belajar past participle secara lengkap di sini!

Belajar Past Participle Secara Lengkap di Sini!

Ketika belajar Bahasa Inggris, khususnya grammar, kamu pasti akan menemukan materi past participle . Unsur tersebut biasanya muncul pada beberapa jenis tenses seperti future perfect, past perfect tenses dan lainnya.

Participle merupakan kata kerja yang berfungsi sebagai bagian frasa kata kerja. Bentuknya juga bisa berupa kata sifat. Jadi, kalau ada kalimat yang menunjukkan penggunaan participle, kalau tidak berperan menjadi verb, maka unsur tersebut sedang berperan sebagai kata sifat.

Apa Itu Past Participle & Kapan Menggunakannya?

Past participle adalah kata kerja atau kata sifat dalam sebuah kalimat. Selama di bangku sekolah, kamu mungkin pernah belajar tentang V3 dan inilah yang disebut sebagai past participle. Agar lebih jelas, kamu bisa memperhatikan kosakata berikut:

Talk/ Talked/ Talked

Speak/ Spoke/ Spoken

Write/ Wrote/ Written

Kosakata di atas merupakan urutan V1, V2, dan V3. Sehingga, yang disebut past participle yaitu seperti talked, spoken, written. Biasanya ditandai dengan adanya akhiran -ed atau -d pada regular verbs. Sementara irregular verbs tidak mempunyai struktur pasti untuk grammar tersebut.

Kapan kamu dapat menggunakan unsur grammar tersebut? Pertama, yaitu ketika ingin menciptakan kata kerja bentuk lampau. Kedua, yaitu ketika ingin menggunakan kata sifat dalam sebuah kalimat.

3 Fungsi Past Participle & Contohnya

Berikut adalah apa saja fungsi beserta contoh kalimat past participle:

1. Sebagai Verb dalam Perfect Tenses

Pada perfect tenses, seperti present perfect, past perfect, future perfect, hingga past future perfect, verb yang dipakai yaitu bentuk ketiga atau V3 (past participle). Itulah mengapa, penggunaan past participle verb (V3) yaitu ketika kamu ingin membuat kalimat dalam pola tenses tersebut. Berikut adalah apa saja contoh past participle pada tiap-tiap tenses yang menggunakannya:

Present perfect tense:

Budi has finished his study. (Budi telah menyelesaikan pendidikannya)

Ratih has eaten dinner. (Ratih sudah makan malam)

Past perfect tense:

They had performed their music concert before I came. (Mereka sudah selesai konser musik sebelum saya datang saat itu)

Mr. Budi had gone when I visited his office. (Pak Budi sudah pergi ketika sebelum aku datang ke kantornya)

Future perfect:

They will have eaten dinner when I come home tomorrow  (Mereka pasti sudah selesai makan malam sebelum aku pulang ke rumah besok)

Baca Juga:
Contoh Kalimat Simple Past Continuous Tense

2. Sebagai Verb dalam Passive Voice

Fungsi berikutnya adalah menggunakan past participle dalam kalimat pasif atau passive voice. Pada jenis kalimat tersebut, subjek tidak sedang melakukan suatu tindakan, tetapi justru sedang menerima tindakan dari verb yang digunakan dalam bentuk past participle. Berikut adalah contoh penggunaan V3 dalam passive voice yang berperan sebagai verb:

The music is being played. (Musiknya telah dimainkan)

He is blamed by his true friend. (Dia dituduh oleh teman baiknya sendiri)

This beautiful letter is written by a little child. (Surat yang indah itu ditulis oleh seorang anak kecil).

3. Sebagai Adjective

Past participle tidak selalu dalam bentuk kata kerja, tetapi juga dapat muncul dengan makna kata sifat. Berikut adalah beberapa contoh kalimat yang menggunakan past participle (V3) yang berfungsi sebagai kata sifat:

Budi bought a used laptop last week. (Budi sudah membeli laptop bekas minggu lalu)

Mr. Ben is repairing the broken car today. (Pak Ben sedang memperbaiki mobil yang rusak hari ini)

Pada kedua contoh tersebut, kata “used” dan “broken” diikuti oleh kata benda, masing-masing “laptop” dan “car” untuk menunjukkan kata sifat dalam kata benda. Sehingga, rumus past participle agar bisa menunjukkan kata sifat adalah V3+Noun, seperti contoh berikut: painted house, washed car, invited people dan sebagainya.

Baca Juga:
Contoh Kalimat Passive Voice Simple Past Tense

Perbedaan Past Participle & Past Perfect

Sekarang, kamu sudah tahu apa itu past participle, termasuk fungsi dan contoh penggunaannya dalam kalimat. Lalu, apa yang membedakan antara unsur tersebut dan past perfect? Perbedaan yang paling utama antara past participle dan past perfect adalah, Past Perfect merupakan tense, sedangkan past participle adalah bentuk verb atau kata kerja.

