagaimana pelafalan bahasa Inggris dengan tepat. Dari podcast, kamu akan lebih fasih dalam berbicara karena sering mendengarkan speaker berbahasa Inggris.

Peningkatan dalam Pelafalan Bahasa Inggris dengan Tepat

Pelafalan atau disebut pronunciation yaitu bagaimana cara mengucapkan kosakata bahasa Inggris secara benar. Belajar pelafalan merupakan salah satu unsur di dalam bahasa Inggris yang penting untuk dikuasai. Unsur ini berkaitan erat dengan penerapan keterampilan listening.

Ada beberapa kosakata bahasa Inggris yang apabila pelafalannya tidak benar akan mengubah arti kosakata yang diucapkan, seperti “sea” dan “see”. Namun. Tidak jarang orang masih mengabaikan masalah pelafalan ini dan menciptakan kesalahpahaman dalam berkomunikasi. Supaya pengucapan kalimat dalam bahasa Inggris bisa lancar, kamu dapat belajar melalui podcast.

Memperbanyak Kosakata

Kosakata atau vocabulary merupakan salah satu bagian dalam bahasa Inggris yang wajib dikembangkan secara baik. Kosakata akan memberikan kemudahan saat menyusun kalimat dengan cepat. Jadi, perbanyak kosakata akan membantu kamu secara optimal dalam belajar bahasa Inggris. 

Podcast untuk belajar bahasa Inggris menjadi salah satu cara efektif memperkaya kosakata. Kamu akan menemukan banyak kosakata baru dari podcast yang kamu dengarkan. Kamu juga harus menyiapkan buku untuk mencatat kosakata baru.

Saat kamu menemukan vocabulary yang masih asing di telinga, kamu bisa menghentikan podcast sejenak, dan memutar ulang videonya. Hal ini dilakukan dengan maksud untuk memberikan kemudahan dalam memahami arti vocabulary. 

Mengasah Kemampuan Tata Bahasa

Belajar grammar dalam bahasa Inggris yaitu merangkai vocabulary menjadi sebuah kalimat sesuai aturan tata bahasa. Kamu bisa saja merasa bosan dalam belajar apabila tidak memilih cara yang tepat. Jika memiliki pemahaman bahasa Inggris yang kurang, maka kalimat yang kamu sampaikan akan sulit dipahami.

Menonton podcast memang sudah banyak dipilih sebagai media belajar bahasa Inggris agar lebih mendalami tata bahasa. Banyak bukti yang menjelaskan bahwa podcast sangat seru, memiliki banyak kategori pembelajaran seperti menyusun kalimat, memilih kata sesuai dengan konteks kalimat dan lain-lain.

Belajar Bahasa Inggris Bisa Di Mana Saja dan Kapan Saja

Sekarang ini, perkembangan teknologi digital sudah semakin pesat. Hal ini bisa kamu manfaatkan, karena kamu bisa mencoba metode belajar bahasa Inggris dengan mendengarkan podcast.

Sudah banyak aplikasi podcast yang bisa kamu akses menggunakan internet. Proses belajar menjadi sangat mudah dilakukan dimana saja dan kapan saja. Aplikasi bisa kamu akses dengan mudah melalui Play Store.

Baca Juga: Cara Mengatur Jadwal Belajar Bahasa Inggris

Tertarik Belajar Bahasa Inggris dari Podcast?

Jika kamu memilih mendengarkan podcast untuk belajar bahasa Inggris, kamu dapat meningkatkan kemampuan bahasa Inggris. Terlebih jika proses belajarnya didukung dengan adanya transkrip dan subtitle maupun terjemahan. Proses pembelajaran bahasa Inggris akan terasa lebih efektif dan maksimal. 

Belajar bahasa Inggris melalui podcast juga menarik jika kamu menginginkan cara belajar yang tidak membuat bosan. Podcast bisa diakses dengan bentuk digital. Materi yang dibahas memiliki berbagai kategori, sehingga kamu dapat memilih sesuai dengan kebutuhan.

Tertarik menggunakan podcast untuk belajar Bahasa Inggris? Belajar bareng di ICAN English! Kamu akan mendapatkan peluang belajar bersama tutor berpengalaman selama mengikuti kursus Bahasa Inggris di kelas kami.

Selain podcast, kamu juga bisa belajar lebih banyak dari materi lainnya yang sudah kami siapkan. Semua pembelajaran dijamin dilakukan dengan metode interaktif agar kamu tidak mudah bosan, dan tetap mampu meningkatkan keterampilan berbahasa!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web