Past perfect adalah salah satu jenis tenses untuk menyatakan hal atau kejadian di masa lampau. Tenses ini mengindikasikan bahwa salah satu dari dua kejadian di masa lampau telah terjadi sebelum ada kejadian berikutnya. Agar lebih mudah, berikut adalah contoh past perfect tenses:

I had already eaten when she arrived.(Saya sudah makan sebelum dia datang)

Dari contoh di atas, ada dua kejadian yang dialami oleh subjek. Kejadian pertama, dia sudah makan. Kejadian kedua, subjek tersebut melihat orang lain (She) datang. Perhatikan juga contoh berikutnya:

By the time he woke up, the sun had risen. (Ketika dia bangun, matahari sudah terbit.)

Pada contoh kedua, kalimat the sun had risen terjadi lebih dulu. Kemudian, disusul kejadian kedua yaitu he woke up.

Dari dua contoh kalimat tersebut, “had + V3 (past participle) menunjukkan satu aksi yang terjadi lebih dulu dari kejadian lainnya.

Past participle juga merupakan salah satu dari bentuk verb atau kata kerja. Biasanya, merupakan bentuk ketiga dalam irregular verbs. Unsur tersebut digunakan dalam perfect tenses dan passive voice, sebagaimana contoh berikut:

Sania had broken my car – Past Participle.

My car was broken by Sania – Passive Voice.

Baca Juga:
Perbedaan For Dan To Dalam Bahasa Inggris

Ketika membentuk past participle tense, gunakan past tense of verb “to have”, yaitu “had”, dan tambahkan pada past participle main verb. Sehingga, rumusnya adalah Subject + Had + Past Participle untuk menulis past perfect tense.

Jadi, past participle adalah sebuah kata kerja yang digunakan dalam semua jenis Perfect Tenses dan dalam Passive Voice bahasa Inggris. Untuk regular verbs, kamu biasanya akan menambahkan imbuhan -ed, untuk membentuk past participle. Sedangkan untuk irregular verbs, tidak ada aturan, sehingga untuk mengidentifikasinya membutuhkan latihan atau hafalan.

Dengan mempelajari penjelasan tentang past participle, sekarang kamu jadi lebih tahu tentang fungsi, penggunaan, contoh kalimat. Bahkan, kamu juga tahu perbedaannya dengan past perfect tense. Past participle merupakan unsur atau bagian dari Past Perfect Tense.

Tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu lebih banyak dengan mempelajari materi menarik lainnya di ICAN General English Program. Kursus ini dirancang untuk semua kalangan dari level beginner sampai advanced agar jago berbahasa Inggris, buruan gabung sekarang juga!

Program Cicilan Bank Permata
Program Cicilan Bank BCA
Cicilan-0%-Permata
Cicilan-0%-BCA
Form Konsultasi
Program Unggulan Kami
Business English
Program ini akan fokus pada pengembangan kemampuan berbahasa Inggris dalam lingkungan kerja dan kalangan profesional.
General English
Kelas yang satu ini akan sangat cocok untuk kamu yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa Inggris, studi ke luar negeri atau pun penunjang karir.
Conversation Class
Program ini ditujukan untuk siswa tingkat menengah agar dapat meningkatkan kemampuan dan kepercayaan diri dalam percakapan bahasa Inggris.
Duolingo
Program ini akan membantu kamu untuk masuk ke universitas luar negeri dan meningkatkan kemampuan untuk mencapai target skor universitas.
TOEFL iBT
Program persiapan TOEFL iBT ini cocok untuk kamu yang ingin studi di luar negeri, agar bisa mendapatkan skor TOEFL yang maksimal.
IELTS Preparation
Program persiapan IELTS sangat tepat untuk kamu yang akan studi, bekerja atau tinggal di luar negeri agar mencapai skor IELTS terbaik.
SAT Preparation
Kelas persiapan SAT ini ditujukan untuk para siswa yang sudah menyelesaikan pendidikan 12 tahun dan ingin melanjutkan perguruan tinggi di Amerika, Kanada dan beberapa negara di Eropa.
Pearson Test English (PTE)
Program persiapan PTE bertujuan untuk mendukung rencana studi dan bekerja di luar negeri, serta kepentingan visa di Australia, Inggris, New Zealand dan Kanada.
program cicilan permata 0% ican english
program cicilan 0% BCA ican english
Cicilan-0%-Permata-Web
Cicilan-0%-BCA-Web